Beranda Tips Kesehatan 7 Cara Mengatasi Kesulitan BAB pada Ibu Hamil

7 Cara Mengatasi Kesulitan BAB pada Ibu Hamil

C:\Users\Asus\Downloads\keluhan-ibu-hamil-sembelit.jpg

Sembelit atau konstipasi ini adalah masalah yang sering dihadapi sebagian besar orang terutama ibu hamil. Sebagian ibu hamil mengalami sembelit pada tahap awal kehamilan, sementara yang lain mengalaminya pada kedua trimester berikutnya. Sembelit dapat menyebabkan feses (kotoran) keras dan kering sehingga sakit untuk dikeluarkan. Dimana kondisi perut  terasa kembung, tidak nyaman, dan nyeri. Yang menyebabkan sembelit saat hamil, di antaranya berubahnya kadar hormon menyebabkan usus memperlambat gerakan feses dalam perut. Hal ini dapat meningkatkan jumlah air yang diserap oleh usus besar dari feses sehingga feses menjadi lebih padat dan sulit keluar. Untuk itu ada cara untuk mengatasi ibu hamil supaya mudah BAB rutin setiap harinya. Adapun caranya :

  1. Rajin mengkonsumsi makanan yang berserat

Bila ibu hamil selalu disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan nutrisi yang sehat serta bergizi supaya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya terutama dalam mengatasi sembelit. contohnya mengkonsumsi jenis sayur dan buah-buahan dan kacang-kacangan.

2. Minum air putih yang cukup

Air merupakan sumber mineral yang sangat penting dan dibutuhkan oleh siapa saja termasuk ibu hamil. Selama masa kehamilan ibu hamil harus banyak memperbanyak konsumsi air putih minimal 12 gelas setiap harinya supaya asupan nutrisi cairan tubuh terisi dan terhindar dari dehidrasi dan mengatasi masalah konstipasi atau smebelit pada tubuh.

3. Olahraga ringan secara teratur

Ketika perut membesar dan berat badan semakin bertambah biasnaya ibu hamil malas bergerak untuk beraktivitas maupun berolahraga sehingg akan memicu tumbuh mengalami sembelit. Cobalah lakukan olahrga ringan setiapharinya seperti jalan kaki minimal 20-30 menit supaya otot tubuh dapat menstimulasi usus bekerja dengan normal. sehingga dpat memudahkan untuk buang air besar.

4. Hindari stress

Bila bunda selalu memikiran hal-hal yang membuat cemas dan khawatir maka akan menyebabkan tubuh mengalami stress. Sehingga bunda selalu disarankan untuk menjaga pikiran yang positif dan kondisi harus rilkes susah tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan salah satunya mengalami susah buang air besar.

5. Konsumsi minuman prebiotik

Mengkonsumsi minuman prebiotik sehat dan bergizi aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk ibu hamil. Minuman prebiotik aman untuk kesehatan usus dan saluran penecrnaan karena mengandung bakteri baik yang dapat mendorong melancarkan pencernaan. contohnya yogurt

6. Tidak menahan rasa ingin buang air besar 

Ketika tubuh ingin buang air besar janganlah untuk ditahan sebab akan memicu sembelit, maka lakukanlah untuk segera ke toilet bila mulai mules untuk buang air besar.

Jika apa yang sudah dilakukan diatas anda masih mengalami sembelit segeralah periksa ke dokter kandungan.

Must Read