Beranda Tips Kesehatan 13 Cara Mencegah & Atasi Sakit Maag

13 Cara Mencegah & Atasi Sakit Maag

C:\Users\Asus\Downloads\penyakit_maag.jpg

Sakit maag adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi lambung yang disebabkan oleh manusia telat makan sehingga proses kerja lambung terganggu. Sakit maag ini ditandai dengan rasa nyeri diperut dan tidak nyaman akibat dinding lambung mengalami peradang akibat dari manusia yang telat makan sehingga membentuk luka. Peradangan dan luka lambung ini menyebabkan infeksi akibatnya perut terasa nyeri dan tidak nyaman.

Bagi anda yang belum terkena sakit mag sebaiknya makan secara teratur sesuai jadwal makan dan bagi nada yang sudah terkena sakit maag biar tidak kambuh dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Hindri jenis makanan tertentu

Jenis makanan tertentu disini yaitu jenis makanan atau minuman yang dapat mengiritasi perut seperti makanan pedas, jeruk, dan kopi. Didalam makanan pedas memicu timbulnya iritasi di lambung, sedangkan jeruk mengandung asam yang dapat mengiritasi lambung dan kopi mengandung kafein. bagi anda yang memiliki sakit maag dilarang untuk minum kopi, karena dapat memicu nyeri pada ulu hati.

2. Kurangi berat badan

Bila anda yang mengalami obesitas atau kegemukan memiliki berat badan yang melebihi batas normal. sehingga dapat memicu untuk makan dalam porsi banyak akibatnya tekanan dalam lambung sehingga isi lambung naik keluar lah ini dapat memicu anda untuk sakit maag.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda untuk menjaga selalu berat badan anda supaya normal sehingga kesehatan tubuh pun terjaga dengan baik.

3. Memilih makanan yang tepat

Salah satu cara untuk mencegah sakit maag adalah dengan memilih makanan yang tepat. Mengkonsumsi jenis makanan yang tepat ini seperti sayuran, roti, gandum. Makanan tepat disini maksudnya jenis makanan yang berserat yang lunak dapat dengan mudah diolah oleh lambung.

4. Makan dengan porsi kecil

Bila anda sedang sakit maag cobalah biasakan untuk makan lebih sering dengan porsi kecil atau lebi sedikit tetapi sering. Jika anda biasa makan 3x sehari, maka cobalah untuk makan dengan 5-6 x dalam porsi kecil atau lebih sedikit dalam seharinya. Supaya tidak membuat perut anda enek dan makanan bisa masuk ke mulut lalu dicerna baik oleh lambung

5. Hindari makan hingga terlalu kenyang

Memakan makanan yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, sebab dapat memicu isi lambung naik ke kerongkongan akibatnya mulut akan memuntahkan isi dari makanan tadi. Sebaiknya anda konsumsi makanan secukupnya sesuai porsi orang perut kenyang.

6. Tidak terbaring atau tidur setelah makan

Bila anda setelah makan lalu langsung tidur, maka asam lambung akan lebih mudah naik kerongkongan sehingga dapat memicu nyeri ulu hati, sebab setelah makan maka produksi asam lambung akan meningkat. Untuk itu sebaiknya anda hindari bila ingin istirahat dan tidur tunggulah 1 jam supaya asama lambung dapat turun kembali.

7. Sajikan makanan dengan benar

Bila anda ingin menyajikan makanan, maka pilihlah makanan  jika dimasak menggunakan banyak cabai, lada, bawang-bawang, atau cuka, dan olahlah dengan cara dikukus atau direbus supaya tidak  akan memicu munculnya gejala maag. Untuk itulah, cara Anda mengolah makanan dengan benar termasuk salah satu cara untuk mencegah sakit maag.

8. Hindari alkohol

Didalam alcohol terdapat kandungan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi alcohol dapat memicu iritasi pada lambung sehingga dapat memproduksi asam lambung meningkat akibatnya akan terkena sakit maag. Bila anda ingin memiliki tubuh sehat sebaiknya hindari alkohol

9. Hindari rokok

Kandungan nikotin dalam rokok sangat berbahaya oleh kesehatan tubuh termasuknya lambung, karena dapat memicu naiknya asam lambung sehingga dapat terkena sakit maag. Untuk itu hindari merokok atau paparan asap rokok juga, Karen hal ini juga tidak baik untuk kesehatan anda.

10. Kelola stress dengan baik

Stres merupakan kondisi pikiran merasa tertekan oleh sesuatu masalah akibatnya akan muncul perasaan takut, malu, khawatir, bahkan depresi. Bila anda stress berlarut-larut menjadi males untuk makan, akibatnya dapat memicu sakit maag. Untuk itu hindari stress dan kelola dengan baik melalui lewat kegiatan yang anda sukai supaya sejenak dapat menyegarkan kembali isi pikiran anda. Contohnya menonton acara TV komedi dan film lucu lainnya.

11. Jangan kebanyakan minum air putih

Air merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh. Jangan lantaran mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau berlebihan, sebab nanti akan memicu kekenyangan pada perut akibatnya akan ada tekanan besar di perut yang dapat menimbulkan anda sakit maag setelah makan. Cukuplah konsumsi air putih secukupnya minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

12. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat pereda nyeri seperti obat anti inflamasi non steroid akan memiliki efek sampingnya yaitu membuat lambung dapat memproduksi asam lambung yang meningkat akibatnya memicu nyeri ulu hati.

13. Hindari penggunanaan pakaian atau celana atau aksesoris ketat

Bila anda terbiasa menggunakan pakaian atau celana atau aksesori yang terlalu ketat, maka area di sekitar perut dan pinggang akan memicu kram pada perut karena disebabkan oleh tekanan yang lebih besar akibatnya asam lambung naik.

Semoga bermanfaat

Must Read