Beranda Tips Kesehatan Jangan Dibiasakan! 5 Dampak Buruk Bila Tubuh Sering Mandi Air Hangat

Jangan Dibiasakan! 5 Dampak Buruk Bila Tubuh Sering Mandi Air Hangat

C:\Users\Asus\Downloads\91mandi.jpg

Mandi air hangat merupakan salah satu cara sederhana yang dilakukan sebagian orang untuk memanjakan diri selepas lelah setelah seharian melakukan aktivitas supaya menjadikan tubuh menjadi bersih dan segar kembali. Dengan mandi air hangat akan membuat tubuh menjadi segar kembali dan membuat tubuh terasa rileks serta pikiran menjadi tenang sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Itulah salah satu manfaat mandi air hangat yaitu dapat membuat anda tidur dengan cepat dan nyenyak serta dapat meredakan rasa sakit pada tubuh sehabis anda melakukan aktivitas seharian. Meskipun mandi air hangat memilki manfaat, tetapi mandi air hangat terlalu sering juga akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa dampak buruk bila tubuh sering mandi air hangat antara lain :

  1. Menjadikan kondisi kulit kering dan pecah-pecah

Mandi air hangat dapat membuat tubuh terasa rilkes dan tenang, akan tetapi bila tubuh sering mandi air hangat akan membuat kulit kering dan pecah-pecah. Sebab air hangat dapat memperlebar pori-pori kulit sehingga bila tubuh diguyur air panas terus membuat kelenjar minyak pada kulit meningkatkan produksi minyaknya akibatnya keadaan kulit menjadi kering dan pecah-pecah serta dapat mengakibatkan iritasi dan infeksi kulit

2. Rambut menjadi kering dan bercabang

Bila anda mandi air hangat secara otomatis keramas juga menggunakan air hangat pula maka akan memicu rambut menjadi kering sehingga mudah rontok dan bercabang. Sebab bila kulit kepala tersiram air hangat akan membuat fungsi kelenjar minyak terganggu, akibatnya kelenjar minyak dapat memproduksi minyak secara berlebihan. Ketika kelenjar minyak , memproduksi minyak secara berlebihan maka akan membuat kondisi kulit kepala menjadi kering akibatnya rambut menjadi kering dan mudah rontok bahkan dapat bercabang. Untuk itu sehabis anda keramas menggunakan air hangat cobalah kulit kepala dan rambut disiram menggunakan air dingin kembali supaya dapat mentralkan kondisi kulit, sehingga kondisi kulit tidak akan kering, dan rambut juga tidak akan kering dan bercabang.

3. Menjadikan suhu tubuh tidak seimbang

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki suhu tubuh yang panas secara otomatis yang keluar dari kulitnya. Tetapi bila tubuh manusia sering mandi air hangat maka akan membuat kulit tubuh manusia tidak dapat mengeluarkan panas dari dalam tubuhnya. Akibatnya ketika habis mandi air hangat setelah keluar dari kamar mandi maka suhu tubuh akan berubah secara drastis menjadi dingin.

4. Tekanan darah tiba-tiba menurun

Kebiasaan mandi air hangat baik di pagi hari maupun malam hari ternyata dapat memicu tekanan darah tiba-tiba menurun, sebab ketika tubuh seseorang terkena air hangat maka dengan sendirinya air hangat tersebut dapat memperlebar pori-pori kulit hingga pembuluh darah, sehingga kecepatan peredaran sirkulasi darah menjadi menurun, akibatnya tekanan darah pun ikut menurun juga. Hal ini jika bagi anda penderita hipotensi atau tekanan darah rendah sangat berbahaya sebab akan membuat anda pingsan di dalam kamar mnadi

5. Bahaya bagi ibu hamil dan kesehatan janin

Ketika ibu hamil sering mandi air hangat maka akan membahayakan buat kondisi ibu hamil dan kesehatan janinnya sebab bila tubuh ibu hamil terkena guyuran air hangat maka membuat tulang belakang dan otak janin mengalami kecacatan sebab kondisi mereka dalam kandungan masih rapuh untuk itu berhati-hatilah bunda bila ingin mandi air hangat jangan terlalu sering.

Bagi anda yang suka mandi air hangat juga tidak perlu khawatir dengan bahaya tersebut jika tidak dilakukan sesering mungkin setiap hari tidak akan terjadi dampaknya.

 

Must Read