Beranda Tips Kesehatan Sakit Maag Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Maag

Sakit Maag Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Maag

C:\Users\Asus\Downloads\penyakit_maag.jpg

Sakit maag adalah kondisi perut mengalami sakit dan nyeri tidak nyaman akibat lambung terluka. Ketika lambung terluka maka menyebabkan tubuh akan terkena sakit maag sebab ada jenis makanan yang dapat memicu timbulnya rasa sakit tersebut.

Seseorang mengalami sakit maag biasanya ditandai dengan nyeri ulu hati, sehingga membuat perut menjadi skait dan nyeri tidak nyaman akibatnya akan memicu mual, muntah, kembung dan terasa penuh pada perut. Sakit maag akan kambuh bila melakukan kebiasaan yang dapat memicu sakit maag seperti sering makan pedas dan asam, mengkonsumsi kopi dan pola makan yang tidak teratur sehinggal hal ini dapat memicu sakit maag kambuh kembali. Bila sakit maag kambuh kembali segera harus diatasi supaya tidak dapat mengalami kesakitan yang parah. Untuk itu ada cara mengatasi sakit maag kambuh tanpa obat diantaranya

Makan tepat waktu

Sakit maag sering disebabkan oleh telat makan, akibat dari tubuh tidak mendapatkan nutrisi makanan dengan baik dan lancar menyebabkan kinerja organ tubuh di dalam tubuh pun terganggu. Untuk itu bila anda sibuk dengan pekerjaan untuk membuat jadwal makan secara teratur supaya kesehatan tubuh pun terjaga.

Makanlah dengan porsi kecil tapi sering

Bila tubuh ahbis terkena sakit maag maka perut terasa nyeri akibatnya malas untuk makan. Tetapi bila tubuh tidak diisi dengan makanan malah akan membuat tubuh tambah sakit. Untuk itu cobalah konsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering supaya mencegah mual dan enek di perut. Dengan anda mengkonsumsi makanan maka akan mencegah tubuh terkena sakit maag sebab bila perut dalam keadaan kosong maka asam naik ke lambung maka sakit maag muncul kembali tambah parah.

Hindari makanan pedas

Makanan pedas mengandung zat capcaisin yang dapat memicu mengiritasi saraf pada lambung akibatnya kadar asam naik ke lambung maka mumcullah sakit maag kambuh. Untuk itu bagi anda yang sedang terkena skit maag coba untuk menghindari makanan pedas supaya sakit maag anda tidak kambuh lagi

Hindari rebahan setelah makan

Sehabis makan sebaiknya hindari untuk rebahan sebab bila kondisi seperti ini maka membuat asam lambung naik. Akibatnya sakit maag kambuh lagi, untuk itu tunggu 30 menit setelah makan baru rebahan.

Hindari konsumsi kopi dan alkohol

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung lebih banyak. Sedangkan alcohol mengandung zat yang dapat merangsang lembung untuk memproduksi asam lebih banyak akibatnya tidak baik bagi lambung

Hindari rokok

Merokok dapat menyebabkan lambung dapat memproduksi asam yang berlebihan sehingga hal ini akan memicu tubuh merasa mual, perut kembung dan nyeri akibatnya sakit maag akan kambuh bagi.

Kelola stress dengan baik

Stres dapat membuat kesehatan tubuh terganggu salah satunya terganggangunya kesehatan lambung. Bila tubuh mengalami stress maka akan memicu asam lambung naik akibatnya skait maag kambuh kembali. Untuk itu kelola stres dengan baik

Istirahat yang cukup

Bila tubuh pernah sakit sebaiknya perbanyak istirahat supaya tubuh cepat pulih kembali sehat kembali. sebab bila tubuh kekurangan istirahat akan memicu timbulnya sakit maag kembali.

Semoga bermanfaat

 

Must Read