Beranda Tips Kesehatan Bahaya Konsumsi Mentimun Berlebihan

Bahaya Konsumsi Mentimun Berlebihan

C:\Users\Asus\Downloads\Manfaat Mentimun untuk Kesehatan 7CaraKesehatan.Com.jpg

Mentimun adalah jenis sayuran mengandung air yang tinggi dengan berbentuk panjang berwarna hijau memiliki kandungan nutrisi dan rendah kalori. Banyak orang yang menyukai mentimun dengan cara mengkonsumsinya langsung buat lalapan maupun diolah menjadi masakan. seperti acar mentimun. Selain kaya air dan memiliki nutrisi serta rendah kalori baik dikonsumsi oleh siapa saja, tetapi bila anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat berfungsi menurunkan darah tinggi. Akan tetapi sebaliknya bila anda mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi dapat berbahaya. Untuk itu konsumsi mentimun secukupnya jangan berlebihan. Karena bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan bukannya bermanfaat malah dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh anda.

Adapun dampak negatif mengkonsumsi mentimun berlebihan bagi kesehatan tubuh antara lain:

Dapat kehilangan cairan tubuh berlebihan

Mentimun memiliki kandungan bahan diuretik yang dapat berfungsi untuk mengikat cairan tubuh, akan tetapi bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan kandungan bahan diuretik ini dapat memicu untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh akibatnya anda bisa dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh berlebihan. Hal ini akan berbahaya untuk kesehatan tubuh anda. Bila anda menyukai konsumsi mentimun sebaiknya jangan berlebihan.

Sering Buang air kecil

Mentimun memang kaya akan kandungan air yang tinggi, hal ini baik dikonsumsi untuk oengganti dehidrasi tubuh, tetapi apabila anda mengkonsumsi mentimun maka kandungan air di dalamnya akan berpengaruh juga terhadap saluran kandung kemih menyebabkan buang air kecil terus menerus.

Membuat perut kembung

Mentimun memiliki kandungan curcubitan dan kandungan air yang cukup tinggi makanya bila anda memiliki masalah dalam saluran penecernaan sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau berlebihan. Hal ini akan memicu perut anda menjadi kembung dan enek. Ingat selalu konsumsinya dalam jumlah secukupnya atau seperlunya saja bila ingin mengkonsumsinya.

Kelebihan Vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam mentimun sangat tinggi memiliki manfaat bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun memiliki manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bukan berarti mentimun tidak berbahaya jika dikonsumsi terus menerus secara berlebihan. Malah bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan akan memicu kandungan vitamin C dalam dosis yang tinggi pula serta dapat menyebabkan penyebaran radikal bebas bagi kesehatan anda. Hal ini justru akan membahayakan kondisi tubuh anda gampang terserang berbagai penyakit.

Kesehatan jantung terganggu

Mentimun memiliki kandungan air yang banyak. Bila anda mengkonsumsi mentimun secara berlebihan, berarti tubuh anda akan terisi volume air yang banyak sehingga asupan air yang terlalu tinggi di tubuh anda dapat mempengaruhi kerja darah melambat menuju jantung akibatnya jantung mengalami gangguan.

Memicu terjadinya nyeri ulu hati

Kandungan senyawa yang terdapat dalam mentimun dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung sehingga dapat menyerang ulu hati. Untuk itu sebaiknya anda konsumsi mentimun secukupnya kebutuhan jangan kerena menyukai mentimun anda memakannya dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan berpengaruh memicu berbagai penyakit kesehatan tubuh.

Dapat menyebabkan sinusitis

Mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan akan memicu ketidak seimbangan elektrolit ditubuh dari kandungan air yang didalam mentimun, akibatnya anda dapat mengalami sakit kepala dan sakit pernapasan. Hal ini sangat berbahaya bagi anda pengidap sinusitis atau penyakit pernapasan, untuk itu sebaiknya bila ingin mengkonsumsi mentimun secukupnya saja jangan berlebihan.

Meskipun mentimun mempunyai manfaat juga, akan tetapi bila anda mengkonsumsi makanan atau buah-buahan atau sayuran dalam jumlah yang banyak akan memicu berbagai penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Ingat selalu mengkonsumsi apapun dalam kadar secukupnya atau seperlunya saja.

Must Read