Beranda Penyakit Gejala umum yang biasa dialami pengidap jenis kanker mata

Gejala umum yang biasa dialami pengidap jenis kanker mata

C:\Users\Asus\Downloads\kanker-mata_20180708_160354.jpg

Kanker adalah penyebab kematian paling umum kedua setelah penyakit jantung. Kanker yang baru didiagnosis memiliki persentase signifikan untuk dapat disembuhkan. Kanker lebih bisa disembuhkan ketika terdeteksi dini. Salah satunya kanker mata. Kanker mata adalah kanker yang menyerang jaringan mata. Jika pengatur pembelahan sel tidak tidak berfungsi, sel-sel di jaringan mata akan tumbuh tanpa terkendali dan dapat menyebar ke bagian lain.

Sel-sel kanker ini dapat merusak sel normal di sekitarnya saat sedang tumbuh dan menyebar. Dari sekian banyak kasus, pengidap kanker bisa saja tidak menyadari atau merasakannya. Kemudian secara perlahan penyakit tersebut akan mengurangi fungsi penglihatan. Jika hal ini sampai terjadi, tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jenis-jenis kanker mata yang terjadi pada seseorang

Kanker Mata Retinoblastoma

Kanker mata adalah kanker mata pada anak. Kanker mata ini terjadi saat sel-sel retina mata tumbuh cepat, tidak terkendali, dan merusak jaringan disekitarnya. Salah satu tanda retinoblastoma adalah mata terlihat seperti “mata kucing” saat terkena sinar. Penyebab pasti terjadinya mutasi genetik pada retinoblastoma belum dapat dipastikan. Sekitar 25% dari kasus retinoblastoma diturunkan dengan pola autosomal dominan, yaitu gen yang mengalami kelainan diturunkan oleh salah satu orang tua. Sisanya terjadi secara sporadik dan acak, tidak diturunkan dari orang tua.

Gejala yang dialami Retinoblastoma seperti Mata juling (strabismus), Mata merah, Mata bengkak, dan ukuran satu atau kedua bola mata membesar, Mata terasa nyeri, perubahan warna iris pada mata, dan gangguan penglihatan.

Kanker mata Melanoma

Kanker mata Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang di dalam sel yang bekerja untuk menghasilkan melanin atau pigmen yang memberi warna pada kulit. melanoma okular atau melanoma adalah salah satu jenis kanker mata yang paling umum.

Gejala yang menandakan kanker mata melanoma adalah: Pandangan kabur, buram, atau kehilangan kemampuan penglihatan, Hilangnya penglihatan tepi, Muncul bintik hitam di iris yang terlihat semakin membesar, Muncul sensasi seperti melihat kilatan cahaya, Terasa ada bintik-bintik atau garis yang menghalangi pandangan, Perubahan bentuk pupil.

Kanker Mata Melano Intraokular

Melanoma intraokular merupakan jenis kanker mata yang paling sering terjadi. Melanoma bekembang dari sel-sel penghasil pigmen (zat warna) atau melanosit yang terletak di jaringan uvea. Melanoma intraokular paling sering muncul di koroid, namun juga bisa timbul di jaringan iris (selaput pelangi).

Kanker Mata Limfoma intraokular

Kanker mata Limfoma Intraokular merupakan jenis kanker mata yang berasal dari sel-sel di kelenjar getah bening di dalam mata. Limfoma intraokular termasuk ke dalam golongan limfoma non-Hodgkin.

Penderita limfoma intraokular umumnya memiliki penyakit yang menyebabkan lemahnya sistem imun, seperti HIV/AIDS. Limfoma intraokular juga sering muncul bersamaan dengan limfoma pada sistem saraf pusat

Pengobatan yang dilakukan kanker mata  yaitu dengan melakukan kemoterapi, terapi laser, krioterapi, radioterapi, dan operasi serta pemberian obat yang diberikan oleh dokter.
Jika ada tanda gejala-gejala seperti diatas segeralah periksalah dan konsultasi ke dokter supaya dapat ditangani dan diobati dengan baik.

 

Must Read