Beranda Tips Kesehatan Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Banyak orang mengira jika bekatul merupakan sampah yang tidak memiliki nilai gizi dan tidak memberikan manfaat kesehatan apapun. Padahal sebenarnya, orang luar seringkali mengonsumsinya secara teratur karena dinilai mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Jarang Dilirik, Inilah 7 Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan

Dikarenakan sangat sulit mengonsumsi bekatul dalam bentuk utuh, maka beberapa produsen makanan mengakalinya dengan cara mengekstraksi kulit luar dari beras menjadi bentuk minyak, yang kemudian dikenal dengan sebutan rice bran oil (minyak bekatul).

Banyak para ahli kesehatan telah meneliti kandungan nutrisi dari minyak menyehatkan yang satu ini. Misalnya, dari satu sendok makan saja sudah mengandung 29% kebutuhan harian vitamin E anda, dengan hanya 120 kalori dan 14 gram lemak.

Jadi, mungkin ini saat yang tepat bagi anda untuk beralih dari minyak goreng yang kurang menyehatkan dengan minyak bekatul sebagai salah satu bahan masakan anda. Jika anda mampu mengonsumsinya secara teratur, anda pun tentunya bisa mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan yang telah didukung dengan penelitian.

Mau tahu apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa anda petik dari minyak bekatul.

  1. Mendukung Kesehatan Gula Darah

Minyak bekatul sangatlah mendukung kadar gula darah anda yang normal dengan cara mengatasi resistensi insulin, yaitu sebuah kondisi yang menjadi faktor resiko seseorang terkena diabetes tipe-2.

Normalnya, hormon insulin yang diproduksi di dalam tubuh anda bertugas dalam membawa gula dari darah ke dalam sel-sel anda untuk digunakan sebagai energi. Tetapi pada kasus resistensi insulin, maka tubuh anda akan berhenti merespon terhadapnya sehingga kadar gula dalam darah pun akan semakin tinggi.

Cara minyak bekatul dalam mengatasi resistensi insulin pun terbilang cukup unik, yaitu dengan menetralisir radikal bebas yang berpotensi mengarah pada stres oksidasi. Kemudian di saat yang bersamaan, kadar insulin anda pun meningkat.

Info Terkait:   12 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Stress hingga Cegah Osteoporosis

Jika anda ingin mencegah terkena gula darah tinggi, anda boleh mengonsumsi minyak bekatul sebanyak 3,7 gram dalam sekali makan, yang mana akan membuat kadar gula darah anda menurun drastis hingga 15%.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung
Info Terkait:   7 Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Minyak Bekatul Bagi Kesehatan selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan Jantung. Penyakit jantung yang mematikan pun bisa anda cegah dengan mengonsumsi minyak bekatul secara teratur. Bahkan pemerintah Jepang pun menganggap bekatul sebagai salah satu jenis makanan tersehat yang bisa kita temukan dengan mudah karena kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Dalam sebuah ulasan terhadap 11 penelitian terkontrol yang melibatkan 344 orang memperlihatkan bahwa minyak bekatul mampu mengurangi LDL sebanayk 6,91 mg/dL. Menariknya, setiap penurunan 1 mg/dL bisa mengurangi resiko penyakit jantung antara 1 hingga 2 persen.

Terutama bagi anda yang tengah menderita kondisi hiperlipidemia, maka dengan mengonsumsi 30 ml minyak bekatul per hari maka bisa mengurangi kolesterol jahat secara signifikan, sekaligus berefek pada berkurangnya faktor resiko anda terkena penyakit jantung seperti obesitas dan lingkar pinggul yang besar.

Para ahli kesehatan percaya bahwa efek positif tersebut berasal dari senyawa tanaman yang disebut sebagai sterol, yang mana bertugas dalam mencegah tubuh menyerap kolesterol secara berlebihan.

  1. Mengurangi Peradangan

Salah satu alasan kenapa minyak bekatul bisa begitu menyehatkan adalah karena mengandung sejumlah senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-radang yang sangat ampuh.

Sebut saja senyawa oryzanol yang telah dikenal dengan kemampuannya dalam menekan sejumlah enzim pemicu peradangan di tubuh. Secara khusus, oryzanol tersebut akan menyerang peradangan di pembuluh darah dan selaput jantung anda.

Sebaliknya, jika peradangan di kedua area tersebut tidak diatasi dengan baik, maka akan memicu sebuah kondisi yang kita kenal dengan sebutan aterosklerosis, atau mengerasnya dan menyempitnya arteri sehingga menyebabkan anda terkena penyakit jantung yang mematikan.

Info Terkait:   Bernutrisi dan Menyehatkan, Berikut 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Kadar normal yang bisa kita konsumsi adalah sekitar 30 ml per hari. Dalam kurun waktu 4 minggu saja, pola makan ini bisa meningkatkan kapasitas antioksidan di tubuh dan membantu melawan stres oksidasi penyebab penyakit.

  1. Melawan Kanker

Contoh senyawa lainnya yang terdapat dalam minyak bekatul adalah tocotrienols, yang mana merupakan sejenis antioksidan pelawan kanker. Senyawa ini memiliki kemampuan dalam menekan perkembangan berbagai macam sel kanker di tubuh, termasuk jenis yang terdapat di area payudara, paru-paru, rahim, hati, otak, dan pankreas.

Info Terkait:   13 Manfaat Pare Untuk Kesehatan: Si Pahit yaag Kaya Fungsinya

Penelitian sendiri telah mengakui bahwa tocotrienols dari minyak dedak padi tersebut mampu melindungi sel manusia dan hewan yang terpapar radiasi pengion tingkat tinggi yang bisa memberikan efek berbahaya seperti kanker.

Tetapi sebelum mengonsumsi bekatul baik dalam bentuk minyak ataupun suplemen, pastikan anda berbicara dengan dokter terlebih dahulu jika saat ini anda tengah menjalani pengobatan kemoterapi.

  1. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut bukanlah masalah kepercayaan diri saja, melainkan sebuah tanda bahwa adanya ketidakwajaran yang terjadi dalam mulut anda. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, dimulai dari gigi berlubang hingga karang gigi.

Jika anda sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi masalah yang satu ini dan tidak berhasil, mungkin anda bisa mulai mencoba menggunakan minyak bekatul sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Bahkan cara ini sudah digunakan semenjak zaman kuno ribuan tahun yang lalu sebelum gosok gigi dan pasta gigi diciptakan. Nenek moyang kita selalu menggosok-gosokan minyak di sekitar mulut, atau dikumur layaknya obat kumur demi meningkatkan kesehatan mulut secara alami.

Beralih ke masa kini, sebuah penelitian yang melibatkan 30 orang ibu hamil menemukan bahwa dengan menggosok-gosokkan minyak bekatul ke area mulut maka bisa mengurangi bau mulut yang membandel.

Info Terkait:   13 Manfaat Pare Untuk Kesehatan: Si Pahit yaag Kaya Fungsinya

Para ahli kesehatan pun berspekulasi bahwa efek tersebut berkat antioksidan yang terkandung di dalam minyak bekatul tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangatlah penting, bahkan bisa menghemat jutaan rupiah jika anda mampu menjaganya dengan baik. Bagaimana tidak, sistem imunitas inilah yang menjadi garis pertahanan tubuh paling pertama yang melawan bakteri, virus, jamur, dan berbagai macam organisme penyebab penyakit lainnya.

Bayangkan jika penyebab penyakit tersebut sudah bisa dihalau hanya dengan sistem imunitas tubuh anda tanpa harus pergi ke dokter, berapa banyak uang yang bisa anda hemat selama bertahun-tahun?

Uniknya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh tidaklah semahal yang orang pikirkan. Cukup dengan mengganti gaya hidup dan pola makan menjadi sehat saja sudah sangat cukup untuk dilakukan. Misalnya, dengan rajin berolahraga dan mengganti minyak anda dengan minyak bekatul.

Hal ini karena minyak yang kaya akan kandungan oryzanol tersebut mampu meningkatkan respon imun anda menjadi lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Info Terkait:   12 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Stress hingga Cegah Osteoporosis

Lagi-lagi kandungan antioksidan dalam minyak bekatul menjadi sorotan untuk manfaat kesehatan yang satu ini.

Dalam sebuah penelitian selama 28 hari menunjukkan bahwa dengan mengoleskan gel atau krim yang mengandung ekstrak bekatul sebanyak 2 kali sehari maka mampu meningkatkan ketebalan kulit lengan bawah, mengatasi kulit kasar, dan menjaga elastisitas kulit di saat yang bersamaan.

Meskipun penelitian ini masih sangat terbatas, tetapi sudah banyak sekali pelembab dan produk kecantikan yang memasukkan minyak bekatul di dalamnya. Ini membuktikkan bahwa jenis minyak ini bisa memberikan efek positif bagi kulit anda.

Must Read