Beranda blog

13 Manfaat Pare Untuk Kesehatan: Si Pahit yaag Kaya Fungsinya

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pare merupakan sejenis sayuran yang berwarna hijau dengan rasa yang sangat pahit dengan bentuk lonjong memanjang disertai dengan bintik-bintik kulit ditengahnya. Meskipun rasanya sangat pahit tetapi memiliki kandungan nutrisi didalamnya seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, asam folat, zat besi, fosfor, zat betakaroten, kalium, zat charantin, dll yang dapat berfungsi baik bagi kesehatan tubuh kita.
C:\Users\Asus\Downloads\5a83c0ca-8719-4d53-9764-912962460170_169.jpeg

Berikut beberapa Manfaat pare untuk kesehatan tubuh antara lain :

  1. Sebagai obat untuk mengatasi penyakit kulit

Sayuran pare meskipun rasanya pahit dapat dijadikan sebagai obat mengatasi penyakit kulit seperti jerawat, bisul atau penyakit kulit lainnya. cara mengobati penyakit kulit tersebut cukup mudah dengan mengkonsumsi rebuasan air pare kemudian dikonsumsi minimal 3x dalam seminggu. Maka jerawat dan bisul akan berkurang serta mulai hilang dan kemps. Lakukan rutin supaya dapat menuntaskan menghilangkan jerawat secara maksimal.

2. Menyembuhkan luka dengan cepat

Dengan mengkonsumsi rebuasan air pare juga selain untuk mengatasi masalah penyakit kulit juga dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Karena kandungan di dalam nutrisi pare dapat memperlancarkan proses kerja aliran darah akibatnya darah cepat membeku menutup luka.

3. Mengatasi sembelit

Kandungan serat dalam pare berfungsi dapat membantu dan mengurangi gangguan penecernaan dengan cara memperlancar proses kerja saluran pencernaan sehingga sembelit dapat diatasi.

4. Mengatasi diabetes

Seperti dikutip dari Diabetes.co.uk, adanya kandungan zat antidiabetes didalam pare menjadikan pare dipakai sebagai obat herbal untuk penyakit diabetes tipe 2. Zat antidiabetes itu adalah vicine, serta polypeptide-p, senyawa yang mirip dengan insulin. Untuk itu bagi pengidap diabetes mengkonsumsi pare sangat baik untuk mengurangi kadar gula dalam darah tubuh anda, tetapi meskipun mempunyai manfaat seperti ini selalu jaga asupan makanan pare secukupnya saja supaya tidak berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya.

5. Sebagai antioksidan alami

Kandungan Vitamin C dalam pare dapat berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh sehingga system kekebalan tubuh kita terjaga dengan baik dan penyakit tidak bakal mudah menyerang tubuh kita.

6. Menurunkan kolesterol

Dengan mengkonsumsi pare baik disantap langsung maupun dimasakan atau pun direbus kemudian diminum rebusan iair parenya juga itu dapat berfungsi untuk melancarkan aliran peredaran darah sehingga mengurangi tumpukan lemak yang dapat memicu risiko kolesterol.

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Rebusan air pare juga masih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga fungsi vitamin C sendiri dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Maka bila anda ingin menjaga system kekebalan tubuh dapat mencoba meminum rebusan air pare tersebut.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan Vitamin A dalam pare dapat menghsilkan betakaroten. Betakaroten sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan mata dengan tajam. Bagi anda yang memilki masalah dengan penyakit mata dapat mencobanya dengan mengkonsumsi seduhan air pare.

9. Menjaga kesehatan jantung

Pare memilki kandungan nutrisi yang dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran aliran darah sehingga mengurangi tumpukan lemak pemicu kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan munculnya serangan jantung. Untuk itu menjaga kesehatan jantung anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi rebusan air pare atau memakannya langsung sebagai masakan.

10. Menurunkan berat badan atau obesitas

Pare memilki kandungan serat yang sangat tinggi baik bagi anda pengidap obesitas boleh mencobanya, karena dengan mengkonsumsi pare maka perut akan terasa kenyang. Hal ini karena fungsi serat dalam pare tersebut memberikan sumber energi pengganti karbohidrat, tetapi juga bagus untuk dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi kadar lemak diperut dan akibatnya berat badan anda akan turun.

11. Obat menurunkan demam

Selain mengandung serat yang tinggi dan vitamin C , pare juga mengandung charantin yang baik untuk menurunkan demam. Bila anda demam boleh mencoba mengkonsumsi seduhan air pare kemudian diminum 2-3 kali dalam sehari supaya demam anda segra cepat turun.

12. Melancarkan dan meredakan nyeri haid

Apakah ada manfaat pare untuk wanita? Kandungan yang pahit dalam pare juga dapat melancarkan haid pada perempuan serta juga dapat meredakan rasa nyeri menjelang haid. Baik sebelum maupun menjelang haid cobalah untuk mengkonsumsi pare dengan diminum seduhan air parenya atau bisa dimakan langsung.

13. Menjaga kesehatan tulang

Pare memiliki kandungan Vitamin K yang tinggi. Vitamin K ini dapat berfungsi dalam meningkatkan produksi kalsium dalam tubuh. Kalsium sendiri berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang sehingga kesehatan tulang terjadga dengan baik.

Mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak atau secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negative bagi kesehatan tubuh seperti pusing, muntah, sakit kepala, sakit perut sehingga perut kembung dan tidak nyaman akibatnya dapat muntah. Untuk itu sebaiknya adna mengkonsumsinya secukupnya atau seperlunya saja supaya tidak sampai memicu dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

 

3 Efek Negatif Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Dini

3 Efek Negatif Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Dini

Mengajar anak-anak untuk menguasai bahasa kedua atau bahasa asing awal mungkin terlihat keren. Namun, memaksa anak untuk belajar ketika kemampuan bahasa pertama mereka (dalam hal ini, bahasa Indonesia) tidak lancar akan memiliki efek negatif pada perkembangan bahasa. Sejumlah ahli dan psikolog menyarankan bahwa bilingualisme adalah salah satu indikator keterlambatan bicara pada anak-anak.

3 Efek Negatif Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Dini

Memang, penetrasi simultan dari dua bahasa menciptakan kebingungan bagi anak-anak, terutama jika kemampuan bahasa mereka tidak sama atau tidak digunakan oleh orang-orang di sekitar mereka. Misalnya, anak-anak berbicara bahasa Inggris di rumah, sementara di lingkungan yang rumah atau sekolah, mereka menggunakan bahasa Indonesia. Kondisi ini menyebabkan anak-anak mengalami kemunduran bahasa. Selain penundaan dalam percakapan, berikut adalah beberapa efek negatif yang dapat dirasakan oleh anak yang belajar bahasa kedua lebih awal.

  1. keterlambatan bicara

Balita rentan terhadap kebingungan ketika mereka menerima pengenalan bahasa kedua atau bahasa asing ketika kemampuan bahasa mereka tidak sempurna. Selama fase ini, anak tidak lagi tahu bahasa apa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kebingungan ini memicu keterlambatan bicara, terutama untuk balita.

  1. Penurunan bahasa

Menurut profesor psikologi Erika Hoff dalam bukunya “Pengembangan Bahasa”, pembelajaran simultan dari beberapa bahasa akan membatasi jumlah kata yang dapat dipelajari anak-anak dalam waktu yang ditentukan. Misalnya, jumlah kosakata yang harus dipelajari seorang anak muda dalam sebulan mencapai 20 kata, tetapi dengan adanya bahasa asing, bagian dari kosakata bahasa pertama akan dibagi. 10 kata bahasa Indonesia dan 10 kata bahasa Inggris, misalnya. Inilah penyebab keterlambatan dalam menguasai kosakata baru.

  1. Stress

Pernahkah Anda menemukan anak Anda tiba-tiba menjadi tenang meskipun ia sudah mulai berbicara? Jika demikian, anak Anda mungkin memiliki fase diam. Menguasai banyak bahasa sekaligus berpotensi menyebabkan stres pada anak-anak. Mempelajari beberapa bahasa bukanlah hal yang buruk, mengingat pentingnya menguasai bahasa asing di era milenium. Bahasa asing seperti bahasa Inggris atau Mandarin bahkan telah diperkenalkan sejak taman kanak-kanak atau sekolah dasar.

Hanya saja Anda benar-benar perlu memahami konsekuensi menggunakan berbagai bahasa karena aplikasinya memiliki dampak positif pada anak-anak, bukan sebaliknya. Kami menyarankan Anda menunggu sampai anak Anda mampu menguasai bahasa Indonesia terlebih dulu dan tidak pernah memaksanya belajar bahasa asing. Alasannya adalah bahwa anak-anak membutuhkan waktu untuk beradaptasi, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka, baik secara linguistik, emosional, sosial dan kognitif.

Ketika seorang anak mampu berkomunikasi dengan baik dan siap menerima dokumen bahasa baru, dia akan dengan mudah belajar bahasa asing tanpa bertanya-tanya bahasa apa yang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Sekian info Parenting tentang 3 efek negative memperkenalkan bahasa asing pada anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda terutama ibu yang memberikan pelajaran banyak terhadapat anak di rumah.

5 Hal Negatif Yang Wajib Anda Tahu Jika Sering Memukul Pantat Anak

Hal Negatif Yang Wajib Anda Tahu Jika Sering Memukul Pantat Anak

Banyak orang tua mendisiplinkan anak-anak mereka dengan cara yang berbeda. Apalagi jika Anda memberinya beberapa pengertian tetapi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, pintasnya adalah menyentuh bagian bawah anak. Apakah Anda adalah salah satu orang tua yang terbiasa memukul pantat anak ketika dia nakal? Jika ini masalahnya, cobalah berpikir sejenak tentang seberapa baik atau buruk sikap dalam pendidikan anak-anak?

Hal Negatif Yang Wajib Anda Tahu Jika Sering Memukul Pantat Anak

Tahukah Anda bahwa jika orang tua sering marah dengan memukul pantat anak, mereka cenderung menjadi anak-anak yang agresif, Anda tahu? Perlu dicatat bahkan jika kedengarannya sepele, jika Anda menyentuh pantat anak, ini juga dapat memiliki dampak psikologis yang mendalam pada anak. Nah, bagi orangtua untuk mulai menerapkan metode disiplin yang tepat dalam mengasuh anak.

  1. Pengantar kekerasan pada anak

Anak-anak kecil sangat meniru sikap orang tua mereka. Jika Anda mendisiplinkan anak Anda dengan kekerasan, ia akan belajar bahwa kekerasan dapat memecahkan masalah. Jika Anda memiliki kebiasaan memukul ketika Anda memarahinya, jangan terkejut jika dia melakukan hal yang sama dengan saudara perempuan atau temannya.

  1. Dapat merusak hubungan yang merugikan

Orangtua yang sering memukul anak-anak secara bertahap akan memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan anak-anak. Yang terbaik adalah orang tua mencintai dan menghormati anak-anak.  Karena mereka yang tumbuh dengan penuh kasih sayang juga akan menjadi anak-anak yang penuh kasih di lingkungan mereka.

  1. Kurangi kecerdasan anak-anak

Ternyata yang sering memukul pantat anak tidak efektif untuk menghindarinya dalam jangka panjang. Orang tua yang sering memukul pantat anak mereka, si kecil akan memiliki perkembangan mental yang lambat dan akan mengurangi kecerdasan mereka untuk berdampak pada hasil sekolah.

  1. Dapat menciptakan anak mudah memberontak

Ketika orang tua menghukum seorang anak dengan memukul pantatnya sering, itu berarti dia akan memberontak.  Alasannya takut dengan membuat kesalahan, dia juga lebih suka menghindari.  Dengan kata lain, membiasakan diri memukul anak memperparah tingkah lakunya dan tidak membuatnya lebih baik.

  1. Merendahkan diri anak-anak

Lebih baik mendidik anak dengan cinta. Selalu pukul pantat anak akan membuatnya tidak patuh, tetapi paksakan untuk menarik diri dari lingkungan.  Itu bisa saja tiba-tiba bahagia, sekarang mereka bermain sendiri, bahkan untuk menghindari kontak dengan orang tua mereka.

Dalam pikirannya, anak itu merasa bahwa dia tidak pernah bertindak dengan benar? Ingat bahwa karakter anak dimulai dengan cara dia melihat orang tua memperhatikannya. Kami menyarankan Anda mencari solusi lain ketika anak Anda melakukan kesalahan.

Nah itulah 5 hal negative yang harus dihindari dalam memberikan pendidikan untuk anda. Ibu sekarang mengertikan. Banyak hal positif yang dapat ibu berikan dengan memberikan banyak contoh kebaikan pada anak sejak dini dan mengajarkan mereka peduli terhadap sesama.

Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh penduduk dunia. Selain rasanya enak dan mudah didapatkan dengan jumlah yang melimpah, buah yang menjadi favorit binatang monyet ini pun siap memberikan anda beragam nutrisi dan manfaat kesehatan.

Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Buah pisang kebanyakan tumbuh di negara tropis, terutama Asia Tenggara. Ukurannya pun sangatlah beragam, tergantung dari jenisnya. Tetapi meskipun memiliki varietes yang berbeda, sebagian besar buah pisang hampir memiliki nutrisi yang sama dengan kadar yang berbeda.

Menurut USDA sendiri, satu buah pisang berukuran sedang (118 gram) memiliki sejumlah nutrisi sebagai berikut:

  • Kalium: 9% AKG
  • Vitamin B6: 33% AKG
  • Vitamin C: 11% AKG
  • Magnesium: 8% AKG
  • Tembaga: 10% AKG
  • Mangan: 14% AKG
  • Karbohidrat: 24 gram
  • Serat: 3,1 gram
  • Protein: 1,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram

Meskipun memiliki banyak sekali nutrisi yang memukau, buah pisang masih ramah terhadap pola makan anda yang sehat, karena hanya mengandung 105 kalori saja, bersama dengan jumlah kecil protein dan tanpa lemak.

Sementara buah pisang yang masih hijau kebanyakan mengandung pati dan pati resisten, yang mana ketika sudah matang, maka pati tersebut pun akan berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa).

Dengan begitu, siapapun yang mengonsumsi buah pisang secara teratur, maka bisa mendapatkan berbagai kesehatan seperti yang sudah kami paparkan secara lengkap di bawah ini.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Buah pisang sangatlah kaya akan pektin, yaitu sejenis serat yang memberikan tekstur kenyal pada dagingnya. Sementara buah pisang yang belum matang mengandung pati resisten yang bertindak sebagai serat larut dan tidak bisa dicerna oleh perut anda.

Baik pektin atau pati resisten, keduanya merupakan nutrisi yang mampu mengatur kadar gula darah anda setelah makan sembari mengurangi nafsu makan dengan cara memperlambat pengosongan perut.

Bahkan buah pisang sendiri telah dimasukkan ke dalam jenis makanan berindeks glikemik rendah dengan nilai 60 untuk buah pisang matang, dan 30 untuk buah pisang mentah. Secara sederhananya, buah pisang yang anda makan tidak akan meningkatkan kadar gula darah anda secara drastis.

Hitungannya cukup sederhana, semakin rendah nilai indeks glikemik dari sebuah makanan, maka semakin menyehatkan dan bisa mendukung dalam mencegah anda terkena diabetes.

Tetapi perlu dicatat bahwa manfaat buah pisang hanya bisa digunakan untuk mencegah dan mengatur kadar gula darah anda saja, dan tidak bisa dijadikan sebagai obat pendukung dalam melawan diabetes. Faktanya, mereka yang tengah menderita penyakit ini haruslah menghindari asupan pisang yang sudah matang.

  1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Semua orang sudah tahu bahwa serat makanan sangatlah mendukung kesehatan tubuh seseorang, termasuk sistem pencernaan. Dari satu buah pisang berukuran sedang saja sudah mengandung 3 gram serat, sehingga membuatnya menjadi sumber serat yang sangat baik.

Secara garis besarnya, buah pisang mengandung dua jenis serat utama, yaitu pektin dan pati resisten. Kandungan terbesar akan kedua nutrisi ini bisa anda temukan dalam buah pisang yang belum matang.

Pati resisten tersebut akan melewati sistem pencernaan anda tanpa tercerna sama sekali sehingga akan sampai di usus besar dalam bentuk utuh. Di sanalah nutrisi ini menjadi sumber makanan melimpah bagi bakteri sehat, yang kemudian akan difermentasi dan memberikan manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan anda.

Ditambah lagi, pektin dalam buah pisang juga terlihat mampu menjaga seseorang terkena kanker usus yang ganas.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Hingga saat ini, masih belum adanya penelitian yang mempelajari keterkaitan antara menurunkan berat badan dan konsumsi pisang secara langsung. Tetapi, buah pisang sendiri sudah memiliki berbagai macam nutrisi yang dapat mendukung upaya anda dalam menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara.

Pertama, buah pisang sangatlah rendah akan kalori. Dari satu buah pisang saja hanya mengandung kurang lebih 100 kalori bersama dengan nutrisi penting lainnya, sehingga bisa menjadi makanan yang sangat mengenyangkan.

Kedua, semakin banyak anda mengonsumsi serat makanan (misalnya dari buah pisang) maka semakin mampu tubuh anda menurunkan berat badan sambil menjaganya agar tetap ideal.

Ketiga, buah pisang yang belum matang mengandung pati resisten yang bisa membantu menurunkan nafsu makan sehingga anda pun terhindar dari makan berlebih.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Kalium merupakan jenis mineral yang sangat penting bagi jantung seseorang, terutama dalam mengatur tekanan darah. Meskipun tubuh anda membutuhkan asupannya setiap hari, sayangnya masih sedikit orang yang mampu mencukupi kebutuhannya tersebut.

Padahal mendapatkan asupan kalium tidaklah sesulit yang kebanyakan orang bayangkan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa pisang setiap harinya. Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa satu buah pisang berukuran sedang saja sudah mampu memberikan 9% kebutuhan kalium harian anda.

Faktanya, pola makan yang tinggi akan kalium mampu mengurangi tekanan darah. Dengan begitu, mereka yang rajin mengonsumsi buah pisang bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung hingga 27%. Kandungan magnesium yang dimiliki buah pisang juga tentunya sangat baik bagi jantung anda.

  1. Mengandung Antioksidan

Buah dan sayuran merupakan sumber yang sangat baik akan antioksidan, tidak terkecuali buah pisang. Secara khusus, pisang mengandung dua jenis antioksidan ampuh, yaitu dopamin dan katekin.

Kedua jenis antioksidan tersebut akan bekerja bersama-sama dalam mengurangi penyakit jantung dan penyakit degeneratif setiap harinya. Tetapi perlu dicatat bahwa jenis dopamin yang ada dalam buah pisang dan jenis yang diproduksi di otak memiliki perbedaan fungsi.

Dopamin di otak bertindak sebagai senyawa yang berfungsi dalam mengatur perasaan senang. Sementara dopamin dalam pisang cenderung tidak akan sampai di otak anda, sehingga fungsinya pun berubah menjadi antioksidan yang akan melawan berbagai macam penyakit di tubuh anda.

  1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Resistensi insulin merupakan faktor resiko utama seseorang terkena diabetes tipe-2. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, sehingga akhirnya insulin pun tidak akan mampu mengangkut gula dari dalam darah ke dalam sel-sel anda untuk digunakan sebagai energi.

Untungnya, dengan mengonsumsi 15-30 gram pati resisten per hari maka mampu meningkatkan sensitivitas insulin sebanyak 33-50% dalam kurun waktu 4 minggu saja. Jadi, jika anda doyan mengonsumsi makanan manis, pastikan pula mengimbanginya dengan asupan buah pisang yang belum matang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Selain jantung, kalium dalam buah pisang pun sangatlah baik dalam mengatur tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Cukup dengan mengonsumsi buah pisang sebanyak 2 hingga 3 kali per minggu saja anda bisa mencegah perkembangan penyakit ginjal hingga 33%.

Jika anda mampu meningkatkan dosisnya antara 4 hingga 6 kali per minggu, maka perkembangan penyakit ginjal pun akan semakin menurun hingga 50% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut

8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut

Gigi yang terasa cenat-cenut bukanlah perkara mudah yang bisa anda tahan dalam jangka panjang, terutama jika memiliki beragam aktivitas yang membutuhkan fisik maupun otak. Bagaimana tidak, sakit gigi tidak hanya menyerang area mulut saja, melainkan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya dimulai dari sakit kepala hingga meriang.

8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut

Untuk mengatasinya pun tidak begitu mudah, karena pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu akar dari munculnya ketidaknyamanan tersebut. Dengan begitu, anda pun bisa mengetahui cara tercepat mengobati sakit gigi yang mungkin tengah anda derita saat ini.

Jika rasa sakit tersebut terjadi selama lebih dari 2 hari, pastikan anda mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang lebih layak dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai.

Tetapi jika sakit gigi tersebut masih terbilang baru (kurang dari 2 hari), mungkin beberapa cara di bawah ini bisa membantu anda. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi sakit gigi dengan cara alami.

  1. Air Garam

Bagi kebanyakan orang, air garam bisa menjadi pengobatan pertama yang bisa mereka gunakan secara efektif. Faktanya, air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi anda.

Dengan berkumur air garam, anda pun bisa mengobati sakit gigi dengan cara mengurangi peradangan yang tengah terjadi di sana sekaligus menyembuhkan luka di mulut secara alami.

Air garam juga dikenal sebagai agen anti-bakteri alami yang dapat mengurangi inflamasi, dengan begitu mampu menjaga gigi anda dari kerusakan akibat infeksi. Untuk menggunakan cara ini, anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.

  1. Hidrogen Peroksida

Periodontitis merupakan infeksi gusi serius yang umumnya terjadi akibat kebersihan mulut yang sangat buruk. Kondisi ini kemudian akan berkembang menjadi sakit gigi, gusi berdarah, dan gigi yang lepas dari soketnya.

Untungnya hidrogen peroksida bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan yang tengah menyerang gigi anda. Di tambah lagi, cara ini bisa membunuh bakteri, mengurangi plak di mulut, serta mengobati gusi yang berdarah.

Bahkan dalam sebuah penelitian di tahun 2016 menemukan bahwa dengan berkumur menggunakan hidrogen peroksida, maka mampu membantu mengurangi plak dan gejala periodontitis.

Tetapi pastikan anda mengencerkan hidrogen peroksida sebelum digunakan. Caranya, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan bagian air yang sama dan gunakanlah sebagai obat kumur. Hindari juga menelan campuran cairan ini karena bisa mendatangkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Untuk alasan inilah, campuran cairan hidrogen peroksida tidak dianjurkan bagi anak-anak karena mereka beresiko menelannya secara tidak sengaja.

  1. Kompresan Dingin

Anda juga dapat menggunakan kompresan dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang tengah anda alami saat ini, terutama jika gangguan tersebut disebabkan karena adanya trauma di gigi.

Ketika ditempelkan di pipi anda, kompresan dingin ini akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menjadi mengerut, sehingga rasa sakit pun akan berkurang. Suhu dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan di gigi anda.

Untuk menggunakan cara ini, anda bisa tempelkan handuk dingin di area yang terkena selama 20 menit. Ulangi terus cara ini setiap beberapa jam sekali.

  1. Teh Celup Peppermint

Jika anda pecinta minuman herbal, sekali-kali cobalah memilih teh celup peppermint sebagai bagian dari pola makan anda. Karena selain rasanya yang enak dan menyegarkan, teh peppermint pun bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit gigi sekaligus menenangkan gusi yang sensitif.

Dengan menghirup atau menghisap teh celup peppermint, rasa sakit gigi anda pun bisa diatasi sementara, sehingga cocok digunakan sebagai obat P3K. Para peneliti sendiri menuliskan bahwa peppermint memang mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan, terutama bahan aktifnya bernama mentol bisa memberikan efek mati rasa pada area yang sensitif.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat luar, yaitu dengan mendinginkan teh celup tersebut ke dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian tempelkan langsung ke gigi anda.

  1. Bawang Putih

Selama ribuan tahun lamanya, bawang putih telah dikenal sebagai bagian dari pengobatan tradisional yang sangat ampuh dalam melawan berbagai macam penyakit. Tidak hanya mampu membunuh bakteri berbahaya penyebab plak di gigi anda, sayuran ini pun bisa berperan sebagai pereda nyeri.

Allicin merupakan senyawa utama yang terdapat dalam bawang putih, yang mana memiliki efek antibakteri ampuh sehingga membantu membunuh bakteri di mulut penyebab gigi berlubang dan sakit gigi.

Untuk menggunakannya, tumbuk halus bawang putih untuk dijadikan sebagai pasta dan tempelkan di area yang telah terkena. Kombinasikan dengan sedikit garam agar memberikan hasil yang lebih efektif.

  1. Cengkeh

Catatan sejarah menyebutkan bahwa cengkeh telah banyak digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit gigi, dikarenakan kandungan minyaknya yang secara efektif mampu mematikan rasa sakit sekaligus mengurangi peradangan. Salah satu senyawa yang paling mendukung efek ini disebut sebagai eugenol yang berperan sebagai antiseptik.

Eugenol juga berperan sebagai analgesik yang bisa mematikan rasa sakit di area gigi anda. Tetapi perlu dicatat bahwa cengkeh yang dibakar (kebiasaan merokok) tidak termasuk ke dalam jenis pengobatan yang satu ini.

Untuk menggunakan langkah ini, pertama oleskan sedikit minyak cengkeh ke permukaan bola kapas, kemudian oleskan ke area yang telah terkena. Anda juga boleh mengencerkan minyak cengkeh dengan mencampurkan beberapa tetes ke dalam minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau air. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari hingga sakit mereda.

Adapun cara yang lebih sederhana adalah dengan mencampurkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air untuk digunakan sebagai obat kumur.

  1. Daun Jambu Batu

Selain berfungsi sebagai obat untuk mengatasi diare, daun jambu batu pun ternyata memiliki efek anti-radang yang bisa membantu mengobati luka dikarenakan kandungan antimikroba yang dimilikinya. Dengan begitu, daun jambu batu pun secara otomatis bisa anda gunakan sebagai perawatan mulut anda.

Anda bisa mengunyah daun jambu batu secara langsung selama beberapa menit asalkan tidak ditelan. Jika tidak mampu melakukannya, anda pun boleh menambahkan daun jambu batu yang telah ditumbuk halus ke dalam air mendidih untuk digunakan sebagai obat kumur.

  1. Obat OTC

Obat-obatan yang bebas dijual di warung atau OTC (over the counter) bisa digunakan sebagai langkah terakhir dan tercepat untuk mengatasi sakit gigi yang belum parah. Beberapa jenis yang bisa anda pilih misalnya acetaminophen atau ibuprofen.

Tetapi pastikan anda memperhatikan dosis yang harus dikonsumsi, terlebih jika sakit gigi tersebut tidak kunjung sembuh atau malah lebih parah. Obat-obatan OTC sebenarnya hanya digunakan untuk meredakan rasa sakit saja dan ditujukan sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan.

Rasa sakit yang terus membandel masih tetap mengharuskan anda mendatangi dokter gigi untuk diperiksa agar mendapatkan perawatan yang lebih layak dan tepat.

Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Banyak orang mengira jika bekatul merupakan sampah yang tidak memiliki nilai gizi dan tidak memberikan manfaat kesehatan apapun. Padahal sebenarnya, orang luar seringkali mengonsumsinya secara teratur karena dinilai mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Dikarenakan sangat sulit mengonsumsi bekatul dalam bentuk utuh, maka beberapa produsen makanan mengakalinya dengan cara mengekstraksi kulit luar dari beras menjadi bentuk minyak, yang kemudian dikenal dengan sebutan rice bran oil (minyak bekatul).

Banyak para ahli kesehatan telah meneliti kandungan nutrisi dari minyak menyehatkan yang satu ini. Misalnya, dari satu sendok makan saja sudah mengandung 29% kebutuhan harian vitamin E anda, dengan hanya 120 kalori dan 14 gram lemak.

Jadi, mungkin ini saat yang tepat bagi anda untuk beralih dari minyak goreng yang kurang menyehatkan dengan minyak bekatul sebagai salah satu bahan masakan anda. Jika anda mampu mengonsumsinya secara teratur, anda pun tentunya bisa mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan yang telah didukung dengan penelitian.

Mau tahu apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa anda petik dari minyak bekatul.

  1. Mendukung Kesehatan Gula Darah

Minyak bekatul sangatlah mendukung kadar gula darah anda yang normal dengan cara mengatasi resistensi insulin, yaitu sebuah kondisi yang menjadi faktor resiko seseorang terkena diabetes tipe-2.

Normalnya, hormon insulin yang diproduksi di dalam tubuh anda bertugas dalam membawa gula dari darah ke dalam sel-sel anda untuk digunakan sebagai energi. Tetapi pada kasus resistensi insulin, maka tubuh anda akan berhenti merespon terhadapnya sehingga kadar gula dalam darah pun akan semakin tinggi.

Cara minyak bekatul dalam mengatasi resistensi insulin pun terbilang cukup unik, yaitu dengan menetralisir radikal bebas yang berpotensi mengarah pada stres oksidasi. Kemudian di saat yang bersamaan, kadar insulin anda pun meningkat.

Jika anda ingin mencegah terkena gula darah tinggi, anda boleh mengonsumsi minyak bekatul sebanyak 3,7 gram dalam sekali makan, yang mana akan membuat kadar gula darah anda menurun drastis hingga 15%.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan Jantung. Penyakit jantung yang mematikan pun bisa anda cegah dengan mengonsumsi minyak bekatul secara teratur. Bahkan pemerintah Jepang pun menganggap bekatul sebagai salah satu jenis makanan tersehat yang bisa kita temukan dengan mudah karena kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Dalam sebuah ulasan terhadap 11 penelitian terkontrol yang melibatkan 344 orang memperlihatkan bahwa minyak bekatul mampu mengurangi LDL sebanayk 6,91 mg/dL. Menariknya, setiap penurunan 1 mg/dL bisa mengurangi resiko penyakit jantung antara 1 hingga 2 persen.

Terutama bagi anda yang tengah menderita kondisi hiperlipidemia, maka dengan mengonsumsi 30 ml minyak bekatul per hari maka bisa mengurangi kolesterol jahat secara signifikan, sekaligus berefek pada berkurangnya faktor resiko anda terkena penyakit jantung seperti obesitas dan lingkar pinggul yang besar.

Para ahli kesehatan percaya bahwa efek positif tersebut berasal dari senyawa tanaman yang disebut sebagai sterol, yang mana bertugas dalam mencegah tubuh menyerap kolesterol secara berlebihan.

  1. Mengurangi Peradangan

Salah satu alasan kenapa minyak bekatul bisa begitu menyehatkan adalah karena mengandung sejumlah senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-radang yang sangat ampuh.

Sebut saja senyawa oryzanol yang telah dikenal dengan kemampuannya dalam menekan sejumlah enzim pemicu peradangan di tubuh. Secara khusus, oryzanol tersebut akan menyerang peradangan di pembuluh darah dan selaput jantung anda.

Sebaliknya, jika peradangan di kedua area tersebut tidak diatasi dengan baik, maka akan memicu sebuah kondisi yang kita kenal dengan sebutan aterosklerosis, atau mengerasnya dan menyempitnya arteri sehingga menyebabkan anda terkena penyakit jantung yang mematikan.

Kadar normal yang bisa kita konsumsi adalah sekitar 30 ml per hari. Dalam kurun waktu 4 minggu saja, pola makan ini bisa meningkatkan kapasitas antioksidan di tubuh dan membantu melawan stres oksidasi penyebab penyakit.

  1. Melawan Kanker

Contoh senyawa lainnya yang terdapat dalam minyak bekatul adalah tocotrienols, yang mana merupakan sejenis antioksidan pelawan kanker. Senyawa ini memiliki kemampuan dalam menekan perkembangan berbagai macam sel kanker di tubuh, termasuk jenis yang terdapat di area payudara, paru-paru, rahim, hati, otak, dan pankreas.

Penelitian sendiri telah mengakui bahwa tocotrienols dari minyak dedak padi tersebut mampu melindungi sel manusia dan hewan yang terpapar radiasi pengion tingkat tinggi yang bisa memberikan efek berbahaya seperti kanker.

Tetapi sebelum mengonsumsi bekatul baik dalam bentuk minyak ataupun suplemen, pastikan anda berbicara dengan dokter terlebih dahulu jika saat ini anda tengah menjalani pengobatan kemoterapi.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut bukanlah masalah kepercayaan diri saja, melainkan sebuah tanda bahwa adanya ketidakwajaran yang terjadi dalam mulut anda. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, dimulai dari gigi berlubang hingga karang gigi.

Jika anda sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi masalah yang satu ini dan tidak berhasil, mungkin anda bisa mulai mencoba menggunakan minyak bekatul sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Bahkan cara ini sudah digunakan semenjak zaman kuno ribuan tahun yang lalu sebelum gosok gigi dan pasta gigi diciptakan. Nenek moyang kita selalu menggosok-gosokan minyak di sekitar mulut, atau dikumur layaknya obat kumur demi meningkatkan kesehatan mulut secara alami.

Beralih ke masa kini, sebuah penelitian yang melibatkan 30 orang ibu hamil menemukan bahwa dengan menggosok-gosokkan minyak bekatul ke area mulut maka bisa mengurangi bau mulut yang membandel.

Para ahli kesehatan pun berspekulasi bahwa efek tersebut berkat antioksidan yang terkandung di dalam minyak bekatul tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangatlah penting, bahkan bisa menghemat jutaan rupiah jika anda mampu menjaganya dengan baik. Bagaimana tidak, sistem imunitas inilah yang menjadi garis pertahanan tubuh paling pertama yang melawan bakteri, virus, jamur, dan berbagai macam organisme penyebab penyakit lainnya.

Bayangkan jika penyebab penyakit tersebut sudah bisa dihalau hanya dengan sistem imunitas tubuh anda tanpa harus pergi ke dokter, berapa banyak uang yang bisa anda hemat selama bertahun-tahun?

Uniknya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh tidaklah semahal yang orang pikirkan. Cukup dengan mengganti gaya hidup dan pola makan menjadi sehat saja sudah sangat cukup untuk dilakukan. Misalnya, dengan rajin berolahraga dan mengganti minyak anda dengan minyak bekatul.

Hal ini karena minyak yang kaya akan kandungan oryzanol tersebut mampu meningkatkan respon imun anda menjadi lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Lagi-lagi kandungan antioksidan dalam minyak bekatul menjadi sorotan untuk manfaat kesehatan yang satu ini.

Dalam sebuah penelitian selama 28 hari menunjukkan bahwa dengan mengoleskan gel atau krim yang mengandung ekstrak bekatul sebanyak 2 kali sehari maka mampu meningkatkan ketebalan kulit lengan bawah, mengatasi kulit kasar, dan menjaga elastisitas kulit di saat yang bersamaan.

Meskipun penelitian ini masih sangat terbatas, tetapi sudah banyak sekali pelembab dan produk kecantikan yang memasukkan minyak bekatul di dalamnya. Ini membuktikkan bahwa jenis minyak ini bisa memberikan efek positif bagi kulit anda.

Terbukti Secara Medis, Berikut 9 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Terbukti Secara Medis, Berikut 5 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Mari kita akui, pastinya kita pernah kedatangan tamu yang tak diundang, misalnya jerawat yang mengganggu. Kondisi kulit yang satu ini pun bisa datang dalam berbagai macam dan tingkat keparahan yang berbeda.

Terbukti Secara Medis, Berikut 5 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat sendiri bisa terjadi ketika kelenjar minyak di kulit anda terlalu aktif dan kemudian pori-pori anda pun menjadi meradang. Serangan bakteri tertentu di kulit bisa memperparah kondisi tersebut, sehingga jerawat pun dapat muncul di hampir seluruh permukaan kulit anda, terutama di area wajah.

Konon katanya jerawat tidak bisa dicegah karena gangguan kulit ini dipicu oleh hormon androgen dan dalam beberapa kasus bisa disebabkan karena faktor genetik.

Tetapi jarang orang yang tahu bahwa terdapat beberapa metode khusus yang bisa anda gunakan untuk mengurangi keparahan atau bahkan menjaganya agar tetap terkendali, sehingga munculnya jerawat pun bisa anda cegah dengan baik.

Mau tahu metode apa sajakah itu? Berikut adalah cara mencegah jerawat yang telah diuji oleh penelitian.

  1. Cuci Muka Anda Dengan Benar

Mencuci muka mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, tetapi melakukannya dengan benar belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang.

Mencuci muka itu harus mampu menghilangkan minyak, kotoran, dan keringat dari kulit dan wajah, terutama saat anda telah selesai beraktivitas. Selain itu perlu dicatat pula bahwa mencuci muka lebih dari dua kali sehari malah akan membuat jerawat anda tambah parah.

Pastikan pula anda membersihkan wajah tanpa menggunakan pembersih wajah yang keras. Pilihlah jenis yang tidak mengandung alkohol agar kulit wajah anda tidak kering.

Adapun beberapa cara mencuci wajah dengan benar misalnya seperti ini:

    1. Basahi wajah anda dengan air hangat. Hindari suhu air yang terlalu panas.
    2. Usapkan pembersih wajah ringan dengan gerakan melingkar menggunakan jari-jari anda.
    3. Bilas seluruh bagian wajah anda dan tepuk-tepuk dengan tangan agar cepat kering.
  1. Kenali Jenis Kulit Anda

Siapapun pasti memiliki resiko terkena jerawat di wajah, apapun jenis kulitnya. Bagian kulit berminyak adalah area yang paling rentan terkena. Hal ini karena kelenjar sebaceous di kulit anda cenderung memproduksi terlalu banyak sebum.

Jenis kulit lainnya yang beresiko menumbuhkan jerawat adalah “kulit kombinasi”, artinya kulit tersebut memiliki area kering dan berminyak di saat yang bersamaan. Bagian kulit tersebut meliputi dahi, hidung, dan dagu anda. Semua area tersebut kemudian dikenal dengan istilah “zona T” atau T-zone.

Dengan mengenali jenis kulit di seluruh bagian tubuh, maka diharapkan anda tidak akan sembarangan dalam memilih produk perawatan kulit yang digunakan. Misalnya, jenis kulit berminyak akan lebih baik menggunakan produk nonkomedogenik yang mana diformulasikan untuk tidak menyumbat pori-pori.

  1. Lembabkan Kulit Anda

Pelembab kulit bisa membantunya tetap terhidrasi. Sayangnya, saat ini banyak sekali jenis pelembab kulit yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan lainnya yang beresiko mengiritasi kulit dan menimbulkan jerawat.

Jadi, jika bisa anda harus mencari dan memilih jenis pelembab nonkomedogenik yang bebas dari pewangi setelah anda mencuci muka atau saat kulit sudah terasa mulai kering.

  1. Gunakan Obat Bebas Pelawan Jerawat

Obat-obatan bebas (OTC – over-the-counter) pun bisa anda gunakan untuk melawan dan mencegah jerawat dengan kurun waktu yang sangat singkat tetapi lebih aman digunakan. Beberapa zat yang bisa anda pilih adalah benzoil peroksida, asam salisilat, atau belerang.

Bahkan OTC ini bisa langsung anda gunakan untuk mengobati jerawat yang telah muncul dan mencegah gangguan kulit tersebut semakin parah dan berkembang lebih jauh lagi. Ditambah lagi, cara ini pun akan menekan efek samping yang bisa hadir seperti iritasi, kemerahan, dan kulit kering. Tetapi pastikan anda mengikuti instruksi yang telah tertera di label obat tersebut.

  1. Tetap Terhidrasi

Jika tubuh anda terhidrasi dengan baik, maka kulit anda pun akan memberikan tanda kepada kelenjar minyak untuk tidak memproduksi minyak secara berlebihan. Dengan begitu, jerawat pun bisa dicegah secara alami dengan menekan kelenjar sebaceous agar tidak hiperaktif.

Sebaliknya, dehidrasi bisa membuat kulit anda tampak kusam dan memicu peradangan serta kemerahan.

Untuk menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi, pastikan anda mendapatkan asupan cairan yang cukup kira-kira sebanyak 8 gelas per hari. Kadar ini mungkin akan meningkat jika anda memiliki aktivitas atau kondisi tertentu seperti berolahraga, tinggal di tempat panas dan lembab, atau tengah menjalani masa kehamilan dan menyusui.

  1. Kurangi Penggunaan Make-up

Banyak dari kita mungkin ingin menutupi jerawat dengan menggunakan make-up. Tetapi sayangnya kebiasaan tersebut malah akan semakin menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat yang telah ada di sana.

Jadilah senatural mungkin saat anda memakai make-up. Misalnya menghindari bedak yang berat dan berminyak, serta gunakan produk jenis nonkomedogenik yang alami dan bebas pewangi.

Sampo berminyak, sabun mandi, krim cukur, dan produk penata rambut pun bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Untuk membantu mencegah gangguan kulit tersebut terjadi, lagi-lagi disarankan untuk memilih jenis nonkomedogenik yang ramah terhadap kulit wajah anda.

  1. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Sebelum wabah covid-19 muncul dan para dokter menghimbau agar kita tidak sembarangan menyentuh area wajah, sudah banyak para ahli kesehatan yang menyarankan setiap orang agar tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut karena bisa memicu munculnya jerawat.

Bayangkan tangan anda yang melakukan banyak hal dan aktivitas sepanjang hari bisa saja menyentuh berbagai macam benda asing. Sudah dipastikan telapak tangan anda tersebut telah terpapar bakteri, virus, atau jamur yang jika sampai di wajah anda, maka akan memicu gangguan kulit seperti jerawat.

  1. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Sinar mentari memang bisa membuat tubuh anda memiliki kadar vitamin D yang cukup setiap harinya, tetapi paparan yang berlebihan malah mendatangkan masalah baru untuk anda.

Sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit anda terkena dehidrasi, yang jika tidak dibatasi maka akan menyebabkan kulit anda menghasilkan lebih banyak minyak demi menyeimbangkan kadar cairan di tubuh. Sayangnya, kondisi ini seringkali bisa menyumbat pori-pori di kulit anda.

Jika sebuah pekerjaan mengharuskan anda untuk tetap berada di bawah sinar matahari dalam kurun waktu lama, cegahlah gangguan kulit dengan menggunakan tabir surya. Tak hanya jerawat saja, cara ini pun bisa mencegah anda terkena kanker kulit yang mematikan.

Tetapi lagi-lagi anda harus teliti dalam memilih tabir surya, karena banyak produk-produk di luaran sana yang mengandung minyak. Pilihlah tabir surya yang juga khusus memberikan efek anti jerawat di kulit.

  1. Gunakan Minyak Pohon Teh

Memang benar jika kita ingin mencegah atau mengatasi jerawat haruslah menghindari produk yang mengandung minyak. Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua minyak diciptakan setara. Sebut saja minyak pohon teh yang bisa memberikan efek positif terhadap gangguan kulit yang satu ini.

Bahkan minyak pohon teh sudah banyak dikenal sebagai obat untuk melawan jerawat. Menurut Mayo Clinic mengatakan bahwa minyak ini mampu mengurangi sejumlah lesi baik yang belum maupun yang telah meradang.

Untuk menggunakannya, anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak pohon teh ke area yang telah terkena atau meradang. Anda juga boleh menambahkannya beberapa tetes ke dalam pembersih atau pelembab yang sering anda gunakan saat ini.

Tetapi perlu diingat bahwa terdapat beberapa orang yang sensitif terhadap minyak ini. Untuk mengujinya, anda bisa mengoleskannya sedikit saja ke atas kulit dan tunggu reaksinya hingga beberapa jam. Jika muncul iritasi, hindari penggunaannya.

6 Tips Untuk Meningkatkan Ketahanan Tubuh Anak

6 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Sistem kekebalan tubuh yang sehat akan mendukung kemampuan alami anak Anda untuk melindungi tubuh terhadap penyakit. Jika anak Anda memiliki pola makan dan gaya hidup sehat, ketahanan tubuh anak Anda menjadi lebih baik.

6 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Sistem kekebalan yang baik membantu melindungi anak Anda dari penyakit dan membuatnya tetap sehat. Silakan simak artikel berikut ini untuk tips memperkuat kekebalan tubuh anak Anda!

Berikan Asi

1 Asi tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Menurut sebuah penelitian di Australia pada tahun 2002, menyusui memiliki efek positif pada pengembangan sistem kekebalan tubuh karena komponennya dalam ASI yang mempromosikan perkembangan mukosa pencernaan dan mikroalbuminuria flora pada usus.

ASI mengandung protein, gula dan lemak, yang memainkan peran penting dalam perkembangan yang sehat. Selain itu, ia juga menyediakan antibodi dan leukosit, baik meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu anak-anak melawan mikroorganisme penyebab penyakit.

Tambahkan buah dan sayuran ke makanan

2 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Makan sehat adalah dasar dari sistem kekebalan tubuh yang baik. Anda membutuhkan lebih banyak buah dan sayuran (seperti apel, wortel, ubi jalar, kacang, brokoli, kiwi, semangka, jeruk, stroberi, dll.) Ke dalam diet anak Anda. Ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan kaya vitamin A, B2, B6, C, seng, selenium dan asam lemak esensial juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Anda harus mencatat hal-hal berikut, bukan biji-bijian olahan, Anda harus memberi makan anak produk sereal murni. Hindari makanan tinggi gula seperti biskuit, sereal kaleng, dan minuman ringan.

Cukup tidur

3 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Tidur sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Anak membutuhkan 18 jam untuk tidur setiap hari. Di usia lain, anak-anak membutuhkan sekitar 10 hingga 14 jam untuk tidur. Selain itu, kualitas tidur juga sama pentingnya.

Kamar anak Anda membutuhkan kegelapan dan ventilasi di malam hari. Tidur di kegelapan membantu mempromosikan produksi hormon melatonin, yang bertindak sebagai antioksidan kuat.

Ajak anak Anda untuk berolahraga lebih awal

4 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Olahraga adalah cara yang bagus untuk membantu anak Anda mencegah penyakit. Berolahraga secara teratur dengan 30 menit sehari meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan banyak manfaat kesehatan lain untuk anak Anda.

Dorong anak Anda untuk berolahraga, dan berlatih bersama mereka daripada hanya meminta mereka untuk pergi keluar. Latihan yang disarankan seperti berjalan, berlari atau bersepeda selama sekitar 30 menit sehari adalah latihan yang paling sederhana dan terbaik untuk seluruh keluarga Anda. Anda juga dapat mendaftarkan anak Anda dalam pelajaran renang, pelajaran tenis, atau olahraga apa pun yang ia sukai.

Biasakan anak Anda untuk berjemur

5 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Vitamin D adalah salah satu bahan alami yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang dengan kekurangan vitamin D beresiko terkena asma, kanker, dan infeksi.

Pastikan anak Anda menerima jumlah vitamin D alami yang dibutuhkan dengan menjaga tangan dan wajahnya di bawah sinar matahari selama 20 menit setiap hari. Namun, Anda harus memberi anak Anda berjemur di pagi hari untuk menghindari sinar ultraviolet kuat yang membahayakan kulit anak.

Sediakan makanan yang kaya probiotik

6 tips untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak

Probiotik adalah bakteri baik di usus, mereka menjaga bakteri jahat dari merusak tubuh. Peneliti menyarankan bahwa bakteri baik memiliki efek positif pada sistem kekebalan dan bahkan dapat mengatur respon imun melalui mukosa usus. Oleh karena itu, Anda harus secara teratur menyediakan makanan yang kaya probiotik seperti yogurt, mentega, atau kubis asam, ke dalam diet harian anak Anda.

Untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan anak Anda, mulailah menerapkan kiat-kiat ini dari hari ini.

Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Gigi anak akan tumbuh dan matang ketika mereka mencapai dewasa. Dalam proses itu, perawatan kesehatan mulut harus dijaga agar tidak terkena atau memiliki penyakit gigi.

Anda tidak harus menunggu sampai anak Anda tumbuh hingga dua puluh gigi untuk mengajar anak Anda cara merawat gigi Anda. Anda harus mengajari anak Anda kebiasaan baik untuk membantu dia melindungi gigi mereka.

Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Berikut Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Hal pertama yang harus orang tua ajarkan kepada anak-anak mereka adalah membentuk kebiasaan kebersihan mulut. Ketika gigi pertama tumbuh, anak-anak perlu menyikat mereka dengan lembut dengan sikat gigi kecil dan lembut dengan pasta gigi berfluoride.

Mulai usia 2, orang tua mulai menyikat gigi dengan sikat gigi anak dan pasta gigi fluoride tidak lebih besar dari kacang polong. Orangtua harus mengawasi tugas-tugas penting mereka sampai mereka berusia 6 tahun sehingga mereka dapat menyikat gigi mereka secara efektif. Anak-anak harus menyikat gigi mereka sebelum tidur dan tidak makan makanan atau minuman apa pun, kecuali untuk air putih/mineral, sampai keesokan paginya.

Orangtua harus memeriksa persediaan air di rumah untuk menentukan apakah ada air berfluoride. Fluidasi dalam air mengurangi pembusukan gigih pada anak-anak dan orang dewasa. Anda juga dapat berbicara dengan dokter gigi Anda tentang alternatif seperti pasta gigi yang tepat.

Kurangi makanan gula

Gula makanan adalah salah satu penyebab utama penyakit gigi seperti kerusakan gigi pada anak-anak dan orang dewasa. Bakteri di mulut biasanya memakan gula dan menyebabkan kerusakan asam pada gigi Anda. Ketika gigi sering terkena makanan manis atau cair (seperti jus) untuk waktu yang lama, risiko kerusakan gigi meningkat secara signifikan. Orangtua tidak boleh memberi anak jus atau susu sebelum tidur. Jika perlu, orang tua hanya memberi anak sebotol air untuk tidur lebih baik.

Banyak orang tua berpikir bahwa jus adalah minuman sehat setiap hari, tetapi dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi pada anak-anak. Karena itu, orang tua hanya boleh memberi anak minum gula saat makan, sebaiknya tidak minum setelah menyikat.

Rutin Temui dokter gigi

Anak-anak harus menjalani pemeriksaan medis pada usia satu tahun dan kemudian secara berkala. Perawatan gigi secara rutin dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Dokter gigi anak atau dokter gigi umum akan menginstruksikan Anda bagaimana mencegah masalah gigi dengan memeriksa rongga di gigi anak dan mengamati isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan. Dokter gigi Anda dapat merekomendasikan penggunaan sealant gigi dan fluoride untuk melindungi gigi anak Anda.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Tips mengajari anak untuk merawat gigi, semoga dengan adanya informasi ini, Anda dapat membantu anak untuk merawat kesehatan gigi dengan lebih baik.

Jangan Digaruk! 4 Tips Atasi Gatal Di Perut Dan Payudara Untuk Ibu Hamil

Tips Atasi Gatal Di Perut Dan Payudara Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan memang waktu yang sangat berarti dan begitu menyenangkan bagi wanita. Namun untuk wanita yang baru pertama kali mendapatkan masa kehamilan sering kali merasa rasa kaget akan beragam perbedaan maupun perubahan yang dirasakan saat hamil. Bukan hanya kondisi perut yang semakin lama semakin membesar, banyak juga perubahan lainnya yang sering dirasakan pada ibu hamil, salah satunya rasa gatal yang dirasakan di bagian payudara dan perutnya.

Tips Atasi Gatal Di Perut Dan Payudara Untuk Ibu Hamil

Apakah bunda yang sedang hamil juga merasakannya? Jangan takut ya bun, rasa gatal yang dirasakan pada perut maupun payudara saat masa kehamilan ini bisa diatasi. Berikut ini tips mengatasi rasa gatal pada bagian perut dan payudara pada masa kehamilan agar bunda tidak tersiksa lagi.

Empat Tips Atasi Rasa Gatal Di Perut Dan Payudara Pada Ibu Hamil

1. Gunakan Lotion Atau Minyak Zaitun
Rasa gatal pada perut maupun payudara bisa diatasi dengan mengoleskan lotion ataupun minyak Zaitun ya bun. Apalagi bunda minta tolong kepada pasangan untuk mengoleskannya, pasti semakin nyaman. Minyak zaitun maupun lotion bisa mengurangi rasa gatal akibat kulit kering yang sering terjadi saat masa kehamilan.

Bunda juga bisa menggunakan Bio Oil untuk mengatasi hal ini. Disamping mengurangi rasa gatal, penggunaan rutin Bio Oil juga bisa mencegah timbulkan stretch mark pada perut karena kandungan vitamin A dan E yang ada di dalamnya. Bio oil juga sekarang mudah didapatkan. Baik secara online maupun offline di Apotek terdekat.

2. Pakai Kompres Air Es
Anda mеrаѕа tubuh panas dаn kulіt mеnjаdі gаtаl? Coba ѕаjа Andа duduk di ruangan уаng dіngіn аtаu tеduh. Kemudian Andа соbа kompres bаgіаn уаng tеrаѕа gаtаl tersebut dеngаn аіr es уаng sudah mаѕuk didalam wаdаh. Dіаmkаn ѕеjеnаk dаn rаѕа gаtаl аkаn hilang bundа.

3. Hindari Mandi Dеngаn Aіr Panas
Kulit yang ѕеdаng mеngаlаmі pemuaian biasanya kering dаn mеngаlаmі kеlеmbаbаn yang hіlаng. Mаkа lаngkаh уаng hаruѕ Anda lаkukаn аdаlаh mеmіnіmаlіѕіr kelembaban уаng hіlаng tersebut. Jаdі Andа tidak bоlеh mandi dеngаn air hаngаt karena jіkа Anda mandi dengan air hangat bisa mеnуеbаbkаn kelembaban dі kulіt Andа akan ѕеmаkіn hіlаng.

4. Gunakan Salep Gatal Untuk Ibu Hamil
Walaupun gatal ini bisa dianggap Normal, namun untuk menghindari kondisi yang lebih parah, bunda juga bisa menggunakan salep khusuh dan aman bagi ibu hamil.

Berikut contohnya: Biolane Pour Elle, Elocon, Miconazole, Mooimom Cream, Sebamed Stretch Mark Cream

Sebelum menggunakan salep gatal ibu hamil, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan Anda ya agar lebih aman.

Demikian sedikit info dari Suara Dokter yang dapat kami berikan tentang Tips Atasi Rasa Gatal Di Perut Dan Payudara Pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.