Beranda Tips Kesehatan Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat

Cara Menambah Berat Badan Secara Sehat

C:\Users\Asus\Downloads\Jaga_Berat_Badan_Selama_Lebaran_Ini_Tips_dari_Pakar_GiziLAvC4.jpg

Bagi perempuan mempunyai tubuh yang sehat dan ideal adalah suatu anugerah yang perlu dirawat dan dijaga. Ketika ada seseorang yang mengeluh masalah berat badan, jika mereka mempunyai berat badan yang berlebihan membuat mereka tidak percaya diri dalam penampilan sehingga berlomba-lomba untuk diet. Tetapi ada orang yang kurus dan kesulitan untuk menaikkan berat badan padahal sudah makan banyak tetapi berat masih tetap tidak naik-naik. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh suatu faktor. Faktor yang menyebabkan seseorang memiliki berat badan tetap disebabkan oleh faktor genetic, proses metabolisme dalam tubuh terlalu cepat, dan pola makan yang tidak sehat atau tidak seimbang. Bila sudah mengetahui penyebab berat badan tidak naik, maka ada cara yang dilakukan untuk menambah berat badan. Berikut cara sehat untuk menambah kenaikan berat badan antara lain :

Perbaiki gizi dengan makanan sehat

Memakan-makanan sehat membuat tubuh menjadi sehat dan berat badan pun terjaga. Bagi anda yangb bermasalah mengenai berat badan cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi yaitu dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh anda dan mendukung pertambahan berat badan anda.

Makan dalam porsi kecil tapi sering

Ketika tubuh dipaksakan untuk makan dalamporsi besar dan banyak akan membuat tubuh merasa enek sehingga malaas untuk makan, untuk itulah dapat mencoba dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering memakannya. Biasanya anda makan 3x sehari cobalah untuk makan 5-6 x tapi dengan ukuran kecil supaya dapat mengisi kekosongan perut anda dan menghindari rasa lebih cepat kenyang. sebab hal ini akan berpengaruh pada berat badan anda juga.

Memilih camilan yang bernutrisi

Sehabis makan berat biasanya berhenti makan kemudian dilanjut untuk mengemil. Mengemil yang sehat dan bernutrisi solusi untuk mengatasi masalah berat badan. Supaya berat badan naik cobalah untuk mengemil camilan yang bernutrisi seperti smoothies yang terbuat dari buah. Smoothies memiliki rasa yang manis dan enak selain itu memiliki kandungan nutrisi yang sehat buat mendukung pertambahan berat badan anda

Perbanyak konsumsi air putih secara teratur

Air adalah sumber mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sebagian besar tubuh manusia terisi air. Bila tubuh kekurangan cairan maka akan mengalami dehidrasi. Ketika tubuh terkena dehidrasi maka membuat tubuh gampang lemas dan sakit akibatnya berat badan pun menjadi kurus. Untuk itu konsumsilah air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya supaya cairan tubuh terisi dan kesehatan terjaga maka berat badan pun menjadi normal.

Perbanyak konsumsi protein

Protein dapat berfungsi dapat dijadikan sumber energy, untuk itu makanan yang mengandung protein dapat menambah berat badan anda.

Rutin berolahraga

Olahraga adalah suatu aktivitas dimana tubuh dapat bergerak untuk mengeluarkan keringat. Bila tubuh sering berolahraga maka kesehatan pun terjaga serta olahraga dapat membuat nafsu makan seseorang bertambah sebab dengan olahraga tubuh melakukan proses metabolisme sehingga tubuh membutuhkan asupan kalori untuk dijadikan sumber energi. Untuk itu bagi anda yang bertubuh kurus bisa mencoba dengan rutin berolahraga supaya dapat menambah massa otot contohnya olahraga angkat beban.

Hindari stres

Stress adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki perasan dan pikiran tertekan sehingga muncul perasaan gelisah, cemas, dan khawatir membuat tubuh menjadi malas untuk melakukan kegiatan salah satunya malas juga untuk makan. Makanya pikiran stres akan membuat berat badan menjadi turun, untuk itu cobalah anda selalu berpikir yang positif supaya dapat terhindar dari pikiran stres.

 

Must Read