Beranda Nutrisi Nutrisi yang Tepat untuk Perkembangan Kecerdasan Otak Si kecil

Nutrisi yang Tepat untuk Perkembangan Kecerdasan Otak Si kecil

C:\Users\Asus\Downloads\pentingnya-nutrisi-untuk-perkembangan-anak-EQD-thumb.jpg

Buah hati merupakan hasil keturunan dari pasangan yang berupa seorang anak. Memiliki anak yang sehat dan cerdas dambaan semua orang tua. Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua supaya memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah dengan memberikan berbagai upaya mulai dari asupan nutrisi sampai pola asuh dan didikannya. Kecerdasan anak didapat bukan hanya dari keturunan orang tuanya tetapi harus ditunjang dengan asupan nutrisi yang tinggi yang mendukung kecerdasan otaknya. Asupan nutrisi yang tinggi merupakan salah satu faktor pendorong pembentukan dan perbaikan sel-sel otak anak. Berikut beberapa asupan nutrisi makanan untuk perkembangan kecerdasan otak antara lain :

Asam folat ( vitamin B9)

Asam folat (Vitamin B9) merupakan suatu senyawa yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kemampuan daya ingat serta meningkatkan kemampuan pengetahuan seseorang. Asam folat dapat ditemukan dari jenis makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, hati dan makanan laut. Asam folat ini bagus untuk kecerdasan otak si kecil, untuk itu sebaiknya bunda memberikan asupan nutrisi makanan tersebut setiap harinya.

Kandungan omega 3

Omega 3 merupakan senyawa dari makanan yang dapat berperan penting dalam memperbaiki jaringan sel dan perkembangan otak. Kandungan Omega 3 dapat diperoleh dari contoh makanan seperti makanan laut, telur, kacang-kacangan,dll.

Bagi anda memiliki si kecil sebaiknya konsumsi makanan tersebut yang mengadnung omega 3 karena ini sangat bagus untuk mendukung kecerdasan si kecil.

Protein

Protein merupakan senyawa dari nutrisi makanan yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak. Potein bisa didapat dari sumber makanan seperti telur, daging, susu, dan keju. Untuk meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak secara optimal bunda dapat memberikan asupan nutrisi makanan yang mengandung protein.

Info Terkait:   3 Efek Negatif Mengajarkan Bahasa Asing Pada Anak Sejak Dini
Info Terkait:   Tips mengajari anak untuk merawat gigi

Zink dan Zat Besi

Zink ialah zat senyawa yang terkandung dalam makanan yang berfungsi untuk memperbaiki sel otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Zink dapat ditemukan pada jenis makanan seperti daging, buah-buahan dansayur hijau. Bagi anda bunda memiliki si kecil wajib mencoba jenis sumber makanan ini karena bik untuk mendukung kecerdasan si kecil

Antioksidan

Antioksidan dapat ditemukan dalam vitamin E dan C yang dapat berfungsi untuk kecerdasan otak seperti meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat sehingga dapat mencegah pikun. Antioksidan dapat ditemukan pada jenis makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan. contohnya apel, pir, pisang, mangga, brokoli, tomat, dll

Asam amino

Asam amino ialah komponen organic pemebnetuk protein yang berfungsi untuk memperbaiki dan membantu perkembangan jaringan supaya dapat diolah menjadi sumber energy bagi tubuh. Asam amino dapat ditemukan apa jenis makanan seprti telur, daging

Yodium

Yodium adalah senyawa yang terdapat di dalam garam yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak seseorang supaya dapat meningkatkan daya ingat. Bila ada seseorang kekurangan yodium maka akan mengalami kerusakan mental dan otaknya. dan sebaliknya bila kelebihan yodium juga berpengaruh buruk juga bagi kesehatan tubuh.

Jika anda bunda memiliki si kecil guna supaya memilki kecerdasan otak yang optimal dapat ditunjang dengan asupan nutrisi yodium dan ingat selalu menggunakan secukupnya. Yodium dapat ditemukan pada garam.

Vitamin B, C, D, E

Vitamin B merupakan senyawa dari jenis makanan hewani dan olahan produk makanan hewani yang berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak. Vitamin B dapat ditemukan pada jenis mankanan seprti ayam, daging, ikan, telur, susu,yogurt dan keju.

Sedangkan viytamin C dapat berfungsi meningkatkan system kekebalan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak juga. contoh makanan yang mengandung vitamin C seperti mangga, jeruk, jambu, papaya, tomat, dll

Info Terkait:   6 Tips Untuk Meningkatkan Ketahanan Tubuh Anak
Info Terkait:   6 Tips Untuk Meningkatkan Ketahanan Tubuh Anak

Vitamin D didapat dari sumber sinar matahari dan jenis makanan seperti ikan, susu. Fungsi vitamin D adalah berperan dalam pembentukan tulang dan perkembangan otak anak.
vitamin E berperan penting untuk melindungi otak dari kerusakan sehingga struktur dan fungsi otak tetap terjaga. Contoh nutrisi makanan mengandung vitamin E yaitu kacang kedelai, minyak sayur, dan sereal.

Kekurangan vitamin E dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak, misalnya penurunan daya ingat, pikun, dan penyakit Alzheimer.

Sumber karbohidrat kompleks

Sumber karbohidrat kompleks dapat berperan untuk sumber pemasok bahan bakar untuk otak. Sumber karbohidrat kompleks bisa anda ditemukan pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, beras merah. Bagi bunda bila menginginkan si kecil sehat dan memilki kecerdasan otak boleh dicoba untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Dengan memberikan nutrisi penting untuk kecerdasan otak si kecil dapat menjadi pendukung kinerja otaknya supaya anak dapat dengan mudah mengingat apa yang sedang merak pelajari. Akan tetapi kecerdasan juga ditunjang juga dengan faktor belajar supaya mendapatkan stimulus untuk merangsang kecerdasan otaknya sehingga tidak hanya dengan asupan nutrisi makanan yang sehat dan bergizi.

Must Read