Beranda Penyakit Cara tepat Mengobati Tifus di Rumah

Cara tepat Mengobati Tifus di Rumah

Tifus atau tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Tifus dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii.

Gejala yang timbul akibat tifus adalah demam tinggi, menggigil, sakit kepala, badan lemas, sakit perut, nyeri otot, berat badan menurun dan sakit tenggorokan. Biasanya, gejala tersebut muncul setelah satu hingga tiga minggu setelah bakteri masuk ke tubuh. Bahan alami untuk mengobati tipes di rumah dapat digunakan dalam membantu tubuh agar cepat sembuh

Makan-makanan yang tinggi kalori

Makanan berkalori tinggi menyediakan cukup energi bagi sistem imun melawan infeksi agar bisa pulih lebih cepat dan dapat menambah berat badan supaya menjadi normal sehat kembali. Jenis makanan tinggi kalori yang menyehatkan, seperti nasi putih, kentang, ubi, alpukat, dan kacang-kacangan. Untuk itu Anda pemderita tifus diwajibkan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi sebagai cara mengobati tipes di rumah.

Makan-makanan yang tinggi protein

Fungsi protein sendiri yaitu untuk menghasilkan enzim, hormon, dan senyawa kimia penting lainnya agar kerja sistem imun serta metabolisme tubuh tetap berjalan baik. Jenis makan-makanan yang tinggi protein seperti dada ayam, daging sapi, dan juga telur yang dimasak matang hingga benar-benar matang. Untuk itu bagi penderita tifus sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan protein yang tinggi supaya mempercepat masa penyembuhan dari peradangan infeksi.

Makan dalan porsi kecil tapi sering

Jika seseorang sakit pasti ketika makan rasanya hambar dan ingin mual muntah,maka untuk menyiasati menurunnya nafsu makan yaitu makan dalam porsi kecil, tapi sering. Usahakan makan 3-4 suapan setiap 1-2 jam sekali. Karena memastikan kebutuhan kalori selalu tercukupi selama sakit tifus,

Makan-makanan rendah serat

Serat adalah nutrisi yang sulit dicerna oleh perut sehingga butuh waktu lama untuk memprosesnya. Sementara itu, penyakit tipes dapat menyebabkan gejala diare yang pada dasarnya sudah memperberat kerja usus mengolah makanan. Jika penderita memakan makanan dengan asupan serat yang tinggi akan memperparah kondisi saluran pencernaan menyebabkan diare parah. Untuk itu disarankan untuk penderita tifus untuk mengkonsumsi makanan yang bersrat rendah.

Banyak minum air putih

Ketika seseorang menderita sakit tifus kondisi badan terasa demam, mual bahkan diare. sehingga membuat kondisi tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. untuk itu disarankanbagi penderita tifus untuk perbanyak minum air putih setiap hari minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari nya untuk mencegah dehidrasi di tubuhnya.

Istirahat Total atau yang cukup

Ketika seorang terkena tifus kondisi badan akan terasa lemas yang diakibatkan oleh kekurangan cairan tubuh yang dikeluarkan saat muntah-muntah. Maka penderita harus istirahat total yang cukup.

Jaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri sangat diperlukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, banyak orang yang tidak memahami bagaimana cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan benar padahal hal ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan. Banyak yang belum memahami bahwa menjaga lingkungan termasuk salah satu cara pencegahan tifus. Dengan memelihara kebersihan diri dan sanitasi lingkungan, maka kondisi fisik dan psikis akan optimal.contohnya biasakan untuk selalu mencuci tangan baik sebelum atau pun sesudah melakukan aktivitas maupun sesudah dan sebelum makan.

Minum obat sesuai dosis dan jadwal

Untuk hasil penanganan yang optimal, penderita tifus tidak diperbolehkan meminum obat tanpa instruksi dari dokter. Jadi kamu harus memeriksakan diri kepada dokter terlebih dahulu, untuk menentukan jenis obat dan dosis yang tepat guna menangani keluhan kesehatanmu. Sebab dokter perlu mempertimbangkan usia, pengobatan yang sedang dijalani, tingkat penyakit, dan riwayat alergi sebelum memberikan resep obat.

Konsumsi suplemen probiotik atau minuman probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang tinggal di usus dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga kesehatan manusia. Adapun bakteri yang termasuk probiotik, antara lain Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Agar jumlah bakteri baik di usus Anda meningkat dan dapat membantu melawan bakteri jahat penyebab sakit tifus, konsumsilah minuman probiotik seperti yoghurt. Tetapi untuk penderita tifus yang lambungnya luka maka konsumsilah suplemen probiotik seperti vermint (kapsul ekstrak cacing dalam bentuk kapsul).

Perhatikan jenis makan dan minuman yang dikonsumsi

Pada penderita tipes harus diperhatikan pilihan makanan yang hambar tapi mudah dicerna dan ringan. Makanan seperti ini bertujuan agar lebih mudah untuk dicerna dan memperkuat sistem imun tubuh bagi penderita tifus. jika penderita tifus dalam masa pemulihan sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi sayur, buah, telor dan daging. kecuali makanan itu mengandung asam dan pedas dapat mengganggu saluran pencernaan penderita tifus.

Jangan beraktivitas yang terlalu berat

Ketika seseorang penderita tifus sering mengeluarkan cairan tubuh berupa diare atau muntah-muntah dapat mengakibatkan tubuh terasa lemas dan daya tahan tubuh juga berkurang.

Daya tahan tubuh dan energi yang cukup sangat diperlukan untuk melawan bakteri Salmonella typhi. Lebih baik bila Anda beristirahat dulu sementara waktu dan tidak melakukan aktivitas berat agar tubuh punya waktu yang cukup untuk memperbaiki sel dan jaringannya.

 

Must Read