Beranda blog

Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit kuning

Penyakit kuning adalah kondisi menguningnya kulit dan bagian putih mata (sklera). Sakit kuning disebabkan oleh adanya kelebihan jumlah bilirubin dalam tubuh karena ketidakmampuan atau kelemahan fungsi hati yang bekerja bersama-sama dengan ginjal untuk menyaring zat tersebut.Gejala penyakit kuning yaitu air seni yang gelap, kulit dan mata berwarna kuning, pendarahan, demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, pembengkakan, penurunan berat badan, demam

jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi agar meredakan serta mencegah penyakit kuning, di antaranya:

Perbanyak konsumsi Air putih

C:\Users\Asus\Downloads\makanan_untuk_hipotensi_1.width-800.jpg

Hampir sebagian besar tubuh kita itu berisi air di dalam tubuh manusia, air adalah sirkulasi atau perputaran yang tersimpan di sel tubuh. Apabila konsumsi air anda tidak terpenuhi untuk tubuh, maka organ-organ yang ada di dalam tubuh tidak menjadi sehat, salah satunya hati.  Karena hati dapat menetralkan racun kemudian dibuang melalui air, seperti air seni dan keringat. Disarankan agar mengkonsumsi 3 liter air setiap hari. Tetapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan juga, karena hal seperti itu juga tidak baik.

Buah dan sayur hijau

C:\Users\Asus\Downloads\sayuran-yang-mengandung-vitamin-d1.jpg

Buah-buahan mengandung anthocyanin dan polyphenols, yang sudah terbukti untuk mengatasi penghambatan sel kanker di hati. Contohnya stroberi, ceri, rasberi
Sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, dan kol kaya akan sulfur. Kemampuan zat kimi ini terkenal untuk mendetoksifikasi hati dan dapat dimasak dengan berbagai cara

Konsumsi Jus Tomat

C:\Users\Asus\Downloads\jus1.jpg

Bahan alami untuk mengobati sakit kuning yang pertama adalah tomat. Tomat merupakan salah satu bahan makanan sumber likopen yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh. Minum jus tomat setiap pagi akan membantu memulihkan kesehatan hati. Tomat juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan organ hati.

Konsumsi makanan yang Mengandung serat tinggi

C:\Users\Asus\Downloads\download (1).jpeg

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi bisa bikin tubuh kita lebih sehat. Contohnya strawberry, alpukat, apel, bit, brokoli, kacang-kacangan. Makanan baik sayur-sayuran, buah-buahan maupun kacangan banyak mengandung nutrisi dan vitamin untuk kesehatan hati.

Madu dan kunyit

C:\Users\Asus\Downloads\madu-kunyit-antibiotik-alami-mampu-sembuhkan-banyak-penyakit-begini-cara-meramunya.jpg

Kunyit yang dipercaya sebagai antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan bersifat antioksidan dapat mengatasi penyakit kuning jika dikonsumsi secara rutin. Cukup mencampur dua ruas kunyit dengan madu dan diminum setiap 3 kali sehari

Konsumsi Jus Nanas dan Lemon
C:\Users\Asus\Downloads\lemon-pineapple-juice-620x330.jpg

Nanas adalah buah yang dapat mendetoks tubuh dan membantu membersihkan sel-sel hati.  Sedangkan Lemon merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan vitamin C yang fungsinya salah satu makanan terbaik untuk mendetoks tubuh.

Konsumsi air tebu

C:\Users\Asus\Downloads\5-manfaat-minum-air-tebu-murni-setiap-hari-bagi-kesehatan-WCohmPN6Xk.jpg

Konsumsi air tebu secara teratur dapat membantu memulihkan kapasitas hati dan membantu pencernaan

Konsumsi wortel

C:\Users\Asus\Downloads\carrot-juice-glass-wooden-table_1150-18385.jpg

Wortel merupakan sumber vitamin A dan C serta kaya akan Beta dan karoten . Vitamin dan nutrisi yang ada dalam wortel ini membantu detoksifikasi hati.

Konsumsi jus lobak.

C:\Users\Asus\Downloads\Jus Lobak.jpg

Jus yang diekstrak dari lobak segar dan daunnya mampu mengeluarkan bilirubin ekstra dari tubuh

Oleskan Minyak esensial rosemary

C:\Users\Asus\Downloads\manfaat-minyak-rosemary.jpg

Minyak esensial Rosemary memiliki sifat antioksidan dan efek hepatoprotektif pada hati. Campurkan 12 tetes minyak esensial rosemary dengan 30 ml minyak kelapa dan oleskan campuran ini pada perut Anda di dekat daerah hati. Pijat dengan lembut dan biarkan.

Sinar matahari

Sinar matahari mengandung vitamin D dan hampir 6,5 kali lebih efektif dalam mengobati penyakit kuning neonatal, karena membantu dalam isomerisasi molekul bilirubin.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D

C:\Users\Asus\Downloads\makanan-mengandung-vitamin-D.jpg

Penyakit kuning memiliki kadar vitamin D rendah. Jadi, perlu memasukkan makanan yang kaya vitamin D ke dalam makanan untuk mencegah dan mengobati penyakit kuning. Makanan kaya vitamin D adalah telur, ikan, keju, susu, jamur, dll.

Konsumsi daun kemangi

C:\Users\Asus\Downloads\1587716071_1-org.jpg

Sifat anti-inflamasi dan hepatoprotektif dari kemangi dapat membantu dalam mengobati penyakit kuning. Baik mengunyah daun kemangi atau minum teh kemangi setiap hari.

 

Jangan Dibiasakan! 5 Dampak Buruk Bila Tubuh Sering Mandi Air Hangat

C:\Users\Asus\Downloads\91mandi.jpg

Mandi air hangat merupakan salah satu cara sederhana yang dilakukan sebagian orang untuk memanjakan diri selepas lelah setelah seharian melakukan aktivitas supaya menjadikan tubuh menjadi bersih dan segar kembali. Dengan mandi air hangat akan membuat tubuh menjadi segar kembali dan membuat tubuh terasa rileks serta pikiran menjadi tenang sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Itulah salah satu manfaat mandi air hangat yaitu dapat membuat anda tidur dengan cepat dan nyenyak serta dapat meredakan rasa sakit pada tubuh sehabis anda melakukan aktivitas seharian. Meskipun mandi air hangat memilki manfaat, tetapi mandi air hangat terlalu sering juga akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa dampak buruk bila tubuh sering mandi air hangat antara lain :

  1. Menjadikan kondisi kulit kering dan pecah-pecah

Mandi air hangat dapat membuat tubuh terasa rilkes dan tenang, akan tetapi bila tubuh sering mandi air hangat akan membuat kulit kering dan pecah-pecah. Sebab air hangat dapat memperlebar pori-pori kulit sehingga bila tubuh diguyur air panas terus membuat kelenjar minyak pada kulit meningkatkan produksi minyaknya akibatnya keadaan kulit menjadi kering dan pecah-pecah serta dapat mengakibatkan iritasi dan infeksi kulit

2. Rambut menjadi kering dan bercabang

Bila anda mandi air hangat secara otomatis keramas juga menggunakan air hangat pula maka akan memicu rambut menjadi kering sehingga mudah rontok dan bercabang. Sebab bila kulit kepala tersiram air hangat akan membuat fungsi kelenjar minyak terganggu, akibatnya kelenjar minyak dapat memproduksi minyak secara berlebihan. Ketika kelenjar minyak , memproduksi minyak secara berlebihan maka akan membuat kondisi kulit kepala menjadi kering akibatnya rambut menjadi kering dan mudah rontok bahkan dapat bercabang. Untuk itu sehabis anda keramas menggunakan air hangat cobalah kulit kepala dan rambut disiram menggunakan air dingin kembali supaya dapat mentralkan kondisi kulit, sehingga kondisi kulit tidak akan kering, dan rambut juga tidak akan kering dan bercabang.

3. Menjadikan suhu tubuh tidak seimbang

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki suhu tubuh yang panas secara otomatis yang keluar dari kulitnya. Tetapi bila tubuh manusia sering mandi air hangat maka akan membuat kulit tubuh manusia tidak dapat mengeluarkan panas dari dalam tubuhnya. Akibatnya ketika habis mandi air hangat setelah keluar dari kamar mandi maka suhu tubuh akan berubah secara drastis menjadi dingin.

4. Tekanan darah tiba-tiba menurun

Kebiasaan mandi air hangat baik di pagi hari maupun malam hari ternyata dapat memicu tekanan darah tiba-tiba menurun, sebab ketika tubuh seseorang terkena air hangat maka dengan sendirinya air hangat tersebut dapat memperlebar pori-pori kulit hingga pembuluh darah, sehingga kecepatan peredaran sirkulasi darah menjadi menurun, akibatnya tekanan darah pun ikut menurun juga. Hal ini jika bagi anda penderita hipotensi atau tekanan darah rendah sangat berbahaya sebab akan membuat anda pingsan di dalam kamar mnadi

5. Bahaya bagi ibu hamil dan kesehatan janin

Ketika ibu hamil sering mandi air hangat maka akan membahayakan buat kondisi ibu hamil dan kesehatan janinnya sebab bila tubuh ibu hamil terkena guyuran air hangat maka membuat tulang belakang dan otak janin mengalami kecacatan sebab kondisi mereka dalam kandungan masih rapuh untuk itu berhati-hatilah bunda bila ingin mandi air hangat jangan terlalu sering.

Bagi anda yang suka mandi air hangat juga tidak perlu khawatir dengan bahaya tersebut jika tidak dilakukan sesering mungkin setiap hari tidak akan terjadi dampaknya.

 

Masuk angin fakta dan cara mencegah dan mengobati

Masuk angin adalah suatu kondisi tubuh dimana kemasukan angin yang berlebihan sehingga badan terasa tidak enak, dan pega-pegal serta perut terasa kembung bahkan pengin muntah. Biasanya orang masuk angin disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah akibatnya ketika banyak angin yang masuk tidak dapat mencegahan serangan masuknya angin tersebut, akibatnya masuk angin. Salah satu cara untuk mengobati penyebab masuk angin tersebut dapat diatasi dengan pengobatan secara alami, tanpa obat-obatan. Sebab bila anda terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan akan membahaya kesehatan ginjal juga.

Adapun cara atasi masuk angin secara alami antara aain :

Gunakan bawang merah dan jahe untuk bahan kerokan

Bawang merah berguna untuk melancarkan aliran peredaran darah sedangkan jahe untuk menghangatkan badan menjadi suhu yang normal. Dengan cara bawang merah dan jahe diparut lalu dikasih minyak sayur kemudian balurkan badan dan gosok-gosokkan, maka masuk angin anda akan segera sembuh dan badan menjadi sehat kembali

Perbanyak mengkonsumsi air putih yang cukup

Sebagian besar tubuh manusia terisi oleh mineral yang bernama air. untuk itu bila tubuh anda mengalami dehidrasi dapat mengkonsumsi air putih secukupnya supaya dapat memeperlancar aliran darah dalam tubuh dan juga dapat mempercepat proses metabolisme tubuh dengan baik. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas atau 2 liter tiap hari supaya dapat memepercepat aliran darah dalam tubuh sehingga menjadi sehat kembali

Konsumsi seduhan air jahe

Salah satu upaya untuk mengobati masuk angin dengan cara herbal yaitu dengan mengkonsumsi seduhan air jahe yang dapat melegakan tenggorokan serta pernapasan dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Istirahat dan tidur yang cukup

Istirahat dan tidur merupakan salah satu upaya memulihkan tenaga dan menormalkan kembali fungsi sistem kerja sel-sel tubuh sehingga dapat meningkat sistem kekebalan tubuh pada manusia. Bila anda mengalami kurang istirahat dan tidur kurang cukup maka tubuh akan gampang terserang berbagai virus penyakit seperti pilek, flu, dan gampang masukan angin.. Apabila terus menerus anda kurang istirahat dan kurang tidura akan memicu penyakit lainnya mulai dari obesitas, jantung serta penyakit lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Lakukanlah Istirahat dan tidur minimal 6-8 jam setiap harinya supaya dengan istirahat dan tidur dengan cukup supaya tubuh segar dan fit sehat kembali

Konsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi yang tinggi

Mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi yang tinggi merupakan sumber asupan yang baik untuk kesehatan tubuh supaya dapat meningkatkan system kekebalan daya tahan tubuh sehingga akan terhindar dari berbagai vitus, bakteri, dan kuman serta penyebab lain penyebab penyakit. Salah satu makanan itu seperti buah dan syur-sayuran yang mengandung vitamin C dan mineral dapat mendukung meningkatkan system daya tahan tubuh anda. Contohnya buah jeruk,dan pisang yang baik untuk orang yang sedang masuk angin. Karena bila masuk sngin kondisi tubuh terutama bagian erut tidak nyaman untuk makan dengan mengkonsumsi buah tersebut dapat membuat perut lebih enakan dan energy juga tetap terjaga sehingga tubuh akan cepat sehat kembali

Memakai pakaian hangat

Ketika anda mengalami masuk angin, maka kondisi tubuh badan akan mengalami kedinginan karena daya tahan tubuh anda sedang melemah akibatnya badan akan demam dan tubuh mengalami kedinginan. Untuk itu pakailah pakaian atau jaket supaya kondisi tubuh badan menjadi hangat sehingga demam akan lekas turun.

Hindari pikiran yang stres

Stres adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tertekan terus menerus sehingga mengalami kecemasan, depresi dan rasa takut. Hal ini akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan yang akan berakibat terserangnya sistem imun yang lemah. Akibatnya berbagai penyakit akan muncul, seperti gampang terkena masuk angin. Untuk mengatasi pikiran stress sebaiknya anda selalu berpikiran yang positif.

Gejala umum yang biasa dialami pengidap jenis kanker mata

C:\Users\Asus\Downloads\kanker-mata_20180708_160354.jpg

C:\Users\Asus\Downloads\kanker-mata_20180708_160354.jpg

Kanker adalah penyebab kematian paling umum kedua setelah penyakit jantung. Kanker yang baru didiagnosis memiliki persentase signifikan untuk dapat disembuhkan. Kanker lebih bisa disembuhkan ketika terdeteksi dini. Salah satunya kanker mata. Kanker mata adalah kanker yang menyerang jaringan mata. Jika pengatur pembelahan sel tidak tidak berfungsi, sel-sel di jaringan mata akan tumbuh tanpa terkendali dan dapat menyebar ke bagian lain.

Sel-sel kanker ini dapat merusak sel normal di sekitarnya saat sedang tumbuh dan menyebar. Dari sekian banyak kasus, pengidap kanker bisa saja tidak menyadari atau merasakannya. Kemudian secara perlahan penyakit tersebut akan mengurangi fungsi penglihatan. Jika hal ini sampai terjadi, tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jenis-jenis kanker mata yang terjadi pada seseorang

Kanker Mata Retinoblastoma

Kanker mata adalah kanker mata pada anak. Kanker mata ini terjadi saat sel-sel retina mata tumbuh cepat, tidak terkendali, dan merusak jaringan disekitarnya. Salah satu tanda retinoblastoma adalah mata terlihat seperti “mata kucing” saat terkena sinar. Penyebab pasti terjadinya mutasi genetik pada retinoblastoma belum dapat dipastikan. Sekitar 25% dari kasus retinoblastoma diturunkan dengan pola autosomal dominan, yaitu gen yang mengalami kelainan diturunkan oleh salah satu orang tua. Sisanya terjadi secara sporadik dan acak, tidak diturunkan dari orang tua.

Gejala yang dialami Retinoblastoma seperti Mata juling (strabismus), Mata merah, Mata bengkak, dan ukuran satu atau kedua bola mata membesar, Mata terasa nyeri, perubahan warna iris pada mata, dan gangguan penglihatan.

Kanker mata Melanoma

Kanker mata Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang di dalam sel yang bekerja untuk menghasilkan melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit. melanoma okular atau melanoma adalah salah satu jenis kanker mata yang paling umum.

Gejala yang menandakan kanker mata melanoma adalah: Pandangan kabur, buram, atau kehilangan kemampuan penglihatan, Hilangnya penglihatan tepi, Muncul bintik hitam di iris yang terlihat semakin membesar, Muncul sensasi seperti melihat kilatan cahaya, Terasa ada bintik-bintik atau garis yang menghalangi pandangan, Perubahan bentuk pupil.

Kanker Mata Melano Intraokular

Melanoma intraokular merupakan jenis kanker mata yang paling sering terjadi. Melanoma bekembang dari sel-sel penghasil pigmen (zat warna) atau melanosit yang terletak di jaringan uvea. Melanoma intraokular paling sering muncul di koroid, namun juga bisa timbul di jaringan iris (selaput pelangi).

Kanker Mata Limfoma intraokular

Kanker mata Limfoma Intraokular merupakan jenis kanker mata yang berasal dari sel-sel di kelenjar getah bening di dalam mata. Limfoma intraokular termasuk ke dalam golongan limfoma non-Hodgkin.

Penderita limfoma intraokular umumnya memiliki penyakit yang menyebabkan lemahnya sistem imun, seperti HIV/AIDS. Limfoma intraokular juga sering muncul bersamaan dengan limfoma pada sistem saraf pusat

Pengobatan yang dilakukan kanker mata  yaitu dengan melakukan kemoterapi, terapi laser, krioterapi, radioterapi, dan operasi serta pemberian obat yang diberikan oleh dokter.
Jika ada tanda gejala-gejala seperti diatas segeralah periksalah dan konsultasi ke dokter supaya dapat ditangani dan diobati dengan baik.

 

9 Makanan Bernutrisi untuk Kekebalan Tubuh

C:\Users\Asus\Downloads\490391_620.jpg

C:\Users\Asus\Downloads\sayuran-yang-mengandung-vitamin-d1.jpg

Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem yang bekerja melindungi tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, kuman atau parasit yang dapat menyebabkan seseorang terserang berbagai penyakit. Untuk itu menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari berbagai serangan penyakit. Adapun upaya yang kita lakukan untuk menjaga selalu kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi asupan nutrisi yang memiliki berbagai kandungan vitamin C, A, asam folat, magnesium,kalium, zat besi,fosfor maupun nutria alin yang terkandung di dalam baik buah-buahan, sayur-sayuran, maupun makanan dari hewani dan nabati yang dapat meningkatkan sisitem kekebalan tubuh. Ada beberapa asupan nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh antara lain :

Buah Jeruk

C:\Users\Asus\Downloads\490391_620.jpg

Semua buah jeruk hampir mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Mengkonsumsi vitamin c sendiri dapt meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. supaya dapat terhindar dari serangan virus, bakteri, kuman penyebab berbagai penyakit. Dalam musim pandemic ini alangkah baiknya anda mengkonsumsi buah jeruk secukupnya supaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Buah Pepaya

C:\Users\Asus\Downloads\364fe1d5-71f0-4a37-965e-ec1622ce5f1e_169.jpeg

Buah papaya merupakan buah yang berwarna orange ini memiliki kandungan banyak nutrisi seperti vitamin C, A, kalium dan akaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh anda supaya dapat mengurnagi peradangan dan melwan berbagai virus, bakteri, maupun kuman penyebab munculnya berbagai penyakit. Meskipun anda menyukai buah papaya ini dan memiliki kaya manfaat tetapi selalu konsumsi dalam jumlah secukupnya saja.

Buah Mangga

C:\Users\Asus\Downloads\8-jenis-mangga-di-indonesia-yang-manis-dan-menyegarkan.jpg

Buah mangga akan kaya nutrisi salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C ini memiliki manfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh anda sehingga dapat melawan atau menghalau serang infeksi dari berbagai ancaman virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit. Sehingga dapat memberikan perlindungan tubuh dari serangan berbagai penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Buah Berry

C:\Users\Asus\Downloads\Ini_Dia_Makanan_yang__Membantu_Mengendurkan_Sa.width-800_naaldv1.jpg

Buah berry seperti strawberry, bluebery juga memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, Vitamin K, asam folat, kalium, dan unsur senyawa lainnya yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga dapat melawan serang infeksi berbahaya bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan system kekebalan tubuh anda.

Yogurt

C:\Users\Asus\Downloads\20190614-yogurt-vicky-wasik-8.jpg

Yogurt adalah hasil olahan susu yang merupakan makanan yang mengandung prebiotik yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Yogurt selain rasanya manis dan enak juga kaya akan nutrisi yang penting buat kesehatan anda, ingat selalu konsumsi secukupnya saja.

Kacang Almond

C:\Users\Asus\Downloads\6-manfaat-kacang-almond-bagi-kesehatan-efektif-turunkan-berat-badan.jpg

Kacang almond merupakan sejenis kacang-kacangan yang memiliki kaya nutrisi untuk kesehatan seperti mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Brokoli

C:\Users\Asus\Downloads\brokoli.width-800.jpg

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sehat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi kandungan dalam brokoli seperti Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E yang baik sebagai zat antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dan meningkatkan system kekebalan tubuh. Brokoli baik dikonsumsi oleh semua orang dari mulai bayi hingga orang tua. karena di dalam brokoli tersebut kaya akan serat serta kandungan nutrisi yang lain baik untuk kesehatan tubuh anda, tetapi meskipun memiliki kaya manfaat ingat selalu konsumsinya jangan dalam jumlah banyak atau berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.

Bayam

C:\Users\Asus\Downloads\bayam-2412.jpg

Siapa sih yang tidka kenal dengan bayam ? sayuran hijau yang kaya serat dan nutrisi yang baik dikonsumsi oleh semua orang dari bayi hingga orang tua. Bayam memiliki serta dan kandungan nutrisi seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, betakaroten, zat besi, magnesium yang berfungdsi dalam mendukung dan meningkatkan system kekebalan tubuh anda.

Jahe

C:\Users\Asus\Downloads\2519229272.png

Mengkonsumsi seduhan air ajahe dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan serta menghangatkan btubuh bila tubuh anda sedang kedinginan. Di dalam jahe mengandung senyawa yang baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh anda. sehingga ketika anda flu mengkonsumsi minuman seduhan air jahe membuat tubuh anda hangat dan tenggorokan menjadi adem, serta dapat meningkatkan system imun anda. ingat jangan konsumsi seduhan air jahe dalam jumlah banyak karena malah akan berdampak negatif ke tubuh anda.

Selamat mecoba dan semoga bermanfaat untuk anda

Dampak Buruk Menjalani Diet Vegan bagi Tubuhmu

C:\Users\Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\tidak-pernah-makan-daging.jpg

C:\Users\Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\tidak-pernah-makan-daging.jpg

Diet dianggap menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kesehatan yang berkualitas. Setiap orang yang melakukan diet tentu punya alasan masing-masing, entah karena mengalami gangguan kesehatan atau hanya ingin memperbaiki penampilan tubuh. Menjalankan diet tidaklah mudah, dibutuhkan konsistensi supaya hasilnya maksimal. Salah satu diet yang terkenal adalah diet vegan.

Diet vegan adalah pola makan yang tidak mengonsumsi semua produk hewani, termasuk daging, susu sapi, dan telur. Banyak orang yang beranggapan bahwa diet vegetarian atau diet vegan merupakan salah satu cara menjalani gaya hidup sehat. Apalagi makanan hewani diketahui menjadi pemicu banyak penyakit. Ketika seseorang menjalaninya dengan benar, maka diet ini bisa mencegah kolesterol tinggi di dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, menurunkan risiko diabetes tipe 2, dan membantu penurunan berat badan.

Saat memilih menjalankan diet vegan, maka kamu hanya mengonsumsi sayuran, buah, dan sumber makanan dari tumbuhan lainnya. Nyatanya, di dalam sumber makanan hewani terkandung berbagai nutrisi, vitamin, dan zat gizi lain yang penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mental dan otak yang tidak tergantikan dari sumber makanan tumbuhan.
diet terbukti menurunkan jumlah lemak jenuh, kolesterol, dan kadar gula darah pada tubuh. Namun sebaliknya, jika dikonsumsi dengan cara yang salah, diet vegan bisa berdampak buruk pada tubuh.

Dampak buruk menjalani diet vegan bagi kesehatan tubuhmu seperti :

1.  Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan protein, sel darah, dan jaringan dalam tubuh. Kebutuhan vitamin B12 harian bisa didapatkan melalui makanan atau suplemen tambahan yang berasal dari hewani.

Vitamin B12 secara alami banyak terkandung dalam ikan, kerang, daging, hati, telur, susu, yoghurt, dan keju. Bila seseorang menjalani diet vegan maka harus menghindari makanan tersebut akan muncul gejala anemia, lemas, gangguan keseimbangan dan kesemutan pada lengan dan kaki. Untuk itu Vitamin B12 penting untuk proses metabolisme, pemeliharaan sistem saraf pusat dan pembentukan sel darah merah.

2.  Kembung dan masalah pencernaan

Alasan untuk masalah perut ini beragam tetapi penyebab paling utamanya karena pola makan yang buruk dan tidak sehat, bahkan menjalani diet salah satunya adalah diet vegan.
makan buah-buahan dan sayuran yang tepat yang dipenuhi dengan mineral, vitamin, dan serat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.  Bila anda tidak memperhatikan pola diet vegan Anda dan mengonsumsi makanan secara tidak teratur dapat merusak sistem dan proses pencernaan

3. Kekurangan protein

Bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik. Akan tetapi, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat agar tubuh tidak kekurangan protein. Kekurangan protein dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan seperti otot menjadi lemah, tekanan darah dan detak jantung menurun, anemia, gangguan pada hati, serta gangguan penyerapan vitamin dan mineral.

4. Kekurangan omega 3

Asam lemak omega-3, umumnya terdapat dalam jenis ikan seperti salmon, dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan mata, dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Untuk mendapatkannya dari bahan makanan nabati seperti rumput laut, biji chia, dan kenari yang semuanya mengandung Omega-3 dalam jumlah cukup banyak. Bila kita kekurangan omega 3 kita dapat terserang penyakit jantung dan penurunan penglihatan mata kita.

5. Kekurangan kalori

Saat kamu melakukan diet vegan, kamu akan mengubah mengkonsumsi makanan dengan produk nabati. Akan tetapi, produk nabati hanya memiliki kepadatan kalori yang lebih rendah daripada makanan yang berasal dari hewani.

Untuk itu kamu harus benar-benar harus memilih makanan dengan volume yang lebih besar untuk mendapatkan semua kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Membatasi diri dari kalori saat Anda sedang menerapkan diet vegan bisa membawa beberapa dampak seperti kelelahan, kekurangan nutrisi dan metabolisme tubuh yang melambat.

6. Kekurangan energi

Sayuran adalah bahan pangan dengan kandungan energi yang sedikit. Untuk mencegah tubuh kekurangan energi, Anda harus mengonsumsi banyak sayuran dan makanan nabati yang dapat menyumbangkan energi. Tetapi bila anda mengkonsumsi daging akan memberikan Anda energi yang diperlukan untuk beraktivitas dan menjalankan fungsi tubuh.

7. Gangguan kesehatan otak

Diet vegan dapat mengarah pada “krisis kolin.” Kolin adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan fungsi lainnya.

Sedangkan kolin biasa ditemukan dalam daging dan unggas. Bagi mereka yang melakukan diet vegan harus mempertimbangkan suplemen

8. Kerontokan rambut

Orang yang tidak pernah makan daging juga berisiko mengalami kekurangan zat besi, vitamin B, dan zinc. Semua nutrisi ini penting untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan asupannya dapat menyebabkan rambut rontok.

Zat besi sebetulnya tersedia pada sayuran berdaun hijau dan kacang yang dikeringkan. Sayangnya, penyerapan zat besi dari sumber nabati lebih sulit dibandingkan dari daging.
Itulah sebabnya orang yang menjalani diet vegan biasanya membutuhkan suplemen besi

9. Kepadatan tulang berkurang

Bila konsumsi daging yang berlebihan disebut-sebut bisa memicu kanker, ternyata konsumsi sayur yang ‘berlebihan’ juga memberikan dampak bagi kesehatan. Mempraktikkan diet vegan perlu berhati-hati dengan aneka risiko kesehatan seperti kepadatan tulang berkurang atau osteoporosis. Pola makan yang kurang tepat dapat memicu kekurangan nutrisi, salah satunya nutrisi untuk tulang seperti protein, vitamin D dan vitamin B12, yang kebanyakan berasal dari daging dan susu.

Nutrisi yang baik untuk tulang tak selalu dipenuhi dengan konsumsi produk susu dan daging. Anda bisa mengonsumsi makanan berbahan dasar nabati demi memperoleh kalsium seperti, tahu, yogurt kedelai, susu kedelai, kale, okra, wijen, jeruk dan kacang merah dalam jumlah banyak. Jika kekurangan nutrisi seperti yang disebutkan di atas akan mengalami tulang yang bermasalah dengan istilah osteoporosis.

10. Risiko alami stroke

Penyakit stroke yang berhubungan dengan diet vegan adalah penyakit stroke hemoragik. Salah satu pembuluh darah arteri dalam otak pecah sehingga memicu pendarahan di sekitar organ. Akibatnya aliran darah pada sebagian otak berkurang atau terputus. Jika fatal, fungsi otak bisa terganggu secara permanen dan terjadi stroke

11. Gangguan kesehatan mental

Kekurangan asam folat dapat memicu munculnya depresi. Asam folat didapat dari sumber pangan hewani paling banyak. Akan tetapi bila seorang diet vegan  tidak mengkonsumsi sumber pangan dari hewani. Untuk itu kekurangan asam folat memicu depresi yang dapat membuat seorang mengalami kesehatan mental.

 

Cara Menngatur Pola hidup Sehat Agar Terjaga Kekebalan Tubuh

C:\Users\Asus\Downloads\anda-sulit-tidur-coba-11-cara-cepat-untuk-tidur-ini-1577767692.jpg

Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kekebalan tubuh Pola hidup sehat ialah suatu segala usaha yang dilakukan manusia untuk menjaga kesehatannya mulai dari asupan nutriasi makanan sampai dengan aktivitasnya demi memperoleh kehidupan yang sehat untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Sedangkan kekebalan tubuh itu sendiri adalah suatu sistem yang bekerja melindungi tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, kuman atau parasit yang dapat menyebabkan seseorang terserang berbagai penyakit. Untuk itu menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari berbagai serangan penyakit. Adapun upaya yang kita lakukan untuk menjaga selalu kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat ke dalam kehidupan sehari-harinya. Berikut beberapa pola hidup sehat untuk menjaga kekebalan tubuh antara lain : Mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran

Untuk mendapatkan sstem kekebalan tubuh yang baik dapat diperoleh salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayur. Buah dan sayur didalamnya kaya akan nutrisi seperti vitamin A, Vitamin,B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, magenesium, kalium, fosfor, asam folat, zat besi, betakaroten, serta lainnya yang dapat bermanfaat untuk menjaga system kekebalan tubuh anda. Untuk itu konsumsilah sayur dan buah yang sehat secara seimbang setiap harinya. Istirahat dan tidur yang cukup C:\Users\Asus\Downloads\anda-sulit-tidur-coba-11-cara-cepat-untuk-tidur-ini-1577767692.jpg Istirahat dan tidur merupakan salah satu upaya memulihkan tenaga dan menormalkan kembali fungsi sistem kerja sel-sel tubuh sehingga dapat meningkat sistem kekebalan tubuh pada manusia. Bila anda mengalami kurang istirahat dan tidur kurang cukup maka tubuh akan gampang terserang berbagai virus penyakit seperti pilek, fl, dan gampang masukan angin.. Apabila terus menerus anda kurang istirahat dan kurang tidura akan memicu penyakit lainnya mulai dari obesitas, jantung serta penyakit lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Lakukanlah Istirahat dan tidur minimal 6-8 jam setiap harinya supaya dengan istirahat dan tidur dengan cukup tubuh akan fit kembali dan terhindar dari berbagai penyakit lainnya. Olahraga yang teratur C:\Users\Asus\Downloads\shutterstock_539919946.jpg Olahraga adalah suatu aktivitas kegiatan dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuhnya sehingga tubuh mengalami metabolisme dengan baik. Manfaat kita berolahraga sangat banyak salah satunya dapat menjaga kesehatan tubuh mulai dari organ tubuh bagian dalam sampai terluar. Karena dengan olahrga membuat aliran darah kita berfungsi normal sehingga bagian organ tubuh mulai dari jantung, ginjal, hati, dan paru-paru sampai dengan kulit berfungsi dengan baik tanpa gangguan, akibantnya tubuh kita menjadi sehat dan terhindari dari berbagai serangan viru, bakteri, dan kuman penyebab penyakit makanya dapat menjaga system kekebalan tubuh. Lakukan olahraga minimal waktu 30 menit setiap hari. contohnya jalan kaki, jogging, bersepeda,dll Menjaga selalu berat badan C:\Users\Asus\Downloads\Jaga_Berat_Badan_Selama_Lebaran_Ini_Tips_dari_Pakar_GiziLAvC4.jpg Jika anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan maka akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke sehingga kesehatan tubuh anda akan terancam. salah satu upaya yang dilakukan anada supaya tidak mengalami berat badan berlebihan sebaiknya selalu mengawasi asupan nutrisi makanan serta pola hidup sehat yang baik serta kurangi kebiasan yang dapat memicu obesitas dan jangan lupa berolahraga yang teratur. Dengan melakukan seperti itu, maka berat badan anda akan terjaga dengan baik. Hindari minuman beralkohol dan rokok C:\Users\Asus\Downloads\shutterstock_533737267-700x467.jpg Didalam rokok dan alcohol terdapat senyawa yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. dengan menghindari rokok maupun paparan asap rokok serta tidk minum alcohol merupakan salah satu hal untuk menjaga kesehatan tubuh anda dari berbagai penyakit berbahaya. Karena bila anda merokok maupun terkena paparan asap rokok serta meminum alcohol tubuh akan mengalami system daya tahan tubuh yang lemah akibatnya banyak serangan virus, bakteri maupun kuman yang gampang masuk ke tubuh anda. Untuk itu sebaiknya anda hindari rokok maupun paparan asap rokok dan alcohol demi menjaga kesehatan tubuh. Hindari pikiran stres C:\Users\Asus\Downloads\shutterstock_693269551.jpg Stres adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tertekan terus menerus sehingga mengalami kecemasan, depresi dan rasa takut. Hal ini akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan yang akan berakibat terserangnya sistem imun yang lemah. Akibatnya berbagai penyakit akan muncul. Untuk bila anda sedang mengalami stress hindarilah dengan cara berpikir positif bahwa segala sesuatu apsti ada jalan dan solusinya serta jangan lupa berdoa kepada Tuhan supaya dapat membantunya. sedangkan cara menghilangkan stress yaitu dengan melakukan kegiatan sederhana cari hiburan seperti menonton video lucu itu dapat mengatsai anda dari rasa stress. Lakukan kebiasaan untuk cuci tangan pakai sabun C:\Users\Asus\Downloads\cuci-tangan-1_99bd206.jpg Melakukan kebiasaan mencuci tangan baik sebelum atau sesudah memegang benda atau mau makan usahakan selalu cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu pola hidup sehat untuk menjaga kekebalan tubuh. Apabila anda habis memegang sesuatu terus benda tersebut ada virus, bakteri atau kuman yang menempel dengan mencuci tangan berarti anda dapat terhindar dan mencegah hal itu masuk ke mulut anda serta dapat terhindari dari berbagi infeksi tubuh. Konsumsi air putih yang cukup C:\Users\Asus\Downloads\makanan_untuk_hipotensi_1.width-800.jpg Di dalam tubuh manusia sebagian besar terisi oleh air. Karena air merupakan sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengaktifkan semua system kerja organ tubuh dengan baik. Bila anda kekurangan air maka tubuh akan dehidrasi, selain itu membuat tubuh anda lemas akibatnya rentan terkena serangan infeksi penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Konsumsilah minuman air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari. Ingat jangan terlalu banyak atau berlebihan juga mengkonsumsi air putih karena hal ini juga dapat berdampak negative ke kesehatan tubuh anda. Konsumsi makanan maupun minuman prebiotik C:\Users\Asus\Downloads\20190614-yogurt-vicky-wasik-8.jpg Makanan yang mengandung prebiotik yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda yaitu yogurt salah satu contohnya. Yogurt selain rasanya manis dan enak juga kaya akan nutrisi yang penting buat kesehatan anda karena terbuat dari olahan susu yang telah disterilkan dan difermentasikan oleh bakteri baik untuk kesehatan pencernaan anda. Ingat selalu konsumsi secukupnya saja. Salam hidup sehat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

13 Cara Mencegah & Atasi Sakit Maag

C:\Users\Asus\Downloads\penyakit_maag.jpg

Sakit maag adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi lambung yang disebabkan oleh manusia telat makan sehingga proses kerja lambung terganggu. Sakit maag ini ditandai dengan rasa nyeri diperut dan tidak nyaman akibat dinding lambung mengalami peradang akibat dari manusia yang telat makan sehingga membentuk luka. Peradangan dan luka lambung ini menyebabkan infeksi akibatnya perut terasa nyeri dan tidak nyaman.

Bagi anda yang belum terkena sakit mag sebaiknya makan secara teratur sesuai jadwal makan dan bagi nada yang sudah terkena sakit maag biar tidak kambuh dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Hindri jenis makanan tertentu

Jenis makanan tertentu disini yaitu jenis makanan atau minuman yang dapat mengiritasi perut seperti makanan pedas, jeruk, dan kopi. Didalam makanan pedas memicu timbulnya iritasi di lambung, sedangkan jeruk mengandung asam yang dapat mengiritasi lambung dan kopi mengandung kafein. bagi anda yang memiliki sakit maag dilarang untuk minum kopi, karena dapat memicu nyeri pada ulu hati.

2. Kurangi berat badan

Bila anda yang mengalami obesitas atau kegemukan memiliki berat badan yang melebihi batas normal. sehingga dapat memicu untuk makan dalam porsi banyak akibatnya tekanan dalam lambung sehingga isi lambung naik keluar lah ini dapat memicu anda untuk sakit maag.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda untuk menjaga selalu berat badan anda supaya normal sehingga kesehatan tubuh pun terjaga dengan baik.

3. Memilih makanan yang tepat

Salah satu cara untuk mencegah sakit maag adalah dengan memilih makanan yang tepat. Mengkonsumsi jenis makanan yang tepat ini seperti sayuran, roti, gandum. Makanan tepat disini maksudnya jenis makanan yang berserat yang lunak dapat dengan mudah diolah oleh lambung.

4. Makan dengan porsi kecil

Bila anda sedang sakit maag cobalah biasakan untuk makan lebih sering dengan porsi kecil atau lebi sedikit tetapi sering. Jika anda biasa makan 3x sehari, maka cobalah untuk makan dengan 5-6 x dalam porsi kecil atau lebih sedikit dalam seharinya. Supaya tidak membuat perut anda enek dan makanan bisa masuk ke mulut lalu dicerna baik oleh lambung

5. Hindari makan hingga terlalu kenyang

Memakan makanan yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, sebab dapat memicu isi lambung naik ke kerongkongan akibatnya mulut akan memuntahkan isi dari makanan tadi. Sebaiknya anda konsumsi makanan secukupnya sesuai porsi orang perut kenyang.

6. Tidak terbaring atau tidur setelah makan

Bila anda setelah makan lalu langsung tidur, maka asam lambung akan lebih mudah naik kerongkongan sehingga dapat memicu nyeri ulu hati, sebab setelah makan maka produksi asam lambung akan meningkat. Untuk itu sebaiknya anda hindari bila ingin istirahat dan tidur tunggulah 1 jam supaya asama lambung dapat turun kembali.

7. Sajikan makanan dengan benar

Bila anda ingin menyajikan makanan, maka pilihlah makanan  jika dimasak menggunakan banyak cabai, lada, bawang-bawang, atau cuka, dan olahlah dengan cara dikukus atau direbus supaya tidak  akan memicu munculnya gejala maag. Untuk itulah, cara Anda mengolah makanan dengan benar termasuk salah satu cara untuk mencegah sakit maag.

8. Hindari alkohol

Didalam alcohol terdapat kandungan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi alcohol dapat memicu iritasi pada lambung sehingga dapat memproduksi asam lambung meningkat akibatnya akan terkena sakit maag. Bila anda ingin memiliki tubuh sehat sebaiknya hindari alkohol

9. Hindari rokok

Kandungan nikotin dalam rokok sangat berbahaya oleh kesehatan tubuh termasuknya lambung, karena dapat memicu naiknya asam lambung sehingga dapat terkena sakit maag. Untuk itu hindari merokok atau paparan asap rokok juga, Karen hal ini juga tidak baik untuk kesehatan anda.

10. Kelola stress dengan baik

Stres merupakan kondisi pikiran merasa tertekan oleh sesuatu masalah akibatnya akan muncul perasaan takut, malu, khawatir, bahkan depresi. Bila anda stress berlarut-larut menjadi males untuk makan, akibatnya dapat memicu sakit maag. Untuk itu hindari stress dan kelola dengan baik melalui lewat kegiatan yang anda sukai supaya sejenak dapat menyegarkan kembali isi pikiran anda. Contohnya menonton acara TV komedi dan film lucu lainnya.

11. Jangan kebanyakan minum air putih

Air merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh. Jangan lantaran mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau berlebihan, sebab nanti akan memicu kekenyangan pada perut akibatnya akan ada tekanan besar di perut yang dapat menimbulkan anda sakit maag setelah makan. Cukuplah konsumsi air putih secukupnya minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

12. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat pereda nyeri seperti obat anti inflamasi non steroid akan memiliki efek sampingnya yaitu membuat lambung dapat memproduksi asam lambung yang meningkat akibatnya memicu nyeri ulu hati.

13. Hindari penggunanaan pakaian atau celana atau aksesoris ketat

Bila anda terbiasa menggunakan pakaian atau celana atau aksesori yang terlalu ketat, maka area di sekitar perut dan pinggang akan memicu kram pada perut karena disebabkan oleh tekanan yang lebih besar akibatnya asam lambung naik.

Semoga bermanfaat

Bahaya Konsumsi Mentimun Berlebihan

C:\Users\Asus\Downloads\Manfaat Mentimun untuk Kesehatan 7CaraKesehatan.Com.jpg

Mentimun adalah jenis sayuran mengandung air yang tinggi dengan berbentuk panjang berwarna hijau memiliki kandungan nutrisi dan rendah kalori. Banyak orang yang menyukai mentimun dengan cara mengkonsumsinya langsung buat lalapan maupun diolah menjadi masakan. seperti acar mentimun. Selain kaya air dan memiliki nutrisi serta rendah kalori baik dikonsumsi oleh siapa saja, tetapi bila anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat berfungsi menurunkan darah tinggi. Akan tetapi sebaliknya bila anda mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi dapat berbahaya. Untuk itu konsumsi mentimun secukupnya jangan berlebihan. Karena bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan bukannya bermanfaat malah dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh anda.

Adapun dampak negatif mengkonsumsi mentimun berlebihan bagi kesehatan tubuh antara lain:

Dapat kehilangan cairan tubuh berlebihan

Mentimun memiliki kandungan bahan diuretik yang dapat berfungsi untuk mengikat cairan tubuh, akan tetapi bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan kandungan bahan diuretik ini dapat memicu untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh akibatnya anda bisa dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh berlebihan. Hal ini akan berbahaya untuk kesehatan tubuh anda. Bila anda menyukai konsumsi mentimun sebaiknya jangan berlebihan.

Sering Buang air kecil

Mentimun memang kaya akan kandungan air yang tinggi, hal ini baik dikonsumsi untuk oengganti dehidrasi tubuh, tetapi apabila anda mengkonsumsi mentimun maka kandungan air di dalamnya akan berpengaruh juga terhadap saluran kandung kemih menyebabkan buang air kecil terus menerus.

Membuat perut kembung

Mentimun memiliki kandungan curcubitan dan kandungan air yang cukup tinggi makanya bila anda memiliki masalah dalam saluran penecernaan sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau berlebihan. Hal ini akan memicu perut anda menjadi kembung dan enek. Ingat selalu konsumsinya dalam jumlah secukupnya atau seperlunya saja bila ingin mengkonsumsinya.

Kelebihan Vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam mentimun sangat tinggi memiliki manfaat bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bukan berarti mentimun tidak berbahaya jika dikonsumsi terus menerus secara berlebihan. Malah bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan akan memicu kandungan vitamin C dalam dosis yang tinggi pula serta dapat menyebabkan penyebaran radikal bebas bagi kesehatan anda. Hal ini justru akan membahayakan kondisi tubuh anda gampang terserang berbagai penyakit.

Kesehatan jantung terganggu

Mentimun memiliki kandungan air yang banyak. Bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan, berarti tubuh anda akan terisi volume air yang banyak sehingga asupan air yang terlalu tinggi di tubuh anda dapat mempengaruhi kerja darah melambat menuju jantung akibatnya jantung mengalami gangguan.

Memicu terjadinya nyeri ulu hati

Kandungan senyawa yang terdapat dalam mentimun dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung sehingga dapat menyerang ulu hati. Untuk itu sebaiknya anda konsumsi mentimun secukupnya kebutuhan jangan kerena menyukai mentimun anda memakannya dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan berpengaruh memicu berbagai penyakit kesehatan tubuh.

Dapat menyebabkan sinusitis

Mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan akan memicu ketidak seimbangan elektrolit ditubuh dari kandungan air yang didalam mentimun, akibatnya anda dapat mengalami sakit kepala dan sakit pernapasan. Hal ini sangat berbahaya bagi anda pengidap sinusitis atau penyakit pernapasan, untuk itu sebaiknya bila ingin mengkonsumsi mentimun secukupnya saja jangan berlebihan.

Meskipun mentimun mempunyai manfaat juga, akan tetapi bila anda mengkonsumsi makanan atau buah-buahan atau sayuran dalam jumlah yang banyak akan memicu berbagai penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Ingat selalu mengkonsumsi apapun dalam kadar secukupnya atau seperlunya saja.

Nutrisi yang Tepat untuk Perkembangan Kecerdasan Otak Si kecil

C:\Users\Asus\Downloads\pentingnya-nutrisi-untuk-perkembangan-anak-EQD-thumb.jpg

Buah hati merupakan hasil keturunan dari pasangan yang berupa seorang anak. Memiliki anak yang sehat dan cerdas dambaan semua orang tua. Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua supaya memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah dengan memberikan berbagai upaya mulai dari asupan nutrisi sampai pola asuh dan didikannya. Kecerdasan anak didapat bukan hanya dari keturunan orang tuanya tetapi harus ditunjang dengan asupan nutrisi yang tinggi yang mendukung kecerdasan otaknya. Asupan nutrisi yang tinggi merupakan salah satu faktor pendorong pembentukan dan perbaikan sel-sel otak anak. Berikut beberapa asupan nutrisi makanan untuk perkembangan kecerdasan otak antara lain :

Asam folat ( vitamin B9)

Asam folat (Vitamin B9) merupakan suatu senyawa yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kemampuan daya ingat serta meningkatkan kemampuan pengetahuan seseorang. Asam folat dapat ditemukan dari jenis makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, hati dan makanan laut. Asam folat ini bagus untuk kecerdasan otak si kecil, untuk itu sebaiknya bunda memberikan asupan nutrisi makanan tersebut setiap harinya.

Kandungan omega 3

Omega 3 merupakan senyawa dari makanan yang dapat berperan penting dalam memperbaiki jaringan sel dan perkembangan otak. Kandungan Omega 3 dapat diperoleh dari contoh makanan seperti makanan laut, telur, kacang-kacangan,dll.

Bagi anda memiliki si kecil sebaiknya konsumsi makanan tersebut yang mengadnung omega 3 karena ini sangat bagus untuk mendukung kecerdasan si kecil.

Protein

Protein merupakan senyawa dari nutrisi makanan yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak. Potein bisa didapat dari sumber makanan seperti telur, daging, susu, dan keju. Untuk meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak secara optimal bunda dapat memberikan asupan nutrisi makanan yang mengandung protein.

Zink dan Zat Besi

Zink ialah zat senyawa yang terkandung dalam makanan yang berfungsi untuk memperbaiki sel otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Zink dapat ditemukan pada jenis makanan seperti daging, buah-buahan dansayur hijau. Bagi anda bunda memiliki si kecil wajib mencoba jenis sumber makanan ini karena bik untuk mendukung kecerdasan si kecil

Antioksidan

Antioksidan dapat ditemukan dalam vitamin E dan C yang dapat berfungsi untuk kecerdasan otak seperti meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat sehingga dapat mencegah pikun. Antioksidan dapat ditemukan pada jenis makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan. contohnya apel, pir, pisang, mangga, brokoli, tomat, dll

Asam amino

Asam amino ialah komponen organic pemebnetuk protein yang berfungsi untuk memperbaiki dan membantu perkembangan jaringan supaya dapat diolah menjadi sumber energy bagi tubuh. Asam amino dapat ditemukan apa jenis makanan seprti telur, daging

Yodium

Yodium adalah senyawa yang terdapat di dalam garam yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak seseorang supaya dapat meningkatkan daya ingat. Bila ada seseorang kekurangan yodium maka akan mengalami kerusakan mental dan otaknya. dan sebaliknya bila kelebihan yodium juga berpengaruh buruk juga bagi kesehatan tubuh.

Jika anda bunda memiliki si kecil guna supaya memilki kecerdasan otak yang optimal dapat ditunjang dengan asupan nutrisi yodium dan ingat selalu menggunakan secukupnya. Yodium dapat ditemukan pada garam.

Vitamin B, C, D, E

Vitamin B merupakan senyawa dari jenis makanan hewani dan olahan produk makanan hewani yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak. Vitamin B dapat ditemukan pada jenis mankanan seprti ayam, daging, ikan, telur, susu,yogurt dan keju.

Sedangkan viytamin C dapat berfungsi meningkatkan system kekebalan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak juga. contoh makanan yang mengandung vitamin C seperti mangga, jeruk, jambu, papaya, tomat, dll

Vitamin D didapat dari sumber sinar matahari dan jenis makanan seperti ikan, susu. Fungsi vitamin D adalah berperan dalam pembentukan tulang dan perkembangan otak anak.
vitamin E berperan penting untuk melindungi otak dari kerusakan sehingga struktur dan fungsi otak tetap terjaga. Contoh nutrisi makanan mengandung vitamin E yaitu kacang kedelai, minyak sayur, dan sereal.

Kekurangan vitamin E dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak, misalnya penurunan daya ingat, pikun, dan penyakit Alzheimer.

Sumber karbohidrat kompleks

Sumber karbohidrat kompleks dapat berperan untuk sumber pemasok bahan bakar untuk otak. Sumber karbohidrat kompleks bisa anda ditemukan pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, beras merah. Bagi bunda bila menginginkan si kecil sehat dan memilki kecerdasan otak boleh dicoba untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Dengan memberikan nutrisi penting untuk kecerdasan otak si kecil dapat menjadi pendukung kinerja otaknya supaya anak dapat dengan mudah mengingat apa yang sedang merak pelajari. Akan tetapi kecerdasan juga ditunjang juga dengan faktor belajar supaya mendapatkan stimulus untuk merangsang kecerdasan otaknya sehingga tidak hanya dengan asupan nutrisi makanan yang sehat dan bergizi.