Beranda Penyakit 8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut

8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut

Gigi yang terasa cenat-cenut bukanlah perkara mudah yang bisa anda tahan dalam jangka panjang, terutama jika memiliki beragam aktivitas yang membutuhkan fisik maupun otak. Bagaimana tidak, sakit gigi tidak hanya menyerang area mulut saja, melainkan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya dimulai dari sakit kepala hingga meriang.

8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut

Untuk mengatasinya pun tidak begitu mudah, karena pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dahulu akar dari munculnya ketidaknyamanan tersebut. Dengan begitu, anda pun bisa mengetahui cara tercepat mengobati sakit gigi yang mungkin tengah anda derita saat ini.

Jika rasa sakit tersebut terjadi selama lebih dari 2 hari, pastikan anda mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang lebih layak dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai.

Tetapi jika sakit gigi tersebut masih terbilang baru (kurang dari 2 hari), mungkin beberapa cara di bawah ini bisa membantu anda. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi sakit gigi dengan cara alami.

  1. Air Garam

Bagi kebanyakan orang, air garam bisa menjadi pengobatan pertama yang bisa mereka gunakan secara efektif. Faktanya, air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi anda.

Dengan berkumur air garam, anda pun bisa mengobati sakit gigi dengan cara mengurangi peradangan yang tengah terjadi di sana sekaligus menyembuhkan luka di mulut secara alami.

Air garam juga dikenal sebagai agen anti-bakteri alami yang dapat mengurangi inflamasi, dengan begitu mampu menjaga gigi anda dari kerusakan akibat infeksi. Untuk menggunakan cara ini, anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.

  1. Hidrogen Peroksida

Periodontitis merupakan infeksi gusi serius yang umumnya terjadi akibat kebersihan mulut yang sangat buruk. Kondisi ini kemudian akan berkembang menjadi sakit gigi, gusi berdarah, dan gigi yang lepas dari soketnya.

Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Untungnya hidrogen peroksida bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan yang tengah menyerang gigi anda. Di tambah lagi, cara ini bisa membunuh bakteri, mengurangi plak di mulut, serta mengobati gusi yang berdarah.

Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Bahkan dalam sebuah penelitian di tahun 2016 menemukan bahwa dengan berkumur menggunakan hidrogen peroksida, maka mampu membantu mengurangi plak dan gejala periodontitis.

Tetapi pastikan anda mengencerkan hidrogen peroksida sebelum digunakan. Caranya, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan bagian air yang sama dan gunakanlah sebagai obat kumur. Hindari juga menelan campuran cairan ini karena bisa mendatangkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Untuk alasan inilah, campuran cairan hidrogen peroksida tidak dianjurkan bagi anak-anak karena mereka beresiko menelannya secara tidak sengaja.

  1. Kompresan Dingin

Anda juga dapat menggunakan kompresan dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang tengah anda alami saat ini, terutama jika gangguan tersebut disebabkan karena adanya trauma di gigi.

Ketika ditempelkan di pipi anda, kompresan dingin ini akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menjadi mengerut, sehingga rasa sakit pun akan berkurang. Suhu dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan di gigi anda.

Untuk menggunakan cara ini, anda bisa tempelkan handuk dingin di area yang terkena selama 20 menit. Ulangi terus cara ini setiap beberapa jam sekali.

  1. Teh Celup Peppermint

Jika anda pecinta minuman herbal, sekali-kali cobalah memilih teh celup peppermint sebagai bagian dari pola makan anda. Karena selain rasanya yang enak dan menyegarkan, teh peppermint pun bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit gigi sekaligus menenangkan gusi yang sensitif.

Dengan menghirup atau menghisap teh celup peppermint, rasa sakit gigi anda pun bisa diatasi sementara, sehingga cocok digunakan sebagai obat P3K. Para peneliti sendiri menuliskan bahwa peppermint memang mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan, terutama bahan aktifnya bernama mentol bisa memberikan efek mati rasa pada area yang sensitif.

Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat luar, yaitu dengan mendinginkan teh celup tersebut ke dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian tempelkan langsung ke gigi anda.

  1. Bawang Putih

Selama ribuan tahun lamanya, bawang putih telah dikenal sebagai bagian dari pengobatan tradisional yang sangat ampuh dalam melawan berbagai macam penyakit. Tidak hanya mampu membunuh bakteri berbahaya penyebab plak di gigi anda, sayuran ini pun bisa berperan sebagai pereda nyeri.

Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Allicin merupakan senyawa utama yang terdapat dalam bawang putih, yang mana memiliki efek antibakteri ampuh sehingga membantu membunuh bakteri di mulut penyebab gigi berlubang dan sakit gigi.

Untuk menggunakannya, tumbuk halus bawang putih untuk dijadikan sebagai pasta dan tempelkan di area yang telah terkena. Kombinasikan dengan sedikit garam agar memberikan hasil yang lebih efektif.

  1. Cengkeh

Catatan sejarah menyebutkan bahwa cengkeh telah banyak digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit gigi, dikarenakan kandungan minyaknya yang secara efektif mampu mematikan rasa sakit sekaligus mengurangi peradangan. Salah satu senyawa yang paling mendukung efek ini disebut sebagai eugenol yang berperan sebagai antiseptik.

Eugenol juga berperan sebagai analgesik yang bisa mematikan rasa sakit di area gigi anda. Tetapi perlu dicatat bahwa cengkeh yang dibakar (kebiasaan merokok) tidak termasuk ke dalam jenis pengobatan yang satu ini.

Untuk menggunakan langkah ini, pertama oleskan sedikit minyak cengkeh ke permukaan bola kapas, kemudian oleskan ke area yang telah terkena. Anda juga boleh mengencerkan minyak cengkeh dengan mencampurkan beberapa tetes ke dalam minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau air. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari hingga sakit mereda.

Adapun cara yang lebih sederhana adalah dengan mencampurkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air untuk digunakan sebagai obat kumur.

  1. Daun Jambu Batu
Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Selain berfungsi sebagai obat untuk mengatasi diare, daun jambu batu pun ternyata memiliki efek anti-radang yang bisa membantu mengobati luka dikarenakan kandungan antimikroba yang dimilikinya. Dengan begitu, daun jambu batu pun secara otomatis bisa anda gunakan sebagai perawatan mulut anda.

Anda bisa mengunyah daun jambu batu secara langsung selama beberapa menit asalkan tidak ditelan. Jika tidak mampu melakukannya, anda pun boleh menambahkan daun jambu batu yang telah ditumbuk halus ke dalam air mendidih untuk digunakan sebagai obat kumur.

  1. Obat OTC
Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Obat-obatan yang bebas dijual di warung atau OTC (over the counter) bisa digunakan sebagai langkah terakhir dan tercepat untuk mengatasi sakit gigi yang belum parah. Beberapa jenis yang bisa anda pilih misalnya acetaminophen atau ibuprofen.

Tetapi pastikan anda memperhatikan dosis yang harus dikonsumsi, terlebih jika sakit gigi tersebut tidak kunjung sembuh atau malah lebih parah. Obat-obatan OTC sebenarnya hanya digunakan untuk meredakan rasa sakit saja dan ditujukan sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan.

Rasa sakit yang terus membandel masih tetap mengharuskan anda mendatangi dokter gigi untuk diperiksa agar mendapatkan perawatan yang lebih layak dan tepat.

Must Read