Beranda Tips Kesehatan Cara Tepat Atasi Sakit Punggung Tanpa obat

Cara Tepat Atasi Sakit Punggung Tanpa obat

C:\Users\Asus\Downloads\nyeri-punggung-bawah-gejala-penyebab-dan-cara-mengatasinya-0-alodokter.jpg

Nyeri punggung adalah suatu kondisi dimana tubuh bagian belakang mengalami nyeri atau sakit. Nyeri punggung dapat disebabkan oleh melakukan aktivitas fisik secara berlebihan atau berat, kurang gerak atau posisi tidur yang salah, membawa beban yang berat, hal ini juga dapat memicu gejala nyeri punggung. Nyeri punggung dapat datang secara tiba-tiba jangan anggap sepele bagi anda. segeralah diobati baik secara alami maupun dengan pengobatan dokter. Bila tubuh tiba-tiba terkena nyeri punggung dapat diatasi secara alami, antara lain :

  1. Kompres punggung dengan air hangat

Ketika nyeri punggung melanda tubuh anda dapat dicoba dengan mengkompres punggung pakai air hangat dengan posisi tubuh terlentang berbaring. Supaya dengan mengkompres dengan air hangat meredakan kekakuan pada otot dan membuat sendi otot dapat bergerak aktif tanpa rasa nyeri serta dapat melancarkan aliran darah dari punggung ke seluruh tubuh.

2. Ubah posisi tidur dengan baik

Bila tidur dengan posisi yang salah maka akan memicu rasa nyeri dan sakit pada punggung. Sehingga ubahlah posisi tidur dengan cara bersandar supaya dapat membantu meluruskan otot pada punggung.

3. Pijat punggung

Jika tubuh mengalami rasa nyeri pada bagian punggung cobalah untuk memijatnya menggunakan balsem supaya dengan memijat dapat melancarkan aliran darah dan menghangat otot agar tidak kaku sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri pada punggung

4. Olahraga secara teratur

Olahraga adalah sutu aktivitas dimana tubuh dapat menggerakan tubuhnya supaya menjadi sehat. Cobalah olahraga ringan bila anda mengalami nyeri punggung dapat mencoba untuk senam aerobic supaya dapat menggerakkan otot dan sendi agar tidak kaku.

5. Gunakan tas yang lebih cocok

Bila anda sering memakai tas dengan dipakai hanya dibagian kiri atau kanan bahu maka bila isi tas berat akan membuat nyeri pada punggung. Untuk itu cobalah untuk menggunakan tas dengan menempatkan di kedua bahu supaya mengurangi beban berat isi tas tersebut supaya agar terhindar dari masalah nyeri punggung.

6. Konsumsi seduhan air jahe

Mengkonsumsi seduhan air jahe dipercaya dapat dijadikan obat herbal alami untuk mengatasi peradangan. Bagi anda yang sedang mengalami nyeri sendi cobalah untuk mnegkonsumsi seduhan air jahe supaya dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada punggung.

7. Konsumsi jus nanas

Buah nanas selain rasanya manis dan segar ternyata dapat dijadikan obat pereda nyeri sendi. Di dalam buah nanas mengandung zat yang dapat sebagai antiinflamasi dan obat analgesic untuk meredakan rasa nyeri pada punggung. Cobalah untuk mengkonsumsi jus nanas bagi anda penderita nyeri punggung tidak ada salahnya mencoba.

Semoga bermanfaat

 

Must Read