Beranda Tips Kesehatan Terbukti Secara Medis, Berikut 9 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Terbukti Secara Medis, Berikut 9 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Mari kita akui, pastinya kita pernah kedatangan tamu yang tak diundang, misalnya jerawat yang mengganggu. Kondisi kulit yang satu ini pun bisa datang dalam berbagai macam dan tingkat keparahan yang berbeda.

Terbukti Secara Medis, Berikut 5 Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat sendiri bisa terjadi ketika kelenjar minyak di kulit anda terlalu aktif dan kemudian pori-pori anda pun menjadi meradang. Serangan bakteri tertentu di kulit bisa memperparah kondisi tersebut, sehingga jerawat pun dapat muncul di hampir seluruh permukaan kulit anda, terutama di area wajah.

Konon katanya jerawat tidak bisa dicegah karena gangguan kulit ini dipicu oleh hormon androgen dan dalam beberapa kasus bisa disebabkan karena faktor genetik.

Tetapi jarang orang yang tahu bahwa terdapat beberapa metode khusus yang bisa anda gunakan untuk mengurangi keparahan atau bahkan menjaganya agar tetap terkendali, sehingga munculnya jerawat pun bisa anda cegah dengan baik.

Mau tahu metode apa sajakah itu? Berikut adalah cara mencegah jerawat yang telah diuji oleh penelitian.

  1. Cuci Muka Anda Dengan Benar

Mencuci muka mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, tetapi melakukannya dengan benar belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang.

Mencuci muka itu harus mampu menghilangkan minyak, kotoran, dan keringat dari kulit dan wajah, terutama saat anda telah selesai beraktivitas. Selain itu perlu dicatat pula bahwa mencuci muka lebih dari dua kali sehari malah akan membuat jerawat anda tambah parah.

Pastikan pula anda membersihkan wajah tanpa menggunakan pembersih wajah yang keras. Pilihlah jenis yang tidak mengandung alkohol agar kulit wajah anda tidak kering.

Adapun beberapa cara mencuci wajah dengan benar misalnya seperti ini:

    1. Basahi wajah anda dengan air hangat. Hindari suhu air yang terlalu panas.
    2. Usapkan pembersih wajah ringan dengan gerakan melingkar menggunakan jari-jari anda.
    3. Bilas seluruh bagian wajah anda dan tepuk-tepuk dengan tangan agar cepat kering.
  1. Kenali Jenis Kulit Anda
Info Terkait:   Jerawat Batu: Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Siapapun pasti memiliki resiko terkena jerawat di wajah, apapun jenis kulitnya. Bagian kulit berminyak adalah area yang paling rentan terkena. Hal ini karena kelenjar sebaceous di kulit anda cenderung memproduksi terlalu banyak sebum.

Info Terkait:   Jerawat Batu: Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Jenis kulit lainnya yang beresiko menumbuhkan jerawat adalah “kulit kombinasi”, artinya kulit tersebut memiliki area kering dan berminyak di saat yang bersamaan. Bagian kulit tersebut meliputi dahi, hidung, dan dagu anda. Semua area tersebut kemudian dikenal dengan istilah “zona T” atau T-zone.

Dengan mengenali jenis kulit di seluruh bagian tubuh, maka diharapkan anda tidak akan sembarangan dalam memilih produk perawatan kulit yang digunakan. Misalnya, jenis kulit berminyak akan lebih baik menggunakan produk nonkomedogenik yang mana diformulasikan untuk tidak menyumbat pori-pori.

  1. Lembabkan Kulit Anda

Pelembab kulit bisa membantunya tetap terhidrasi. Sayangnya, saat ini banyak sekali jenis pelembab kulit yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan lainnya yang beresiko mengiritasi kulit dan menimbulkan jerawat.

Jadi, jika bisa anda harus mencari dan memilih jenis pelembab nonkomedogenik yang bebas dari pewangi setelah anda mencuci muka atau saat kulit sudah terasa mulai kering.

  1. Gunakan Obat Bebas Pelawan Jerawat

Obat-obatan bebas (OTC – over-the-counter) pun bisa anda gunakan untuk melawan dan mencegah jerawat dengan kurun waktu yang sangat singkat tetapi lebih aman digunakan. Beberapa zat yang bisa anda pilih adalah benzoil peroksida, asam salisilat, atau belerang.

Bahkan OTC ini bisa langsung anda gunakan untuk mengobati jerawat yang telah muncul dan mencegah gangguan kulit tersebut semakin parah dan berkembang lebih jauh lagi. Ditambah lagi, cara ini pun akan menekan efek samping yang bisa hadir seperti iritasi, kemerahan, dan kulit kering. Tetapi pastikan anda mengikuti instruksi yang telah tertera di label obat tersebut.

  1. Tetap Terhidrasi
Info Terkait:   Jerawat Batu: Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Jika tubuh anda terhidrasi dengan baik, maka kulit anda pun akan memberikan tanda kepada kelenjar minyak untuk tidak memproduksi minyak secara berlebihan. Dengan begitu, jerawat pun bisa dicegah secara alami dengan menekan kelenjar sebaceous agar tidak hiperaktif.

Sebaliknya, dehidrasi bisa membuat kulit anda tampak kusam dan memicu peradangan serta kemerahan.

Untuk menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi, pastikan anda mendapatkan asupan cairan yang cukup kira-kira sebanyak 8 gelas per hari. Kadar ini mungkin akan meningkat jika anda memiliki aktivitas atau kondisi tertentu seperti berolahraga, tinggal di tempat panas dan lembab, atau tengah menjalani masa kehamilan dan menyusui.

  1. Kurangi Penggunaan Make-up

Banyak dari kita mungkin ingin menutupi jerawat dengan menggunakan make-up. Tetapi sayangnya kebiasaan tersebut malah akan semakin menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat yang telah ada di sana.

Info Terkait:   Jerawat Batu: Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Jadilah senatural mungkin saat anda memakai make-up. Misalnya menghindari bedak yang berat dan berminyak, serta gunakan produk jenis nonkomedogenik yang alami dan bebas pewangi.

Sampo berminyak, sabun mandi, krim cukur, dan produk penata rambut pun bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Untuk membantu mencegah gangguan kulit tersebut terjadi, lagi-lagi disarankan untuk memilih jenis nonkomedogenik yang ramah terhadap kulit wajah anda.

  1. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Sebelum wabah covid-19 muncul dan para dokter menghimbau agar kita tidak sembarangan menyentuh area wajah, sudah banyak para ahli kesehatan yang menyarankan setiap orang agar tidak melakukan kebiasaan buruk tersebut karena bisa memicu munculnya jerawat.

Bayangkan tangan anda yang melakukan banyak hal dan aktivitas sepanjang hari bisa saja menyentuh berbagai macam benda asing. Sudah dipastikan telapak tangan anda tersebut telah terpapar bakteri, virus, atau jamur yang jika sampai di wajah anda, maka akan memicu gangguan kulit seperti jerawat.

  1. Kurangi Paparan Sinar Matahari
Info Terkait:   Jerawat Batu: Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Sinar mentari memang bisa membuat tubuh anda memiliki kadar vitamin D yang cukup setiap harinya, tetapi paparan yang berlebihan malah mendatangkan masalah baru untuk anda.

Sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit anda terkena dehidrasi, yang jika tidak dibatasi maka akan menyebabkan kulit anda menghasilkan lebih banyak minyak demi menyeimbangkan kadar cairan di tubuh. Sayangnya, kondisi ini seringkali bisa menyumbat pori-pori di kulit anda.

Jika sebuah pekerjaan mengharuskan anda untuk tetap berada di bawah sinar matahari dalam kurun waktu lama, cegahlah gangguan kulit dengan menggunakan tabir surya. Tak hanya jerawat saja, cara ini pun bisa mencegah anda terkena kanker kulit yang mematikan.

Tetapi lagi-lagi anda harus teliti dalam memilih tabir surya, karena banyak produk-produk di luaran sana yang mengandung minyak. Pilihlah tabir surya yang juga khusus memberikan efek anti jerawat di kulit.

  1. Gunakan Minyak Pohon Teh

Memang benar jika kita ingin mencegah atau mengatasi jerawat haruslah menghindari produk yang mengandung minyak. Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua minyak diciptakan setara. Sebut saja minyak pohon teh yang bisa memberikan efek positif terhadap gangguan kulit yang satu ini.

Info Terkait:   Jerawat Batu: Penyebab Hingga Cara Mengatasinya

Bahkan minyak pohon teh sudah banyak dikenal sebagai obat untuk melawan jerawat. Menurut Mayo Clinic mengatakan bahwa minyak ini mampu mengurangi sejumlah lesi baik yang belum maupun yang telah meradang.

Untuk menggunakannya, anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak pohon teh ke area yang telah terkena atau meradang. Anda juga boleh menambahkannya beberapa tetes ke dalam pembersih atau pelembab yang sering anda gunakan saat ini.

Tetapi perlu diingat bahwa terdapat beberapa orang yang sensitif terhadap minyak ini. Untuk mengujinya, anda bisa mengoleskannya sedikit saja ke atas kulit dan tunggu reaksinya hingga beberapa jam. Jika muncul iritasi, hindari penggunaannya.

Must Read