Beranda Parenting Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Gigi anak akan tumbuh dan matang ketika mereka mencapai dewasa. Dalam proses itu, perawatan kesehatan mulut harus dijaga agar tidak terkena atau memiliki penyakit gigi.

Anda tidak harus menunggu sampai anak Anda tumbuh hingga dua puluh gigi untuk mengajar anak Anda cara merawat gigi Anda. Anda harus mengajari anak Anda kebiasaan baik untuk membantu dia melindungi gigi mereka.

Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Berikut Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Hal pertama yang harus orang tua ajarkan kepada anak-anak mereka adalah membentuk kebiasaan kebersihan mulut. Ketika gigi pertama tumbuh, anak-anak perlu menyikat mereka dengan lembut dengan sikat gigi kecil dan lembut dengan pasta gigi berfluoride.

Mulai usia 2, orang tua mulai menyikat gigi dengan sikat gigi anak dan pasta gigi fluoride tidak lebih besar dari kacang polong. Orangtua harus mengawasi tugas-tugas penting mereka sampai mereka berusia 6 tahun sehingga mereka dapat menyikat gigi mereka secara efektif. Anak-anak harus menyikat gigi mereka sebelum tidur dan tidak makan makanan atau minuman apa pun, kecuali untuk air putih/mineral, sampai keesokan paginya.

Orangtua harus memeriksa persediaan air di rumah untuk menentukan apakah ada air berfluoride. Fluidasi dalam air mengurangi pembusukan gigih pada anak-anak dan orang dewasa. Anda juga dapat berbicara dengan dokter gigi Anda tentang alternatif seperti pasta gigi yang tepat.

Kurangi makanan gula

Gula makanan adalah salah satu penyebab utama penyakit gigi seperti kerusakan gigi pada anak-anak dan orang dewasa. Bakteri di mulut biasanya memakan gula dan menyebabkan kerusakan asam pada gigi Anda. Ketika gigi sering terkena makanan manis atau cair (seperti jus) untuk waktu yang lama, risiko kerusakan gigi meningkat secara signifikan. Orangtua tidak boleh memberi anak jus atau susu sebelum tidur. Jika perlu, orang tua hanya memberi anak sebotol air untuk tidur lebih baik.

Info Terkait:   8 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi yang Cenat-Cenut
Info Terkait:   3 Efek Negatif Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Dini

Banyak orang tua berpikir bahwa jus adalah minuman sehat setiap hari, tetapi dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi pada anak-anak. Karena itu, orang tua hanya boleh memberi anak minum gula saat makan, sebaiknya tidak minum setelah menyikat.

Rutin Temui dokter gigi

Anak-anak harus menjalani pemeriksaan medis pada usia satu tahun dan kemudian secara berkala. Perawatan gigi secara rutin dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Dokter gigi anak atau dokter gigi umum akan menginstruksikan Anda bagaimana mencegah masalah gigi dengan memeriksa rongga di gigi anak dan mengamati isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan. Dokter gigi Anda dapat merekomendasikan penggunaan sealant gigi dan fluoride untuk melindungi gigi anak Anda.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Tips mengajari anak untuk merawat gigi, semoga dengan adanya informasi ini, Anda dapat membantu anak untuk merawat kesehatan gigi dengan lebih baik.

Must Read