Beranda Tips Kesehatan 6 Manfaat Sehat Mangga Ini Membuatnya Mendapati Julukan Raja Buah

6 Manfaat Sehat Mangga Ini Membuatnya Mendapati Julukan Raja Buah

Negara kita Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara paling beruntung karena memiliki buah mangga yang begitu melimpah dengan harga yang murah. Pasalnya, di beberapa negara bagian sana, tidak semua orang mampu menikmatinya setiap saat karena harganya yang cenderung mahal.

6 Manfaat Sehat Mangga Ini Membuatnya Mendapati Julukan Raja Buah

Sebut saja negeri Sakura yang rata-rata membandrolnya dengan harga jutaan rupiah per 3 buah mangga. Jadi tak heran jika di Jepang hanya segelintir orang saja yang mampu menikmatinya dan dianggap sebagai buah mewah yang eksotis.

Dikenal juga sebagai raja buah, mangga berasal dari India dan Asia Tenggara yang telah dikonsumsi semenjak lebih dari 4 ribu tahun yang lalu. Selain itu, banyak sekali jenis buah mangga yang bisa kita nikmati hampir sepanjang tahun dengan tekstur, rasa, ukuran, dan warna yang berbeda.

Kelebihan buah mangga tentunya tidak berhenti sampai di sana, karena menurut penelitian buah ini memiliki berbagai macam nutrisi dan segudang manfaat. Menurut USDA, dari buah mangga dengan berat 165 gram saja sudah mengandung sejumlah nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 99
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 24,7 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Vitamin C: 67% AKG
  • Tembaga: 20%
  • Folat: 18%
  • Vitamin B6: 11,6%
  • Vitamin A: 10%
  • Vitamin E: 9,7%
  • Vitamin B5: 6,5%
  • Vitamin K: 6%
  • Niasin: 7%
  • Kalium: 6%
  • Riboflavin: 5%
  • Mangan: 4,5%
  • Tiamin: 4%
  • Magnesium: 4%

Dengan jumlah nutrisinya yang sangat melimpah, tak heran jika buah mangga termasuk ke dalam jenis makanan tersehat yang pernah ada. Ditambah lagi anda masih bisa mendapatkan sejumlah kecil dari fosfor, asam pantotenat, kalsium, selenium, dan zat besi.

Jika anda mampu mengonsumsinya secara teratur, tentunya bisa mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Adapun beberapa manfaat dari buah mangga sudah kami jelaskan di bawah ini secara lengkap.

  1. Meningkatkan Antioksidan Dalam Tubuh
Info Terkait:   Wajib Tahu! 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Buah mangga merupakan sumber akan polifenol, yaitu senyawa tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan, yang kemudian dibagi lagi ke dalam berbagai macam jenis yang berbeda termasuk mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, asam benzoat, dan masih banyak lagi.

Info Terkait:   Wajib Tahu! 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Antioksidan sendiri sangatlah penting dalam menjaga sel-sel anda dari radikal bebas yang merusak, yaitu senyawa reaktif yang mampu mengikat dan merusak sel-sel anda secara membabi buta.

Bahkan penelitian sendiri telah mengaitkan antara radikal bebas dan tanda-tanda penuaan serta penyakit kronis. Untungnya, diantara jenis polifenol tersebut, mangga memiliki senyawa mangiferin yang dikenal sebagai “antioksidan super” dalam melawan efek negatif tersebut.

Tes tabung dan penelitian terhadap binatang juga bahkan telah menemukan bahwa mangiferin mampu melawan radikal bebas yang mengarah pada kanker, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dikarenakan dari 165 gram mangga saja sudah mengandung 10% kebutuhan vitamin A harian anda, maka ia juga mampu meningkaktan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih efektif dalam melawan infeksi. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan vitamin A maka anda pun rentan terkena infeksi.

Ditambah lagi, buah mangga bisa memberikan vitamin C hampir tiga perempat dari kebutuhan harian anda, yang mana vitamin ini akan membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel darah putih pelawan penyakit, sehingga akan lebih efektif dalam meningkatkan ketahanan kulit anda dari penyakit.

Jenis nutrisi lainnya seperti folat, vitamin K, vitamin E, dan beberapa jenis vitamin B yang ada dalam buah mangga juga turut serta dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan berbagai macam cara.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Selain vitamin, buah mangga juga menawarkan sejumlah mineral seperti magnesium dan kalium yang dapat membantu menjaga agar denyut nadi anda tetap normal dan sehat, pembuluh darah anda tetap rileks, serta mendukung penurunan tekanan darah tinggi.

Info Terkait:   Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Selain itu, sejenis polifenol yang disebut mangiferin juga ikut serta dalam menjaga sel-sel jantung terhadap peradangan, stres oksidasi, dan apoptosis, sembari menurunkan kolesterol dalam darah, trigliserida, serta kadar asam lemak bebas.

Tentunya semua efek tersebut akan mempengaruhi jantung anda secara langsung menjadi lebih sehat dan kuat, sehingga anda pun bisa terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

Info Terkait:   Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Menjaga jantung tentunya sangatlah penting dilakukan karena telah menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini pun bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia, ras, maupun jenis kelamin, terutama jika anda memiliki gaya hidup dan pola makan yang buruk.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat makanan dalam buah-buahan – termasuk buah mangga – mampu menjaga agar sistem pencernaan kita tetap sehat. Tetapi jarang orang tahu jika enzim yang bernama amylases dalam buah manggalah yang menjadi faktor terpenting dari efek menguntungkan yang satu ini.

Amylases tersebut bertugas dalam memecah karbohidrat kompleks menjadi gula, seperti glukosa dan maltose. Enzim ini lebih aktif dan tersedia pada buah mangga yang matang, itulah sebabnya semakin matang buah mangga maka akan semakin terasa manis.

Ditambah lagi, buah mangga mengandung air dan serat dalam jumlah yang sangat besar. Kedua kandungan tersebut bisa membantu mengatasi masalah pencernaan yang mungkin tengah anda alami saat ini, terutama konstipasi dan diare.

Misalnya, dalam sebuah penelitian selama 4 minggu terhadap orang dewasa penderita konstipasi kronis menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah mangga setiap hari maka bisa meredakan gejala konstipasi secara lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung serat.

  1. Mendukung Kesehatan Mata

Terdapat dua jenis kunci antioksidan penting dalam buah mangga bagi penglihatan anda, yaitu lutein dan zeaxanthin. Keduanya sangatlah terakumulasi di retina mata, terutama bagian tengahnya yang kita sebut sebagai makula.

Info Terkait:   Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin tersebut akan bertindak sebagai tabir surya alami yang menyerap cahaya berlebih, seperti sinar ultraviolet maupun cahaya biru dari gadget yang mungkin tengah anda pegang saat ini.

Selain itu, mengonsumsi buah mangga juga bisa meningkatkan kadar vitamin A dalam tubuh anda. Vitamin ini telah terkenal akan kemampuannya dalam mendukung kesehatan mata yang optimal.

Jadi tak heran jika tubuh kita kekurangan vitamin A, maka akan beresiko terkena kekeringan mata hingga rabun senja. Pada tingkat parah, gangguan mata pun akan berkembang menjadi lebih serius, dimulai dari jaringan parut kornea hingga kebutaan permanen.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
Info Terkait:   13 Manfaat Pare Untuk Kesehatan: Si Pahit yaag Kaya Fungsinya

Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah mangga juga bisa mempromosikan kesehatan rambut dan kulit anda secara alami. Vitamin ini sangatlah penting dalam membuat kolagen, yaitu sejenis protein yang bertugas dalam memberi struktur pada kulit dan rambut anda, serta menjaga agar kulit anda tetap kenyal dan memperlambat efek penuaan.

Vitamin A yang dimilikinya juga berperan dalam mendorong pertumbuhan rambut dan produksi sebum, atau cairan yang bertugas dalam melembabkan kulit kepala agar terhindar dari rambut kering dan rapuh.

Must Read