Beranda Penyakit Gangguan Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Gangguan Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

C:\Users\Asus\Downloads\Insomnia.jpg

Tidur adalah suatu kondisi tubuh memejamkan mata dengan tidak melakukan kegiatan sehingga tubuh dapat istirahat dan setelah bangun maka tubuh akan menjadi fit dan sehat kembali. Tidur sangat penting bagi tubuh, sebab dengan tidur maka tubuh akan memperbaiki diri baik dari kondisi fisik maupun mental sehingga ketika bangun tubuh akan menjadi sehat dan segar kembali menjalankan aktivitas sepanjang hari. Tubuh manusia harus istirahat minimal 6-8 jam setiap harinya supaya tubuh dapat terjaga kesehatannya. Bila tubuh kekurangan istirahat untuk tidur maka akan muncul beberapa gangguan kesehatan tubuh dan berbagai macam penyakit.

Sedangkan gangguan tidur adalah suatu kelainan pola tidur seseorang yang dapat menurunkan kualitas tidurnya. Gejala gangguan tidur biasanya ditandai dengan mengantuk pada siang hari dan sulit tidur pada malam hari sehingga siklus tidur tidak teratur. Jika gangguan tidur sering muncul setiap harinya, maka akan menimbulkan berbagai dampak negative masalah kesehatan tubuh. Berikut dampak negatif akibat dari gangguan tidur bagi kesehatan tubuh antara lain :

Menurunkan daya kerja otak

Pada saat tubuh anda tidur, maka sistem saraf pun beristirahat tidak bekerja secara optimal sehingga membuat kemampuan otak untuk mengolah dan menyimpan memori dapat meningkat. Tetapi bila tubuh tidak istirahat maka sistem saraf akan bekerja secara optimal dan berlebihan akibatnya sistem kerja otak menurun sebab sistem saraf yang menuju otak mengalami gangguan. Sehingga tidur berperan penting dalam membantu tubuh dan sistem saraf bekerja secara optimal serta kesehatan tubuh pun terjaga dengan baik.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Ketika tubuh kurang beristirahat untuk tidur maka akan membuat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga hal ini rentan untuk memicu timbulnya berbagai serangan infeksi dan penyakit masuk ke dalam tubuh manusia. Sehingga tidur sangat penting sebab berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Untuk itu cobalah lakukan tidur minimal 6-8jam setaiap harinya. Ketika tubuh memenuhi jam istirahat tidur maka dengan sendirinya sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga kesehatan tubuh terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mudah terserang pilek dan flu

Jika sistem kekebalan tubuh menurun maka akan memicu timbulnya serangan infeksi seperti pilek dan flu, sebab tubuh kekurangan istirahat untuk tidur akibatnya sistem kekebalan tubuh melemah maka memicu masuknya serangan infeksi penyakit. Lakukanlah istirahat 6-8 jam setiap harinya supaya sistem kekbalan tubuh meningkat.

Memicu terkena penyakit jantung dan stroke

Jika tubuh anda kurang tidur, maka tubuh akan memicu tekanan darah tinggi akibatnya akan mengarah keserangan jantung dan stroke. Sebab bila tubuh tidak istirahat maka tubuh kekurangan oksigen dan sirkulasi darah pun terganggu akibatnya tekanan darah naik. Ketika tekanan dalam darah naik maka sistem kinerja jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga detak jantung lebih cepat juga akibatnya tubuh terkena serangan jantung dan stroke. Meskipun kurang tidur tidak membawa dampak secara langsung bagi jantung tetapi bila ditambah dengan pola hidup dan pola makanan yang tidaks sehat maka dengan mudah terkena penyakit jantung dan stroke.

Menaikkan berat badan

Bila tubuh tidak tidur pada waktu malam maka membuat tubuh mendorong untuk makan akibatnya bila tubuh sering mengkonsumsi makanan pada waktu malam maka berat badan pun naik bahkan akan memicu kegemukan atau obesitas. Untuk itu sebaiknya tidur bila sudah malam supaya tubuh dapat beristirahat dengan cukup maka metabolisme dalam tubuh pun terjaga dan berat badan pun terjaga pula.

Memperburuk suasana hati

Bila tubuh tidak istirahat untuk tidur maka memicu tubuh memiliki pikiran dan perasaan yang gelisah akibatnya akan terjadi perubahan suasan hati maka membuat seseorang cepat mudah emosi dan cepat tersinggung.

Sebaiknya kurangi kesibukan anda atau kurangi begadang supaya dapat tidur minimal 6-8 jam sehingga kesehatan tubuh terjaga. Selamat mencoba

 

Must Read