Beranda Tips Kesehatan Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh penduduk dunia. Selain rasanya enak dan mudah didapatkan dengan jumlah yang melimpah, buah yang menjadi favorit binatang monyet ini pun siap memberikan anda beragam nutrisi dan manfaat kesehatan.

Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Buah pisang kebanyakan tumbuh di negara tropis, terutama Asia Tenggara. Ukurannya pun sangatlah beragam, tergantung dari jenisnya. Tetapi meskipun memiliki varietes yang berbeda, sebagian besar buah pisang hampir memiliki nutrisi yang sama dengan kadar yang berbeda.

Menurut USDA sendiri, satu buah pisang berukuran sedang (118 gram) memiliki sejumlah nutrisi sebagai berikut:

  • Kalium: 9% AKG
  • Vitamin B6: 33% AKG
  • Vitamin C: 11% AKG
  • Magnesium: 8% AKG
  • Tembaga: 10% AKG
  • Mangan: 14% AKG
  • Karbohidrat: 24 gram
  • Serat: 3,1 gram
  • Protein: 1,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram

Meskipun memiliki banyak sekali nutrisi yang memukau, buah pisang masih ramah terhadap pola makan anda yang sehat, karena hanya mengandung 105 kalori saja, bersama dengan jumlah kecil protein dan tanpa lemak.

Sementara buah pisang yang masih hijau kebanyakan mengandung pati dan pati resisten, yang mana ketika sudah matang, maka pati tersebut pun akan berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa).

Dengan begitu, siapapun yang mengonsumsi buah pisang secara teratur, maka bisa mendapatkan berbagai kesehatan seperti yang sudah kami paparkan secara lengkap di bawah ini.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Buah pisang sangatlah kaya akan pektin, yaitu sejenis serat yang memberikan tekstur kenyal pada dagingnya. Sementara buah pisang yang belum matang mengandung pati resisten yang bertindak sebagai serat larut dan tidak bisa dicerna oleh perut anda.

Baik pektin atau pati resisten, keduanya merupakan nutrisi yang mampu mengatur kadar gula darah anda setelah makan sembari mengurangi nafsu makan dengan cara memperlambat pengosongan perut.

Info Terkait:   Wajib Tahu! 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Bahkan buah pisang sendiri telah dimasukkan ke dalam jenis makanan berindeks glikemik rendah dengan nilai 60 untuk buah pisang matang, dan 30 untuk buah pisang mentah. Secara sederhananya, buah pisang yang anda makan tidak akan meningkatkan kadar gula darah anda secara drastis.

Info Terkait:   Wajib Tahu! 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Hitungannya cukup sederhana, semakin rendah nilai indeks glikemik dari sebuah makanan, maka semakin menyehatkan dan bisa mendukung dalam mencegah anda terkena diabetes.

Tetapi perlu dicatat bahwa manfaat buah pisang hanya bisa digunakan untuk mencegah dan mengatur kadar gula darah anda saja, dan tidak bisa dijadikan sebagai obat pendukung dalam melawan diabetes. Faktanya, mereka yang tengah menderita penyakit ini haruslah menghindari asupan pisang yang sudah matang.

  1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Semua orang sudah tahu bahwa serat makanan sangatlah mendukung kesehatan tubuh seseorang, termasuk sistem pencernaan. Dari satu buah pisang berukuran sedang saja sudah mengandung 3 gram serat, sehingga membuatnya menjadi sumber serat yang sangat baik.

Secara garis besarnya, buah pisang mengandung dua jenis serat utama, yaitu pektin dan pati resisten. Kandungan terbesar akan kedua nutrisi ini bisa anda temukan dalam buah pisang yang belum matang.

Pati resisten tersebut akan melewati sistem pencernaan anda tanpa tercerna sama sekali sehingga akan sampai di usus besar dalam bentuk utuh. Di sanalah nutrisi ini menjadi sumber makanan melimpah bagi bakteri sehat, yang kemudian akan difermentasi dan memberikan manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan anda.

Ditambah lagi, pektin dalam buah pisang juga terlihat mampu menjaga seseorang terkena kanker usus yang ganas.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Hingga saat ini, masih belum adanya penelitian yang mempelajari keterkaitan antara menurunkan berat badan dan konsumsi pisang secara langsung. Tetapi, buah pisang sendiri sudah memiliki berbagai macam nutrisi yang dapat mendukung upaya anda dalam menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara.

Info Terkait:   Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Pertama, buah pisang sangatlah rendah akan kalori. Dari satu buah pisang saja hanya mengandung kurang lebih 100 kalori bersama dengan nutrisi penting lainnya, sehingga bisa menjadi makanan yang sangat mengenyangkan.

Kedua, semakin banyak anda mengonsumsi serat makanan (misalnya dari buah pisang) maka semakin mampu tubuh anda menurunkan berat badan sambil menjaganya agar tetap ideal.

Info Terkait:   12 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Stress hingga Cegah Osteoporosis

Ketiga, buah pisang yang belum matang mengandung pati resisten yang bisa membantu menurunkan nafsu makan sehingga anda pun terhindar dari makan berlebih.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Kalium merupakan jenis mineral yang sangat penting bagi jantung seseorang, terutama dalam mengatur tekanan darah. Meskipun tubuh anda membutuhkan asupannya setiap hari, sayangnya masih sedikit orang yang mampu mencukupi kebutuhannya tersebut.

Padahal mendapatkan asupan kalium tidaklah sesulit yang kebanyakan orang bayangkan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa pisang setiap harinya. Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa satu buah pisang berukuran sedang saja sudah mampu memberikan 9% kebutuhan kalium harian anda.

Faktanya, pola makan yang tinggi akan kalium mampu mengurangi tekanan darah. Dengan begitu, mereka yang rajin mengonsumsi buah pisang bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung hingga 27%. Kandungan magnesium yang dimiliki buah pisang juga tentunya sangat baik bagi jantung anda.

  1. Mengandung Antioksidan

Buah dan sayuran merupakan sumber yang sangat baik akan antioksidan, tidak terkecuali buah pisang. Secara khusus, pisang mengandung dua jenis antioksidan ampuh, yaitu dopamin dan katekin.

Kedua jenis antioksidan tersebut akan bekerja bersama-sama dalam mengurangi penyakit jantung dan penyakit degeneratif setiap harinya. Tetapi perlu dicatat bahwa jenis dopamin yang ada dalam buah pisang dan jenis yang diproduksi di otak memiliki perbedaan fungsi.

Info Terkait:   6 Manfaat Sehat Mangga Ini Membuatnya Mendapati Julukan Raja Buah

Dopamin di otak bertindak sebagai senyawa yang berfungsi dalam mengatur perasaan senang. Sementara dopamin dalam pisang cenderung tidak akan sampai di otak anda, sehingga fungsinya pun berubah menjadi antioksidan yang akan melawan berbagai macam penyakit di tubuh anda.

  1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Resistensi insulin merupakan faktor resiko utama seseorang terkena diabetes tipe-2. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, sehingga akhirnya insulin pun tidak akan mampu mengangkut gula dari dalam darah ke dalam sel-sel anda untuk digunakan sebagai energi.

Untungnya, dengan mengonsumsi 15-30 gram pati resisten per hari maka mampu meningkatkan sensitivitas insulin sebanyak 33-50% dalam kurun waktu 4 minggu saja. Jadi, jika anda doyan mengonsumsi makanan manis, pastikan pula mengimbanginya dengan asupan buah pisang yang belum matang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal
Info Terkait:   7 Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil

Selain jantung, kalium dalam buah pisang pun sangatlah baik dalam mengatur tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Cukup dengan mengonsumsi buah pisang sebanyak 2 hingga 3 kali per minggu saja anda bisa mencegah perkembangan penyakit ginjal hingga 33%.

Jika anda mampu meningkatkan dosisnya antara 4 hingga 6 kali per minggu, maka perkembangan penyakit ginjal pun akan semakin menurun hingga 50% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Must Read