Beranda Kehamilan 7 Tips Perawatan Kulit Wajah untuk Bumil

7 Tips Perawatan Kulit Wajah untuk Bumil

Kehamilan merupakan momen yang spesial bagi wanita. Naik turunnya hormon ketika sedang mengandung membuat kulit kebingungan sehingga problema seperti jerawat, kulit kering, flek hitam, sampai bruntusan pun muncul tiba-tiba. Untuk itu, kebanyakan wanita yang tengah hamil akan melakukan segala hal yang terbaik selama hamil dan melahirkan.

Beberapa jenis perawatan kulit yang masih bisa dilakukan oleh ibu hamil, antara lain:

Rutin membersihkan kulit wajah harian

Secara umum, mencuci wajah sehabis memakai make up sehari-hari masih diperbolehkan. Asal, Anda menggunakan produk yang bebas dari kandungan kimia yang keras untuk ibu hamil atau produk kosmetik aman ibu hamil. Seperti kosmetik yang bebas Paraben dan bebas alkohol. Lakukan pembersihan wajah setidaknya 2 kali setiap hari, yaitu pada pagi hari sebelum beraktivitas serta malam hari sebelum tidur.

Perawatan menghilangkan jerawat

Banyak wanita mengalami jerawat selama kehamilan. Pada kehamilan trimester pertama dan kedua, kulit lebih mudah berjerawat karena peningkatan hormon androgen yang memicu produksi kelenjar minyak.

Jerawat yang muncul saat kehamilan hanya bersifat sementara dan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan hormon yang kembali normal usai melahirkan. akan tetapi dapat dihilangkan dengan cara alami seperti madu dapat menenangkan kulit yang meradang. Untuk mengobati jerawat saat hamil, basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit.

Perawatan wajah

Bolehkah ibu hamil melakukan perawatan wajah? Jawabannya, tentu saja boleh. Namun, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan. Terutama, dari segi pemilihan bahan-bahan kimia yang digunakan dalam perawatan wajah untuk ibu hamil. Seperti menghindari zat-zat yang berbahaya seperti retinoid, Paraben, merkuri, Hydroquinone. Karena bahan-bahan tersebut bisa membahayakan janin dan ibu hamil.Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter sebelum memilih produk perawatan wajah

Info Terkait:   Jangan Digaruk! 4 Tips Atasi Gatal Di Perut Dan Payudara Untuk Ibu Hamil
Info Terkait:   9 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Perawatan anti penuaan atau kerutan

Untuk perawatan anti penuaan dini atau kerutan menggunakan krim malam yang bebas retinol karena retinoid bisa menyebabkan gangguan perkembangan embrio jika digunakan selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena sifat retinoid terlalu keras.
Retinol atau retinoid banyak ditemukan pada krim anti-aging yang umumnya juga ditemukan pada krim malam. Untuk itu, bunda wajib memilih produk krim malam tanpa retinol. Sebab, menggunakan krim malam adalah hal yang wajib. Saat malam hari, kulit akan beregenerasi dan pemakaian rutin krim malam yang aman akan membantu mempercepat proses pembentukkan sel-sel baru.

Perawatan kulit kering dan strech Mark

Selama kehamilan banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil.kehamilan kerap membuat kulit menjadi lebih kering karena perubahan kadar hormon bunda mempengaruhi kadar minyak dan kelenturan kulit. Untuk mengatasi kulit kering selama hamil dari dalam, dapat dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan cairan  tubuh dan asupan nutrisi yang baik untuk bunda dan janin.

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 sampai 12 gelas setiap harinya, hal ini dilakukan juga guna menghindari terjadinya dehidrasi. Selain itu konsumsi sayur dan buah. Sedangkan untuk menjaga kelembaban pada kulit wajah bagian luar pakailah rangkain sabun wajah maupun kosmetik yang aman dan bebas dari zat bahan kimia.

Perlindungan dari sinar matahari

Saat hamil, kulit memang akan jadi lebih sensitif sebab pH nya tak lagi seimbang. Akibatnya, kulit bunda bisa jadi terlalu kering atau justru terlalu berminyak. Untuk mengatasi hal ini, pelembab adalah salah satu solusinya.

Krim pelembab wajah dapat membantu menetralkan pH kulit wajah selama beraktivitas sehari-hari, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan untuk membuat kulit tetap sehat dan terawat selama kehamilan serta untuk melindungi dan melembabkan kulit secara menyeluruh dari bahaya sinar UVA/UVB yang bisa menyebabkan melasma atau mask of pregnancy. Maka bunda pakailah pelembab maupun suncreen yang mengandung SPF 25 PA+++ .

Info Terkait:   7 Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil
Info Terkait:   Jangan Digaruk! 4 Tips Atasi Gatal Di Perut Dan Payudara Untuk Ibu Hamil

Lakukan perawatan alami dengan uap air

Tuangkan air mendidih ke dalam baskom atau wada besar sampai setengah penuh. Lalu, arahkan wajah bunda ke atas permukaan wadah tersebut. Uap air panas akan membantu membuka pori-pori kulit bunda dan mengeluarkan kotoran di dalamnya agar tidak tersumbat.

Meningkatnya beberapa hormon pada masa kehamilan dapat menimbulkan beragam masalah pada kulit wajah. Untuk mengatasinya, bumil perlu cermat dalam memilih produk dan jenis perawatan. Jangan sampai memakai bahan atau perawatan yang dapat membahayakan janin, atau berisiko menimbulkan cacat lahir. Untuk itu sebelum merawat wajah bagi bumil disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter.

 

Must Read