Beranda Tips Kesehatan 13 Manfaat Pare Untuk Kesehatan: Si Pahit yaag Kaya Fungsinya

13 Manfaat Pare Untuk Kesehatan: Si Pahit yaag Kaya Fungsinya

Pare merupakan sejenis sayuran yang berwarna hijau dengan rasa yang sangat pahit dengan bentuk lonjong memanjang disertai dengan bintik-bintik kulit ditengahnya. Meskipun rasanya sangat pahit tetapi memiliki kandungan nutrisi didalamnya seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, asam folat, zat besi, fosfor, zat betakaroten, kalium, zat charantin, dll yang dapat berfungsi baik bagi kesehatan tubuh kita.
C:\Users\Asus\Downloads\5a83c0ca-8719-4d53-9764-912962460170_169.jpeg

Berikut beberapa Manfaat pare untuk kesehatan tubuh :

1. Sebagai obat untuk mengatasi penyakit kulit

Sayuran pare meskipun rasanya pahit dapat dijadikan sebagai obat mengatasi penyakit kulit seperti jerawat, bisul atau penyakit kulit lainnya. cara mengobati penyakit kulit tersebut cukup mudah dengan mengkonsumsi rebuasan air pare kemudian dikonsumsi minimal 3x dalam seminggu. Maka jerawat dan bisul akan berkurang serta mulai hilang dan kemps. Lakukan rutin supaya dapat menuntaskan menghilangkan jerawat secara maksimal.

2. Menyembuhkan luka dengan cepat

Dengan mengkonsumsi rebuasan air pare juga selain untuk mengatasi masalah penyakit kulit juga dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Karena kandungan di dalam nutrisi pare dapat memperlancarkan proses kerja aliran darah akibatnya darah cepat membeku menutup luka.

3. Mengatasi sembelit

Kandungan serat dalam pare berfungsi dapat membantu dan mengurangi gangguan penecernaan dengan cara memperlancar proses kerja saluran pencernaan sehingga sembelit dapat diatasi.

Info Terkait:   Wajib Tahu! 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Info Terkait:   Wajib Tahu! 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh Anda

4. Mengatasi diabetes

Seperti dikutip dari Diabetes.co.uk, adanya kandungan zat antidiabetes didalam pare menjadikan pare dipakai sebagai obat herbal untuk penyakit diabetes tipe 2. Zat antidiabetes itu adalah vicine, serta polypeptide-p, senyawa yang mirip dengan insulin. Untuk itu bagi pengidap diabetes mengkonsumsi pare sangat baik untuk mengurangi kadar gula dalam darah tubuh anda, tetapi meskipun mempunyai manfaat seperti ini selalu jaga asupan makanan pare secukupnya saja supaya tidak berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya.

5. Sebagai antioksidan alami

Kandungan Vitamin C dalam pare dapat berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh sehingga system kekebalan tubuh kita terjaga dengan baik dan penyakit tidak bakal mudah menyerang tubuh kita.

6. Menurunkan kolesterol

Dengan mengkonsumsi pare baik disantap langsung maupun dimasakan atau pun direbus kemudian diminum rebusan iair parenya juga itu dapat berfungsi untuk melancarkan aliran peredaran darah sehingga mengurangi tumpukan lemak yang dapat memicu risiko kolesterol.

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Rebusan air pare juga masih memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga fungsi vitamin C sendiri dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Maka bila anda ingin menjaga system kekebalan tubuh dapat mencoba meminum rebusan air pare tersebut.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan Vitamin A dalam pare dapat menghsilkan betakaroten. Betakaroten sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan mata dengan tajam. Bagi anda yang memilki masalah dengan penyakit mata dapat mencobanya dengan mengkonsumsi seduhan air pare.

9. Menjaga kesehatan jantung

Pare memilki kandungan nutrisi yang dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran aliran darah sehingga mengurangi tumpukan lemak pemicu kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan munculnya serangan jantung. Untuk itu menjaga kesehatan jantung anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi rebusan air pare atau memakannya langsung sebagai masakan.

Info Terkait:   7 Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil
Info Terkait:   6 Manfaat Sehat Mangga Ini Membuatnya Mendapati Julukan Raja Buah

10. Menurunkan berat badan atau obesitas

Pare memilki kandungan serat yang sangat tinggi baik bagi anda pengidap obesitas boleh mencobanya, karena dengan mengkonsumsi pare maka perut akan terasa kenyang. Hal ini karena fungsi serat dalam pare tersebut memberikan sumber energi pengganti karbohidrat, tetapi juga bagus untuk dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi kadar lemak diperut dan akibatnya berat badan anda akan turun.

11. Obat menurunkan demam

Selain mengandung serat yang tinggi dan vitamin C , pare juga mengandung charantin yang baik untuk menurunkan demam. Bila anda demam boleh mencoba mengkonsumsi seduhan air pare kemudian diminum 2-3 kali dalam sehari supaya demam anda segra cepat turun.

12. Melancarkan dan meredakan nyeri haid

Apakah ada manfaat pare untuk wanita? Kandungan yang pahit dalam pare juga dapat melancarkan haid pada perempuan serta juga dapat meredakan rasa nyeri menjelang haid. Baik sebelum maupun menjelang haid cobalah untuk mengkonsumsi pare dengan diminum seduhan air parenya atau bisa dimakan langsung.

13. Menjaga kesehatan tulang

Pare memiliki kandungan Vitamin K yang tinggi. Vitamin K ini dapat berfungsi dalam meningkatkan produksi kalsium dalam tubuh. Kalsium sendiri berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang sehingga kesehatan tulang terjadga dengan baik.

Mengkonsumsi pare dalam jumlah banyak atau secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negative bagi kesehatan tubuh seperti pusing, muntah, sakit kepala, sakit perut sehingga perut kembung dan tidak nyaman akibatnya dapat muntah. Untuk itu sebaiknya adna mengkonsumsinya secukupnya atau seperlunya saja supaya tidak sampai memicu dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read