Beranda Penyakit Begadang dan Bahaya Lembur Malam Bagi Kesehatan

Begadang dan Bahaya Lembur Malam Bagi Kesehatan

C:\Users\Asus\Downloads\4f8eff79-13b8-4880-a88b-ddb3199461bb_169.jpg

Begadang adalah suatu keadaan dimana manusia melakukan sesuatu aktivitas di malam hari sehingga tidak dapat tidur sampai larut malam. Tubuh manusia harus istirahat untuk tidur minimal 6-8 jam sehari. Tetapi bila seseorang sibuk begadang untuk lembur kerjanya sehingga membuat mereka tidak dapt istirahat dengan cukup maka membuat istirahat mereka berkurang. Bila tubuh melakukan kegiatan begadang setiap hari akan memiliki dampak negatif. Berikut dampak begadang akibat lembur kerja diantaranya :

Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam. Gimana yah akibat bila seseorang begadang tiap malem ? Mari yuk kita simak apa saja dampak begadang  akibat lembur kerja diantaranya

Dapat memicu insomnia

Insomnia adalah keadaan seseorang merasa kesulitan untuk tidur. Penyebab seseorang tidak bisa tidur salah satunya yaitu kebiasaan begadang tiap malam sehingga membuat mata tidak dapat memejamkan untuk istirahat tidur.

Dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh

Bila tubuh sering begadang sampai larut malam membuat tubuh kekurangan istirahat maka tubuh akan lelah akibatnya daya tahan tubuh menurun sehingga gampang mudah terkena flu, batuk dan pilek

Menurunkan konsentrasi

Ketika tubuh kekurangan istirahat maka sirkulasi darah pun terganggu akibatnya oksigen yang dibawa darah menujuju otak mengalami gangguan sehingga dapat membuat seseorang kesulitan untuk fokus berkonsentrasi.

Mudah mengantuk

Tubuh membutuhkan istirahat minimal selama 6-8 jam setiap harinya, tetapi bila tubuh kekurangan istirahat karena tubuh kekurangan istirahat maka membuat tubuh mudah mengantuk keesokan harinya.

Akan memicu gangguan stress dan depresi

Bila tubuh dipaksakan setiap harinya untuk lembur kerja dengan istirahat tidur yang kurang maka membuat otak dan pikiran merasa tertekan akibatnya dapat memicu gangguan stress pada tubuh dan memicu depresi.

Akan memicu munculnya berbagai penyakit

Ketika tubuh mengalami kekurangan istirahat maka daya tahan tubuh pun juga ikut menurun akibatnya tubuh gampang mudah terserang berbagai infeksi penyakit berbahaya seperti hipertensi, terkena diabetes, serangan jantung, dan obesitas

Wajah menjadi pucat dan munculnya lingkaran hitam di bawah mata

Begadang membuat seseorang kekurangan jam istirahat sehingga membuat wajah menjadi pucat dan munculnya lingkaran hitam dibawah mata. Sebab bila tubuh melepaskan hormone stress akan membuat kulit untuk memecah kolagen akibatnya kondisi kulit wajah menjadi pucat, lelah dan muncul lingkaran hitam di bawah mata.

Itulah dampak bila seseorang sering begadang tengah malem. Untuk itu alangkah baiknya kurangi begadang serta istirahat yang cukup dan atur pola makan dan gaya hidup sehat. Supaya dapat mencegah hal-hal di atas yang tidak baik untuk kesehatan anda.

 

Must Read